Courser in English | DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCES BASIC CONCEPT |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar, khususnya mata pelajaran IPS
ReferencesDadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar, khususnya mata pelajaran IPS
ReferencesDadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar, khususnya mata pelajaran IPS
ReferencesDadang Supardan. 2007. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
Suwarno, Iin Purnamasari. 2013. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Konsep Dasar IPS 2 diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial konsep dasar IPS 2 juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Konsep dasar IPS 2 mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS 1, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Konsep dasar IPS 2 merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
|
Mengembangkan konsep dasar IPS dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Giddens, Anthony. (1999) Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Konsep Dasar IPS 2 diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial konsep dasar IPS 2 juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Konsep dasar IPS 2 mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS 1, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Konsep dasar IPS 2 merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
|
Mengembangkan konsep dasar IPS dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Giddens, Anthony. (1999) Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Konsep Dasar IPS 2 diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial konsep dasar IPS 2 juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Konsep dasar IPS 2 mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS 1, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Konsep dasar IPS 2 merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
|
Mengembangkan konsep dasar IPS dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Giddens, Anthony. (1999) Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Konsep Dasar IPS 2 diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial konsep dasar IPS 2 juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Konsep dasar IPS 2 mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS 1, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Konsep dasar IPS 2 merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesKeterampilan Umum: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus: Menguasai secara mendalam tentang pengembangan konsep dasar IPS di Sekolah Dasar,
Penguasaan Pengetahuan: Menerapkan pengembangan konsep dasar IPS di Sekolah Dasar,
Capaian Mata Kuliah: Mengembangkan konsep dasar IPS dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.
References
|
Details ...