Pengembangan Konsep Dasar IPS, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCES BASIC CONCEPT
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Suwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS


Details ...
Course Descriptions

Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta  mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta  untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS  juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS  mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS  merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain. 

Learning Outcomes

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar

References

Purnamasari, Iin., Qoriati Mushafanah. (2019). Pengembangan Konsep Dasar IPS: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Depdiknas. Standar Isi pada Kurikulum 2013 Revisi 2017


Details ...