Courser in English | DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCES BASIC CONCEPT |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSuwarno Widodo dan Iin P. 2015. Konsep Dasar IPS. Semarang: UPGRIS PRESS
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesPurnamasari, Iin., Qoriati Mushafanah. (2019). Pengembangan Konsep Dasar IPS: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Depdiknas. Standar Isi pada Kurikulum 2013 Revisi 2017
Details ...