Pengembangan Kepala Sekolah, Curriculum : 2016


Courser in EnglishHEADMASTER DEVELOPMENT
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS29 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang kepala sekolah  dan peran lingkup kerja serta implikasinya.  Topik yang dibahas meliputi: Manajemen Sekolah, Kompetensi Kepala Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Kepala Sekolah,  Persyaratan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Sistem Kompensasi Kepala Sekolah,  Perubahan Perilaku Manajemen Kepala Sekolah, Meningkatkan Hubungan Kerja Sama Sekolah dengan Masyarakat, Kepemimpinan Kepala Sekolah Masa Depan; Kepemimpinan Kepala Sekolah menghadapi Era Globalisasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi pengembangan kepala sekolah berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu pengembangan kepala sekolah secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang pengembangan kepala sekolah secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang pengembangan kepala sekolah secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen pengembangan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Peraturan Pemerintah No 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang kepala sekolah  dan peran lingkup kerja serta implikasinya.  Topik yang dibahas meliputi: Manajemen Sekolah, Kompetensi Kepala Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Kepala Sekolah,  Persyaratan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Sistem Kompensasi Kepala Sekolah,  Perubahan Perilaku Manajemen Kepala Sekolah, Meningkatkan Hubungan Kerja Sama Sekolah dengan Masyarakat, Kepemimpinan Kepala Sekolah Masa Depan; Kepemimpinan Kepala Sekolah menghadapi Era Globalisasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi pengembangan kepala sekolah berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu pengembangan kepala sekolah secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang pengembangan kepala sekolah secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang pengembangan kepala sekolah secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen pengembangan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Peraturan Pemerintah No 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang kepala sekolah  dan peran lingkup kerja serta implikasinya.  Topik yang dibahas meliputi: Manajemen Sekolah, Kompetensi Kepala Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Kepala Sekolah,  Persyaratan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Sistem Kompensasi Kepala Sekolah,  Perubahan Perilaku Manajemen Kepala Sekolah, Meningkatkan Hubungan Kerja Sama Sekolah dengan Masyarakat, Kepemimpinan Kepala Sekolah Masa Depan; Kepemimpinan Kepala Sekolah menghadapi Era Globalisasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi pengembangan kepala sekolah berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu pengembangan kepala sekolah secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang pengembangan kepala sekolah secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang pengembangan kepala sekolah secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen pengembangan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Peraturan Pemerintah No 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang kepala sekolah  dan peran lingkup kerja serta implikasinya.  Topik yang dibahas meliputi: Manajemen Sekolah, Kompetensi Kepala Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Kepala Sekolah,  Persyaratan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Sistem Kompensasi Kepala Sekolah,  Perubahan Perilaku Manajemen Kepala Sekolah, Meningkatkan Hubungan Kerja Sama Sekolah dengan Masyarakat, Kepemimpinan Kepala Sekolah Masa Depan; Kepemimpinan Kepala Sekolah menghadapi Era Globalisasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi pengembangan kepala sekolah berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu pengembangan kepala sekolah secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang pengembangan kepala sekolah secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang pengembangan kepala sekolah secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen pengembangan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Peraturan Pemerintah No 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang kepala sekolah  dan peran lingkup kerja serta implikasinya.  Topik yang dibahas meliputi: Manajemen Sekolah, Kompetensi Kepala Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Kepala Sekolah,  Persyaratan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Sistem Kompensasi Kepala Sekolah,  Perubahan Perilaku Manajemen Kepala Sekolah, Meningkatkan Hubungan Kerja Sama Sekolah dengan Masyarakat, Kepemimpinan Kepala Sekolah Masa Depan; Kepemimpinan Kepala Sekolah menghadapi Era Globalisasi.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi pengembangan kepala sekolah berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu pengembangan kepala sekolah secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang pengembangan kepala sekolah secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang pengembangan kepala sekolah secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen pengembangan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Peraturan Pemerintah No 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.


Details ...