Pengembangan Kepala Sekolah, Curriculum : 2016


Courser in EnglishHEADMASTER DEVELOPMENT
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS23 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogic, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencanaan dan pengembangan pendidikan; perancangan  model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan serta mampu melakukan mini research yang terkait dengan itu. Lebih spesifik kajian mata kuliah akan membentang pada tabel berikut:

CPMK 1

KS dan Manajemen Sekolah

  1. Hakikat KS
  2. Persyaratan KS
  3. Bidang Garapan Kepala Sekolah
  4. Hakikat Manajemen Sekolah
  5. Sekolah Perubahan: Sekolah Penggerak

CPMK 2

  1. Peran dan Fungsi Kepemimpinan KS
  2. Kompetensi KS

CPMK 3

  1. KS sebagai Pemimpin Pembelajaran
  2. KS sebagai Pencipta Learning Organization
  3. KS sebagai Pengembang Learning Organization
  4. KS sebagai Penentu Arah Kebijakan Sekolah
  5. KS sebagai Perancang dan Pelaksana Program Supervisi
  6. KS sebagai Agen Perubahan

CPMK 4

        1. Model Kepemimpinan KS
        2. Pengukuran Kinerja KS

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perencanaan Strategik Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Pengembangan Kepala Sekolah untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro maupun makro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidiplin melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (S1, P1)

CPMK 2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam Pengembangan Kepala Sekolah serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.(S2, P2, KU2)

CPMK 3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Pengembangan Kepala Sekolah serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.(S3, KK1. KK3)

CPMK 4

Mampu merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan ( KK5)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogic, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencanaan dan pengembangan pendidikan; perancangan  model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan serta mampu melakukan mini research yang terkait dengan itu. Lebih spesifik kajian mata kuliah akan membentang pada tabel berikut:

CPMK 1

KS dan Manajemen Sekolah

  1. Hakikat KS
  2. Persyaratan KS
  3. Bidang Garapan Kepala Sekolah
  4. Hakikat Manajemen Sekolah
  5. Sekolah Perubahan: Sekolah Penggerak

CPMK 2

  1. Peran dan Fungsi Kepemimpinan KS
  2. Kompetensi KS

CPMK 3

  1. KS sebagai Pemimpin Pembelajaran
  2. KS sebagai Pencipta Learning Organization
  3. KS sebagai Pengembang Learning Organization
  4. KS sebagai Penentu Arah Kebijakan Sekolah
  5. KS sebagai Perancang dan Pelaksana Program Supervisi
  6. KS sebagai Agen Perubahan

CPMK 4

        1. Model Kepemimpinan KS
        2. Pengukuran Kinerja KS

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perencanaan Strategik Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Pengembangan Kepala Sekolah untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro maupun makro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidiplin melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (S1, P1)

CPMK 2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam Pengembangan Kepala Sekolah serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.(S2, P2, KU2)

CPMK 3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Pengembangan Kepala Sekolah serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.(S3, KK1. KK3)

CPMK 4

Mampu merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan ( KK5)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogic, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencanaan dan pengembangan pendidikan; perancangan  model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan serta mampu melakukan mini research yang terkait dengan itu. Lebih spesifik kajian mata kuliah akan membentang pada tabel berikut:

CPMK 1

KS dan Manajemen Sekolah

  1. Hakikat KS
  2. Persyaratan KS
  3. Bidang Garapan Kepala Sekolah
  4. Hakikat Manajemen Sekolah
  5. Sekolah Perubahan: Sekolah Penggerak

CPMK 2

  1. Peran dan Fungsi Kepemimpinan KS
  2. Kompetensi KS

CPMK 3

  1. KS sebagai Pemimpin Pembelajaran
  2. KS sebagai Pencipta Learning Organization
  3. KS sebagai Pengembang Learning Organization
  4. KS sebagai Penentu Arah Kebijakan Sekolah
  5. KS sebagai Perancang dan Pelaksana Program Supervisi
  6. KS sebagai Agen Perubahan

CPMK 4

        1. Model Kepemimpinan KS
        2. Pengukuran Kinerja KS

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perencanaan Strategik Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Pengembangan Kepala Sekolah untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro maupun makro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidiplin melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (S1, P1)

CPMK 2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam Pengembangan Kepala Sekolah serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.(S2, P2, KU2)

CPMK 3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Pengembangan Kepala Sekolah serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.(S3, KK1. KK3)

CPMK 4

Mampu merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan ( KK5)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogic, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencanaan dan pengembangan pendidikan; perancangan  model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan serta mampu melakukan mini research yang terkait dengan itu. Lebih spesifik kajian mata kuliah akan membentang pada tabel berikut:

CPMK 1

KS dan Manajemen Sekolah

  1. Hakikat KS
  2. Persyaratan KS
  3. Bidang Garapan Kepala Sekolah
  4. Hakikat Manajemen Sekolah
  5. Sekolah Perubahan: Sekolah Penggerak

CPMK 2

  1. Peran dan Fungsi Kepemimpinan KS
  2. Kompetensi KS

CPMK 3

  1. KS sebagai Pemimpin Pembelajaran
  2. KS sebagai Pencipta Learning Organization
  3. KS sebagai Pengembang Learning Organization
  4. KS sebagai Penentu Arah Kebijakan Sekolah
  5. KS sebagai Perancang dan Pelaksana Program Supervisi
  6. KS sebagai Agen Perubahan

CPMK 4

        1. Model Kepemimpinan KS
        2. Pengukuran Kinerja KS

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perencanaan Strategik Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Pengembangan Kepala Sekolah untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro maupun makro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidiplin melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (S1, P1)

CPMK 2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam Pengembangan Kepala Sekolah serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.(S2, P2, KU2)

CPMK 3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Pengembangan Kepala Sekolah serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.(S3, KK1. KK3)

CPMK 4

Mampu merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan ( KK5)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogic, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencanaan dan pengembangan pendidikan; perancangan  model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan serta mampu melakukan mini research yang terkait dengan itu. Lebih spesifik kajian mata kuliah akan membentang pada tabel berikut:

CPMK 1

KS dan Manajemen Sekolah

  1. Hakikat KS
  2. Persyaratan KS
  3. Bidang Garapan Kepala Sekolah
  4. Hakikat Manajemen Sekolah
  5. Sekolah Perubahan: Sekolah Penggerak

CPMK 2

  1. Peran dan Fungsi Kepemimpinan KS
  2. Kompetensi KS

CPMK 3

  1. KS sebagai Pemimpin Pembelajaran
  2. KS sebagai Pencipta Learning Organization
  3. KS sebagai Pengembang Learning Organization
  4. KS sebagai Penentu Arah Kebijakan Sekolah
  5. KS sebagai Perancang dan Pelaksana Program Supervisi
  6. KS sebagai Agen Perubahan

CPMK 4

        1. Model Kepemimpinan KS
        2. Pengukuran Kinerja KS

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perencanaan Strategik Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Pengembangan Kepala Sekolah untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro maupun makro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidiplin melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (S1, P1)

CPMK 2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam Pengembangan Kepala Sekolah serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.(S2, P2, KU2)

CPMK 3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Pengembangan Kepala Sekolah serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.(S3, KK1. KK3)

CPMK 4

Mampu merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan ( KK5)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang kepala sekolah  dan peran lingkup kerja serta implikasinya.  Topik yang  dibahas meliputi: Manajemen Sekolah, Kompetensi Kepala Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Kepala Sekolah,  Persyaratan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Sistem Kompensasi Kepala Sekolah,  Perubahan Perilaku Manajemen Kepala Sekolah, Meningkatkan Hubungan Kerja Sama Sekolah dengan Masyarakat, Kepemimpinan Kepala Sekolah Masa Depan; Kepemimpinan Kepala Sekolah menghadapi Era Globalisasi.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu pengembangan kepala sekolah secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila.

 

Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang pengembangan kepala sekolah secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

 

Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang pengembangan kepala sekolah secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.

 

Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen pengembangan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis..

 

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar- Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang kepala sekolah  dan peran lingkup kerja serta implikasinya.  Topik yang  dibahas meliputi: Manajemen Sekolah, Kompetensi Kepala Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Kepala Sekolah,  Persyaratan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Sistem Kompensasi Kepala Sekolah,  Perubahan Perilaku Manajemen Kepala Sekolah, Meningkatkan Hubungan Kerja Sama Sekolah dengan Masyarakat, Kepemimpinan Kepala Sekolah Masa Depan; Kepemimpinan Kepala Sekolah menghadapi Era Globalisasi.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu pengembangan kepala sekolah secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila.

 

Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang pengembangan kepala sekolah secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

 

Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang pengembangan kepala sekolah secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.

 

Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen pengembangan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis..

 

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar- Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang kepala sekolah  dan peran lingkup kerja serta implikasinya.  Topik yang  dibahas meliputi: Manajemen Sekolah, Kompetensi Kepala Sekolah, Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Kepala Sekolah,  Persyaratan Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Sistem Kompensasi Kepala Sekolah,  Perubahan Perilaku Manajemen Kepala Sekolah, Meningkatkan Hubungan Kerja Sama Sekolah dengan Masyarakat, Kepemimpinan Kepala Sekolah Masa Depan; Kepemimpinan Kepala Sekolah menghadapi Era Globalisasi.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Landasan Kependidikan, mahasiswa mampu:

Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu pengembangan kepala sekolah secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila.

 

Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang pengembangan kepala sekolah secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

 

Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang pengembangan kepala sekolah secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.

 

Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen pengembangan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis..

 

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar- Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.


Details ...
Course Descriptions

.Mata kuliah ini mengkaji konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogic, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencanaan dan pengembangan pendidikan; perancangan  model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan serta mampu melakukan mini research yang terkait dengan itu. Lebih spesifik kajian mata kuliah akan membentang pada tabel berikut:

CPMK 1

KS dan Manajemen Sekolah

  1. Hakikat KS
  2. Persyaratan KS
  3. Bidang Garapan Kepala Sekolah
  4. Hakikat Manajemen Sekolah
  5. Sekolah Perubahan: Sekolah Penggerak

CPMK 2

  1. Peran dan Fungsi Kepemimpinan KS
  2. Kompetensi KS

CPMK 3

  1. KS sebagai Pemimpin Pembelajaran
  2. KS sebagai Pencipta Learning Organization
  3. KS sebagai Pengembang Learning Organization
  4. KS sebagai Penentu Arah Kebijakan Sekolah
  5. KS sebagai Perancang dan Pelaksana Program Supervisi
  6. KS sebagai Agen Perubahan

CPMK 4

        1. Model Kepemimpinan KS
        2. Pengukuran Kinerja KS

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perencanaan Strategik Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Pengembangan Kepala Sekolah untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro maupun makro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidiplin melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (S1, P1)

CPMK 2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam Pengembangan Kepala Sekolah serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.(S2, P2, KU2)

CPMK 3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Pengembangan Kepala Sekolah serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.(S3, KK1. KK3)

CPMK 4

Mampu merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan ( KK5)

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

                   Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.

Wiratmoko. D, Murniati, N.A.N., Abdullah, G. 2022. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di Sekolah Dasar, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5/1, 44-53.

 

Yudhiati,  Titin., Murniati, N.A.N, Miyono, Noor. 2022. Efektifitas Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13/1.55-74.

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

                   Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.

Wiratmoko. D, Murniati, N.A.N., Abdullah, G. 2022. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di Sekolah Dasar, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5/1, 44-53.

 

Yudhiati,  Titin., Murniati, N.A.N, Miyono, Noor. 2022. Efektifitas Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13/1.55-74.


Details ...
Course Descriptions

.Mata kuliah ini mengkaji konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogic, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencanaan dan pengembangan pendidikan; perancangan  model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan serta mampu melakukan mini research yang terkait dengan itu. Lebih spesifik kajian mata kuliah akan membentang pada tabel berikut:

CPMK 1

KS dan Manajemen Sekolah

  1. Hakikat KS
  2. Persyaratan KS
  3. Bidang Garapan Kepala Sekolah
  4. Hakikat Manajemen Sekolah
  5. Sekolah Perubahan: Sekolah Penggerak

CPMK 2

  1. Peran dan Fungsi Kepemimpinan KS
  2. Kompetensi KS

CPMK 3

  1. KS sebagai Pemimpin Pembelajaran
  2. KS sebagai Pencipta Learning Organization
  3. KS sebagai Pengembang Learning Organization
  4. KS sebagai Penentu Arah Kebijakan Sekolah
  5. KS sebagai Perancang dan Pelaksana Program Supervisi
  6. KS sebagai Agen Perubahan

CPMK 4

        1. Model Kepemimpinan KS
        2. Pengukuran Kinerja KS

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perencanaan Strategik Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Pengembangan Kepala Sekolah untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro maupun makro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidiplin melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (S1, P1)

CPMK 2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam Pengembangan Kepala Sekolah serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.(S2, P2, KU2)

CPMK 3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Pengembangan Kepala Sekolah serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.(S3, KK1. KK3)

CPMK 4

Mampu merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan ( KK5)

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

                   Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.

Wiratmoko. D, Murniati, N.A.N., Abdullah, G. 2022. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di Sekolah Dasar, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5/1, 44-53.

 

Yudhiati,  Titin., Murniati, N.A.N, Miyono, Noor. 2022. Efektifitas Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13/1.55-74.

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

                   Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.

Wiratmoko. D, Murniati, N.A.N., Abdullah, G. 2022. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di Sekolah Dasar, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5/1, 44-53.

 

Yudhiati,  Titin., Murniati, N.A.N, Miyono, Noor. 2022. Efektifitas Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13/1.55-74.


Details ...
Course Descriptions

.Mata kuliah ini mengkaji konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogic, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencanaan dan pengembangan pendidikan; perancangan  model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan serta mampu melakukan mini research yang terkait dengan itu. Lebih spesifik kajian mata kuliah akan membentang pada tabel berikut:

CPMK 1

KS dan Manajemen Sekolah

  1. Hakikat KS
  2. Persyaratan KS
  3. Bidang Garapan Kepala Sekolah
  4. Hakikat Manajemen Sekolah
  5. Sekolah Perubahan: Sekolah Penggerak

CPMK 2

  1. Peran dan Fungsi Kepemimpinan KS
  2. Kompetensi KS

CPMK 3

  1. KS sebagai Pemimpin Pembelajaran
  2. KS sebagai Pencipta Learning Organization
  3. KS sebagai Pengembang Learning Organization
  4. KS sebagai Penentu Arah Kebijakan Sekolah
  5. KS sebagai Perancang dan Pelaksana Program Supervisi
  6. KS sebagai Agen Perubahan

CPMK 4

        1. Model Kepemimpinan KS
        2. Pengukuran Kinerja KS

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perencanaan Strategik Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Pengembangan Kepala Sekolah untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro maupun makro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidiplin melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (S1, P1)

CPMK 2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam Pengembangan Kepala Sekolah serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.(S2, P2, KU2)

CPMK 3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Pengembangan Kepala Sekolah serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.(S3, KK1. KK3)

CPMK 4

Mampu merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan ( KK5)

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

                   Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.

Wiratmoko. D, Murniati, N.A.N., Abdullah, G. 2022. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di Sekolah Dasar, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5/1, 44-53.

 

Yudhiati,  Titin., Murniati, N.A.N, Miyono, Noor. 2022. Efektifitas Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13/1.55-74.

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

                   Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.

Wiratmoko. D, Murniati, N.A.N., Abdullah, G. 2022. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di Sekolah Dasar, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5/1, 44-53.

 

Yudhiati,  Titin., Murniati, N.A.N, Miyono, Noor. 2022. Efektifitas Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13/1.55-74.


Details ...
Course Descriptions

.Mata kuliah ini mengkaji konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogic, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencanaan dan pengembangan pendidikan; perancangan  model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan serta mampu melakukan mini research yang terkait dengan itu. Lebih spesifik kajian mata kuliah akan membentang pada tabel berikut:

CPMK 1

KS dan Manajemen Sekolah

  1. Hakikat KS
  2. Persyaratan KS
  3. Bidang Garapan Kepala Sekolah
  4. Hakikat Manajemen Sekolah
  5. Sekolah Perubahan: Sekolah Penggerak

CPMK 2

  1. Peran dan Fungsi Kepemimpinan KS
  2. Kompetensi KS

CPMK 3

  1. KS sebagai Pemimpin Pembelajaran
  2. KS sebagai Pencipta Learning Organization
  3. KS sebagai Pengembang Learning Organization
  4. KS sebagai Penentu Arah Kebijakan Sekolah
  5. KS sebagai Perancang dan Pelaksana Program Supervisi
  6. KS sebagai Agen Perubahan

CPMK 4

        1. Model Kepemimpinan KS
        2. Pengukuran Kinerja KS

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perencanaan Strategik Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Pengembangan Kepala Sekolah untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro maupun makro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidiplin melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (S1, P1)

CPMK 2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam Pengembangan Kepala Sekolah serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.(S2, P2, KU2)

CPMK 3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Pengembangan Kepala Sekolah serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.(S3, KK1. KK3)

CPMK 4

Mampu merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan ( KK5)

References

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

                   Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.

Wiratmoko. D, Murniati, N.A.N., Abdullah, G. 2022. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di Sekolah Dasar, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5/1, 44-53.

 

Yudhiati,  Titin., Murniati, N.A.N, Miyono, Noor. 2022. Efektifitas Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13/1.55-74.

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz    media.

 

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hendarman. 2015. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit Permata Puri Media.

 

Karwati, Euis dan Priansa, Juni, Donni. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.

                   Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Mulyasa, 2003.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung Rosda Karya

 

Kimbrough, Ralph B; Charles W.Burkett, 1990. The Principalship: Concepts and Practices; Prentice Hall, New Jersey

 

Lipham, J. M, cs,1993. The Principalship: Concepts, Competencies and Cases; New York: Longman, Inc.

 

Suhardiman, Budi. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Soegeng, Ysh, AY dan Abdullah, Ghufron. 2018. Kepala Sekolah: Teacher, Leader, dan Manajer. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

 

Wahjosumijo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Penerbit  PT Raja Grafindo Persada.

 

Wibowo, Agus. Manager & leader Sekolah Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

 

Yukl, Gary A. Phd. 2009. Leadership in Organization. Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New  Jersey 07-632.

Wiratmoko. D, Murniati, N.A.N., Abdullah, G. 2022. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di Sekolah Dasar, Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5/1, 44-53.

 

Yudhiati,  Titin., Murniati, N.A.N, Miyono, Noor. 2022. Efektifitas Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 13/1.55-74.


Details ...