Eksplorasi Pembelajaran Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMATHEMATICS LEARNING EXPLORATION
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS25 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk memfasiltasi:

  1. Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Kalkulus, untuk menghitung luas dan volume suatu benda yang tidak dapat terjangkau / tidak dapat diukur menggunakan cara biasa.
  2. Mahasiswa dapat dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Geometri, untuk mengukur tinggi suatu benda dan jarak antara 2 buah objek yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
  3. Mahasiswa dapat dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Statistika Dasar.
  4. Mahasiswa dapat membuat media pembelajaran matematika yang memuat nilai budaya dan mendidik bagi siswa.

 

Learning Outcomes

Capaian Keterampilan Umum:

1.mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

Capaian Keterampilan Khusus:

  1. Mampu mengaplikasikan ilmu matematika dalam pembelajaran di sekolah
  2. Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran
  3. Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran

Capaian Pengetahuan:

  1. menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah
  2. Menguasai konsep teoritis perencanaan pembelajaran
  3. Menguasai konsep inovasi pembelajaran

menguasai materi matematika sekolah

References

  1. Edwin J. Dkk, 1987. Calculus with Analytic Geometry 5th, Prentice-Hall, Inc.
  2. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  3. Walpole R. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk memfasiltasi:

  1. Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Kalkulus, untuk menghitung luas dan volume suatu benda yang tidak dapat terjangkau / tidak dapat diukur menggunakan cara biasa.
  2. Mahasiswa dapat dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Geometri, untuk mengukur tinggi suatu benda dan jarak antara 2 buah objek yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
  3. Mahasiswa dapat dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Statistika Dasar.
  4. Mahasiswa dapat membuat media pembelajaran matematika yang memuat nilai budaya dan mendidik bagi siswa.

 

Learning Outcomes

Capaian Keterampilan Umum:

1.mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

Capaian Keterampilan Khusus:

  1. Mampu mengaplikasikan ilmu matematika dalam pembelajaran di sekolah
  2. Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran
  3. Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran

Capaian Pengetahuan:

  1. menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah
  2. Menguasai konsep teoritis perencanaan pembelajaran
  3. Menguasai konsep inovasi pembelajaran

menguasai materi matematika sekolah

References

  1. Edwin J. Dkk, 1987. Calculus with Analytic Geometry 5th, Prentice-Hall, Inc.
  2. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  3. Walpole R. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk memfasiltasi:

  1. Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Kalkulus, untuk menghitung luas dan volume suatu benda yang tidak dapat terjangkau / tidak dapat diukur menggunakan cara biasa.
  2. Mahasiswa dapat dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Geometri, untuk mengukur tinggi suatu benda dan jarak antara 2 buah objek yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
  3. Mahasiswa dapat dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Statistika Dasar.
  4. Mahasiswa dapat membuat media pembelajaran matematika yang memuat nilai budaya dan mendidik bagi siswa.

 

Learning Outcomes

Capaian Keterampilan Umum:

1.mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

Capaian Keterampilan Khusus:

  1. Mampu mengaplikasikan ilmu matematika dalam pembelajaran di sekolah
  2. Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran
  3. Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran

Capaian Pengetahuan:

  1. menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah
  2. Menguasai konsep teoritis perencanaan pembelajaran
  3. Menguasai konsep inovasi pembelajaran

menguasai materi matematika sekolah

References

  1. Edwin J. Dkk, 1987. Calculus with Analytic Geometry 5th, Prentice-Hall, Inc.
  2. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  3. Walpole R. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk memfasiltasi:

  1. Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Kalkulus, untuk menghitung luas dan volume suatu benda yang tidak dapat terjangkau / tidak dapat diukur menggunakan cara biasa.
  2. Mahasiswa dapat dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Geometri, untuk mengukur tinggi suatu benda dan jarak antara 2 buah objek yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
  3. Mahasiswa dapat dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Statistika Dasar.
  4. Mahasiswa dapat membuat media pembelajaran matematika yang memuat nilai budaya dan mendidik bagi siswa.

 

Learning Outcomes

Capaian Keterampilan Umum:

1.mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

Capaian Keterampilan Khusus:

  1. Mampu mengaplikasikan ilmu matematika dalam pembelajaran di sekolah
  2. Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran
  3. Mampu mengkaji dan mengimplementasikan materi matematika dalam pembelajaran

Capaian Pengetahuan:

  1. menguasai konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah
  2. Menguasai konsep teoritis perencanaan pembelajaran
  3. Menguasai konsep inovasi pembelajaran

menguasai materi matematika sekolah

References

  1. Edwin J. Dkk, 1987. Calculus with Analytic Geometry 5th, Prentice-Hall, Inc.
  2. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  3. Walpole R. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition

 


Details ...