Courser in English | MATHEMATICS LEARNING EXPLORATION |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 25 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Merupakan matakuliah yang mempelajari konsep umum matematika yang mencakup materi yang secara luas digunakan untuk dapat dianalisa dan diterapkan dalam permasalahan praktis yang diberikan atau dalam kehidupan sehari-hari
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep dasar matematika, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
References- Bartle, R. G dan Donald R. Sherbert. 2000. Introduction to Real Analysis. 3 th . USA: John Wiley and Sons.
- Edwin J. Purcell dan Dale Varbeg. “Kalkulus dan Geometri Analitis Jilid 1”. edisi 4,. Erlangga, Jakarta.
- Spiegel, Murray R. (1999). Seri Buku Schaum Teori dan Soal-soal Matematika Dasar. Terjemahan oleh Kasir Iskandar. Jakarta: Erlangga.
- Yusuf Yahya, D. Suryadi H.S., Agus S.Matematika Dasar untuk Perguruan Tinggi. Jakarta :Ghalia Indonesia
Details ...
Merupakan matakuliah yang mempelajari konsep umum matematika yang mencakup materi yang secara luas digunakan untuk dapat dianalisa dan diterapkan dalam permasalahan praktis yang diberikan atau dalam kehidupan sehari-hari
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep dasar matematika, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
References- Bartle, R. G dan Donald R. Sherbert. 2000. Introduction to Real Analysis. 3 th . USA: John Wiley and Sons.
- Edwin J. Purcell dan Dale Varbeg. “Kalkulus dan Geometri Analitis Jilid 1”. edisi 4,. Erlangga, Jakarta.
- Spiegel, Murray R. (1999). Seri Buku Schaum Teori dan Soal-soal Matematika Dasar. Terjemahan oleh Kasir Iskandar. Jakarta: Erlangga.
- Yusuf Yahya, D. Suryadi H.S., Agus S.Matematika Dasar untuk Perguruan Tinggi. Jakarta :Ghalia Indonesia
Details ...
Merupakan matakuliah yang mempelajari konsep umum matematika yang mencakup materi yang secara luas digunakan untuk dapat dianalisa dan diterapkan dalam permasalahan praktis yang diberikan atau dalam kehidupan sehari-hari
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep dasar matematika, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
References- Bartle, R. G dan Donald R. Sherbert. 2000. Introduction to Real Analysis. 3 th . USA: John Wiley and Sons.
- Edwin J. Purcell dan Dale Varbeg. “Kalkulus dan Geometri Analitis Jilid 1”. edisi 4,. Erlangga, Jakarta.
- Spiegel, Murray R. (1999). Seri Buku Schaum Teori dan Soal-soal Matematika Dasar. Terjemahan oleh Kasir Iskandar. Jakarta: Erlangga.
- Yusuf Yahya, D. Suryadi H.S., Agus S.Matematika Dasar untuk Perguruan Tinggi. Jakarta :Ghalia Indonesia
Details ...
Merupakan matakuliah yang mempelajari konsep umum matematika yang mencakup materi yang secara luas digunakan untuk dapat dianalisa dan diterapkan dalam permasalahan praktis yang diberikan atau dalam kehidupan sehari-hari
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami konsep dasar matematika, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
References- Bartle, R. G dan Donald R. Sherbert. 2000. Introduction to Real Analysis. 3 th . USA: John Wiley and Sons.
- Edwin J. Purcell dan Dale Varbeg. “Kalkulus dan Geometri Analitis Jilid 1”. edisi 4,. Erlangga, Jakarta.
- Spiegel, Murray R. (1999). Seri Buku Schaum Teori dan Soal-soal Matematika Dasar. Terjemahan oleh Kasir Iskandar. Jakarta: Erlangga.
- Yusuf Yahya, D. Suryadi H.S., Agus S.Matematika Dasar untuk Perguruan Tinggi. Jakarta :Ghalia Indonesia
Details ...
Mata kuliah eksplorasi pembelajaran matematika bertujuan untuk:
1. Membuka pandangan mahasiswa secara kolektif sebagai bekal kesarjanaannya, agar lebih mampu mengaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mahasiswa mampu menganalisis kondisi lapangan sehingga mampu membuat media pembelajaran yang baik.
1. Mahasiswa dapat menggali data, mengolah, dan menyajikan data yang berkaitan dengan mata kuliah program linier.
2. Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada mata kuliah geometri, untuk mengukur tinggi suatu benta yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
3. Mahasiswa dapat membuat video (durasi maksimal 15 menit) sebagai pelapiran digital yang berisi :
a. Video plaksanaan pengukuran tinggi bangunan menggunakan klinometer dan mengukur jarak dua bangunan menggunakan jurusan 3 angkaserta video pengecekan menggunakan aplikasi yang sesuai sebagai bentuk kompetensi pendidik
b. Mmbuat video proses wawancara di Dewata atau tempat belanja lainnya untuk mendapatkan data program linier (disesuaikan dengan soalprogram linier yang sudah dipersiapkan), kemudian dijadikan sebuah media pembelajaran, sebagai bentuk kompetensi pengembang media
c. Membuat cuplikan video dari kunjungan "kembali inovation" yang berisi strategi mengenalkan produk dan memasarkan produk serta strategi pembuatan media yang menarik untuk pemasaran, sebagai bentuk kompetensi tekhnopreneur
References
-
Details ...
Mata kuliah eksplorasi pembelajaran matematika bertujuan untuk:
1. Membuka pandangan mahasiswa secara kolektif sebagai bekal kesarjanaannya, agar lebih mampu mengaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mahasiswa mampu menganalisis kondisi lapangan sehingga mampu membuat media pembelajaran yang baik.
1. Mahasiswa dapat menggali data, mengolah, dan menyajikan data yang berkaitan dengan mata kuliah program linier.
2. Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada mata kuliah geometri, untuk mengukur tinggi suatu benta yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
3. Mahasiswa dapat membuat video (durasi maksimal 15 menit) sebagai pelapiran digital yang berisi :
a. Video plaksanaan pengukuran tinggi bangunan menggunakan klinometer dan mengukur jarak dua bangunan menggunakan jurusan 3 angkaserta video pengecekan menggunakan aplikasi yang sesuai sebagai bentuk kompetensi pendidik
b. Mmbuat video proses wawancara di Dewata atau tempat belanja lainnya untuk mendapatkan data program linier (disesuaikan dengan soalprogram linier yang sudah dipersiapkan), kemudian dijadikan sebuah media pembelajaran, sebagai bentuk kompetensi pengembang media
c. Membuat cuplikan video dari kunjungan "kembali inovation" yang berisi strategi mengenalkan produk dan memasarkan produk serta strategi pembuatan media yang menarik untuk pemasaran, sebagai bentuk kompetensi tekhnopreneur
References
-
Details ...
Mata kuliah eksplorasi pembelajaran matematika bertujuan untuk:
1. Membuka pandangan mahasiswa secara kolektif sebagai bekal kesarjanaannya, agar lebih mampu mengaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mahasiswa mampu menganalisis kondisi lapangan sehingga mampu membuat media pembelajaran yang baik.
1. Mahasiswa dapat menggali data, mengolah, dan menyajikan data yang berkaitan dengan mata kuliah program linier.
2. Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada mata kuliah geometri, untuk mengukur tinggi suatu benta yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
3. Mahasiswa dapat membuat video (durasi maksimal 15 menit) sebagai pelapiran digital yang berisi :
a. Video plaksanaan pengukuran tinggi bangunan menggunakan klinometer dan mengukur jarak dua bangunan menggunakan jurusan 3 angkaserta video pengecekan menggunakan aplikasi yang sesuai sebagai bentuk kompetensi pendidik
b. Mmbuat video proses wawancara di Dewata atau tempat belanja lainnya untuk mendapatkan data program linier (disesuaikan dengan soalprogram linier yang sudah dipersiapkan), kemudian dijadikan sebuah media pembelajaran, sebagai bentuk kompetensi pengembang media
c. Membuat cuplikan video dari kunjungan "kembali inovation" yang berisi strategi mengenalkan produk dan memasarkan produk serta strategi pembuatan media yang menarik untuk pemasaran, sebagai bentuk kompetensi tekhnopreneur
References
-
Details ...
Mata kuliah eksplorasi pembelajaran matematika bertujuan untuk:
1. Membuka pandangan mahasiswa secara kolektif sebagai bekal kesarjanaannya, agar lebih mampu mengaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mahasiswa mampu menganalisis kondisi lapangan sehingga mampu membuat media pembelajaran yang baik.
1. Mahasiswa dapat menggali data, mengolah, dan menyajikan data yang berkaitan dengan mata kuliah program linier.
2. Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada mata kuliah geometri, untuk mengukur tinggi suatu benta yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
3. Mahasiswa dapat membuat video (durasi maksimal 15 menit) sebagai pelapiran digital yang berisi :
a. Video plaksanaan pengukuran tinggi bangunan menggunakan klinometer dan mengukur jarak dua bangunan menggunakan jurusan 3 angkaserta video pengecekan menggunakan aplikasi yang sesuai sebagai bentuk kompetensi pendidik
b. Mmbuat video proses wawancara di Dewata atau tempat belanja lainnya untuk mendapatkan data program linier (disesuaikan dengan soalprogram linier yang sudah dipersiapkan), kemudian dijadikan sebuah media pembelajaran, sebagai bentuk kompetensi pengembang media
c. Membuat cuplikan video dari kunjungan "kembali inovation" yang berisi strategi mengenalkan produk dan memasarkan produk serta strategi pembuatan media yang menarik untuk pemasaran, sebagai bentuk kompetensi tekhnopreneur
References
-
Details ...
Mata kuliah eksplorasi pembelajaran matematika bertujuan untuk:
1. Membuka pandangan mahasiswa secara kolektif sebagai bekal kesarjanaannya, agar lebih mampu mengaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mahasiswa mampu menganalisis kondisi lapangan sehingga mampu membuat media pembelajaran yang baik.
1. Mahasiswa dapat menggali data, mengolah, dan menyajikan data yang berkaitan dengan mata kuliah program linier.
2. Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada mata kuliah geometri, untuk mengukur tinggi suatu benta yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
3. Mahasiswa dapat membuat video (durasi maksimal 15 menit) sebagai pelapiran digital yang berisi :
a. Video plaksanaan pengukuran tinggi bangunan menggunakan klinometer dan mengukur jarak dua bangunan menggunakan jurusan 3 angkaserta video pengecekan menggunakan aplikasi yang sesuai sebagai bentuk kompetensi pendidik
b. Mmbuat video proses wawancara di Dewata atau tempat belanja lainnya untuk mendapatkan data program linier (disesuaikan dengan soalprogram linier yang sudah dipersiapkan), kemudian dijadikan sebuah media pembelajaran, sebagai bentuk kompetensi pengembang media
c. Membuat cuplikan video dari kunjungan "kembali inovation" yang berisi strategi mengenalkan produk dan memasarkan produk serta strategi pembuatan media yang menarik untuk pemasaran, sebagai bentuk kompetensi tekhnopreneur
References
-
Details ...
Mata kuliah eksplorasi pembelajaran matematika bertujuan untuk:
1. Membuka pandangan mahasiswa secara kolektif sebagai bekal kesarjanaannya, agar lebih mampu mengaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mahasiswa mampu menganalisis kondisi lapangan sehingga mampu membuat media pembelajaran yang baik.
1. Mahasiswa dapat menggali data, mengolah, dan menyajikan data yang berkaitan dengan mata kuliah program linier.
2. Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada mata kuliah geometri, untuk mengukur tinggi suatu benta yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
3. Mahasiswa dapat membuat video (durasi maksimal 15 menit) sebagai pelapiran digital yang berisi :
a. Video plaksanaan pengukuran tinggi bangunan menggunakan klinometer dan mengukur jarak dua bangunan menggunakan jurusan 3 angkaserta video pengecekan menggunakan aplikasi yang sesuai sebagai bentuk kompetensi pendidik
b. Mmbuat video proses wawancara di Dewata atau tempat belanja lainnya untuk mendapatkan data program linier (disesuaikan dengan soalprogram linier yang sudah dipersiapkan), kemudian dijadikan sebuah media pembelajaran, sebagai bentuk kompetensi pengembang media
c. Membuat cuplikan video dari kunjungan "kembali inovation" yang berisi strategi mengenalkan produk dan memasarkan produk serta strategi pembuatan media yang menarik untuk pemasaran, sebagai bentuk kompetensi tekhnopreneur
References
-
Details ...
Mata kuliah eksplorasi pembelajaran matematika bertujuan untuk:
1. Membuka pandangan mahasiswa secara kolektif sebagai bekal kesarjanaannya, agar lebih mampu mengaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mahasiswa mampu menganalisis kondisi lapangan sehingga mampu membuat media pembelajaran yang baik.
Learning Outcomes- Mahasiswa dapat menggali data, mengolah dan meyajikan data yang berkaitan dengan matakuliah Program Linier.
- Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Geometri, untuk mengukur tinggi suatu benda yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
- Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Statistika Deskriptif.
- Mahasiswa dapat membuat komik sebagai media pembelajaran matematika yang memuat nilai budaya dan mendidik bagi siswa.
Edwin J. Dkk, 1987. Calculus with Analytic Geometry 5th, Prentice-Hall, Inc.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Walpole R. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition
Details ...
Mata kuliah eksplorasi pembelajaran matematika bertujuan untuk:
1. Membuka pandangan mahasiswa secara kolektif sebagai bekal kesarjanaannya, agar lebih mampu mengaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan prinsip matematika dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mahasiswa mampu menganalisis kondisi lapangan sehingga mampu membuat media pembelajaran yang baik.
Learning Outcomes- Mahasiswa dapat menggali data, mengolah dan meyajikan data yang berkaitan dengan matakuliah Program Linier.
- Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Geometri, untuk mengukur tinggi suatu benda yang tidak dapat terjangkau menggunakan cara biasa.
- Mahasiswa dapat mempraktekkan teori pada matakuliah Statistika Deskriptif.
- Mahasiswa dapat membuat komik sebagai media pembelajaran matematika yang memuat nilai budaya dan mendidik bagi siswa.
Edwin J. Dkk, 1987. Calculus with Analytic Geometry 5th, Prentice-Hall, Inc.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Walpole R. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition
Details ...