Perencanaan Pembelajaran, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLESSON PLANNING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013

References

Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013

References

Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013

References

-


Details ...
Course Descriptions

Perencanaan pembelajaran adalah materi perkuliahan yang menekankan materi, teori, konsep, prosedur perencanaan pembelajaran yang meliputi proses Konsep dasar perencanaan pembelajaran ,Model-model perencanaan pembelajaran,Prinsip penjabaran kurikulum dan perencanaan,Jenis-jenis perencanaan pembelajaran di SD,Menyusun program tahunan dan program semester,Menyusun silabus,Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran,Implementasi kurikulum dan pembelajaran,Merancang evaluasi perencanaan pembelajaran..

Learning Outcomes

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan model-model Perencanaanpembelajaran secara signifikan di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.

Diharapkan mahsiswa lulusan dapat mengemban, melayani, melaksanakan program perencanaan pembelajaran secara efektif dan efisien pada jenjang satuan pendidikan Sekolah dasar untuk tercapinya tujuan pendidikan.

References

1.Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan

Nana Sudiyana, 2005. Dasar-dasar PBM, Bandung : Sinar Baru Argesindo

Abdul Majid, 2008. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B.Uno, 2008. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara

Buku dan Kurikulum SD Tahun 2013.

2.Pustaka Pendukung:

Sudiana Nana, 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo

Uno Hamzah, 2008. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta :Bumi Aksara

Nasution ,2006. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta : Bumi Aksara

Ali M, 2004. Guru dalam PBM, Bandung: Sinar Baru Algensindo

Hasibuan at al, 2008. Proses Belajar Mengajar, Bandung; RosdaKarya

Sukmadinata, 2006. Pengemb.Kurikulum, Bandung: Rosdakarya

Sujana Nana, 2005. Pembinaan dan Pengemb. Kurikulum di Sekolah, Bandung; Sinar Baru Algensdindo

Hamalik Omar, 2007. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik Omar, 2005. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Rohani Ahmad,2008. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati at al, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Suryosubroto, 2002. Proses belajar Mengajar di sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Idris Jamaludin, 2007. sekolah efektif dan guru efektif, Yogyakarta: Suluh Press

Siahaan at al, 2006. Manajemen Pend. Berbasis sekolah, Bandung: CiputatPress

Nasution, 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Mursell at al, 2006. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Bumi Aksara


Details ...