Courser in English | LESSON PLANNING |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013
References-
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013
References-
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013
References-
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013
References-
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013
References-
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013
References-
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013
References-
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013
References-
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan mengenai hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, keterampilan dasar mengajar, pengembangan prota dan promes, pengembangan materi dan media, pengembangan tujuan pembelajaran, lankah-langkah pembelajaran, dan penilaian, serta analisis hasil observasi di lapangan yang berkaitan dengan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menyusun perangkat pembelajaran serta mengaplikasikannya di SD sesuai kurikulum 2013
References-
Details ...
Perencanaan pembelajaran adalah materi perkuliahan yang menekankan materi, teori, konsep, prosedur perencanaan pembelajaran yang meliputi proses Konsep dasar perencanaan pembelajaran ,Model-model perencanaan pembelajaran,Prinsip penjabaran kurikulum dan perencanaan,Jenis-jenis perencanaan pembelajaran di SD,Menyusun program tahunan dan program semester,Menyusun silabus,Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran,Implementasi kurikulum dan pembelajaran,Merancang evaluasi perencanaan pembelajaran..
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan model-model Perencanaanpembelajaran secara signifikan di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.
Diharapkan mahsiswa lulusan dapat mengemban, melayani, melaksanakan program perencanaan pembelajaran secara efektif dan efisien pada jenjang satuan pendidikan Sekolah dasar untuk tercapinya tujuan pendidikan.
References1.Buku/Bacaan pokok dalam perkuliahan
Nana Sudiyana, 2005. Dasar-dasar PBM, Bandung : Sinar Baru Argesindo
Abdul Majid, 2008. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah B.Uno, 2008. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara
Buku dan Kurikulum SD Tahun 2013.
2.Pustaka Pendukung:
Sudiana Nana, 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Uno Hamzah, 2008. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta :Bumi Aksara
Nasution ,2006. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta : Bumi Aksara
Ali M, 2004. Guru dalam PBM, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Hasibuan at al, 2008. Proses Belajar Mengajar, Bandung; RosdaKarya
Sukmadinata, 2006. Pengemb.Kurikulum, Bandung: Rosdakarya
Sujana Nana, 2005. Pembinaan dan Pengemb. Kurikulum di Sekolah, Bandung; Sinar Baru Algensdindo
Hamalik Omar, 2007. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik Omar, 2005. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Rohani Ahmad,2008. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati at al, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Suryosubroto, 2002. Proses belajar Mengajar di sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Idris Jamaludin, 2007. sekolah efektif dan guru efektif, Yogyakarta: Suluh Press
Siahaan at al, 2006. Manajemen Pend. Berbasis sekolah, Bandung: CiputatPress
Nasution, 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Mursell at al, 2006. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Bumi Aksara
Details ...