Perencanaan Pembelajaran, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLESSON PLANNING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran

Capaian  Pengetahuan: 

Mahasiswa  dapat  memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.

Capaian Keterampilan:

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran

Capaian  Pengetahuan: 

Mahasiswa  dapat  memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.

Capaian Keterampilan:

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran

Capaian  Pengetahuan: 

Mahasiswa  dapat  memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.

Capaian Keterampilan:

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran

Capaian  Pengetahuan: 

Mahasiswa  dapat  memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.

Capaian Keterampilan:

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran

Capaian  Pengetahuan: 

Mahasiswa  dapat  memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.

Capaian Keterampilan:

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013

References

Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013

References

Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013

References

Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013

References

Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013

References

Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013

References

Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013

References

Permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013

Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...