Courser in English | LESSON PLANNING |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.
Learning OutcomesCapaian Sikap:
Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran
Capaian Pengetahuan:
Mahasiswa dapat memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.
Capaian Keterampilan:
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar
References-
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.
Learning OutcomesCapaian Sikap:
Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran
Capaian Pengetahuan:
Mahasiswa dapat memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.
Capaian Keterampilan:
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar
References-
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.
Learning OutcomesCapaian Sikap:
Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran
Capaian Pengetahuan:
Mahasiswa dapat memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.
Capaian Keterampilan:
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar
References-
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.
Learning OutcomesCapaian Sikap:
Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran
Capaian Pengetahuan:
Mahasiswa dapat memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.
Capaian Keterampilan:
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar
References-
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.
Learning OutcomesCapaian Sikap:
Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran
Capaian Pengetahuan:
Mahasiswa dapat memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.
Capaian Keterampilan:
Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar
References-
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar,komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...