Courser in English | LESSON PLANNING |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar, komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013.
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar, komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013.
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar, komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013.
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar, komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013.
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar, komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013.
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar, komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013.
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar, komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013.
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar, komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013.
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: hakikat perencanaan pembelajaran, model, metode, dan keterampilan dasar mengajar, komponen silabus dan RPP, pengembangan indikator, tujuan, langkah-langkah pembelajaran, materi, media, dan evaluasi, membuat RPP dan melaksanakan microteaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat merencanakan pembelajaran di SD sesuai dengan standar isi dan standar proses kurikulum 2013.
ReferencesPermendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 Tahun 2016 Kurikulum 2013
Arends, R. 2008. Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Cet.7. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Details ...