Perencanaan Pembelajaran, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLESSON PLANNING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliahPerencanaanPembelajaranmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswa semester 4 program studi S1 PGSD denganbobot 3 sks. Topikbahasandalammatakuliahinimeliputipengertianperencanaanpembelajaran, landasanperencanaanpembelajaran, peranperencanaanpembelajaran, keterampilandasarmengajar, strategi, pendekatan, model, metode, dan teknikdalampembelajaran, penyusunansilabus, program tahunan (prota), dan program semester (prosem) k13, penyusunantujuanpembelajaran, perencanaanpenilaian, pengembanganmateri ajar, pengembangan media pembelajaran, penyusunan RPP k13 format terbaru, dan analisisperencanaanpembelajaran di sekolahdasar. Perkuliahan pada semester genap 2020/2021 inidiselenggarakansecara daring karenakondisi pandemic. Agar perkuliahanPerencanaanPembelajarandapatmemberikanpengalamanbermakna, makadikemasdenganmelibatkanmahasiswauntukkritismelalui discovery learning, melaksanakandiskusikelompok, sertamembuatlaporanhasilanalisismasalah, dan membuatprodukakhirberupa RPP k13.

Learning Outcomes

CPMK

1

Menelaah konsepperencanaanpembelajaransesuaiprinsip dan teoripendidikandi sekolah dasar dengan memperhatikanetikaakademik(P1, KK1, S2)

2

Menganalisislandasanperencanaanpembelajaranberdasarkanprinsip dan teori pendidikan di sekolah dasardenganmenunjukkankinerjamandiri, bermutu, dan terukursertamemperhatikanetikaakademik(P1, KU2, S2)

3

Mengimplementasikanketerampilandasarmengajardenganpenuhtanggungjawabdalampelaksanaanpembelajaran di sekolahdasar(P1, KK1, S7)

4

Menentukanstrategi, pendekatan, model, metode, dan teknik yang tepatdalamperancangan dan pelaksanaanpembelajaran di sekolahdasardengantetapmemperhatikannilaikemanusiaan.(P4, KK1, S2)

5

Menyusunsilabus, prota, dan prosemsesuaikonsepkurikulum 2013 denganmenunjukkankinerja yang mandiri, bermutu, dan terukursecaramandiri. (P4, KU2, S7)

6

Mengembangkanmateri ajar, media pembelajaran,tujuanpembelajaran, langkah-langkahpembelajaran, dan perencanaanpenilaiandalam RPP k13 yang bermutu dan terukursecaramandiri dan penuhtanggungjawab.  (P4, KU2, S7)

7

Menganalisisperencanaanpembelajaran yang disusun oleh guru sekolahdasaruntukmengetahuiprinsip dan penguasaanterhadapperancangansertapelaksanaanpembelajaransecaramandiri dan penuhtanggungjawab. (P1, KK1, S7)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahPerencanaanPembelajaranmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswa semester 4 program studi S1 PGSD denganbobot 3 sks. Topikbahasandalammatakuliahinimeliputipengertianperencanaanpembelajaran, landasanperencanaanpembelajaran, peranperencanaanpembelajaran, keterampilandasarmengajar, strategi, pendekatan, model, metode, dan teknikdalampembelajaran, penyusunansilabus, program tahunan (prota), dan program semester (prosem) k13, penyusunantujuanpembelajaran, perencanaanpenilaian, pengembanganmateri ajar, pengembangan media pembelajaran, penyusunan RPP k13 format terbaru, dan analisisperencanaanpembelajaran di sekolahdasar. Perkuliahan pada semester genap 2020/2021 inidiselenggarakansecara daring karenakondisi pandemic. Agar perkuliahanPerencanaanPembelajarandapatmemberikanpengalamanbermakna, makadikemasdenganmelibatkanmahasiswauntukkritismelalui discovery learning, melaksanakandiskusikelompok, sertamembuatlaporanhasilanalisismasalah, dan membuatprodukakhirberupa RPP k13.

Learning Outcomes

CPMK

1

Menelaah konsepperencanaanpembelajaransesuaiprinsip dan teoripendidikandi sekolah dasar dengan memperhatikanetikaakademik(P1, KK1, S2)

2

Menganalisislandasanperencanaanpembelajaranberdasarkanprinsip dan teori pendidikan di sekolah dasardenganmenunjukkankinerjamandiri, bermutu, dan terukursertamemperhatikanetikaakademik(P1, KU2, S2)

3

Mengimplementasikanketerampilandasarmengajardenganpenuhtanggungjawabdalampelaksanaanpembelajaran di sekolahdasar(P1, KK1, S7)

4

Menentukanstrategi, pendekatan, model, metode, dan teknik yang tepatdalamperancangan dan pelaksanaanpembelajaran di sekolahdasardengantetapmemperhatikannilaikemanusiaan.(P4, KK1, S2)

5

Menyusunsilabus, prota, dan prosemsesuaikonsepkurikulum 2013 denganmenunjukkankinerja yang mandiri, bermutu, dan terukursecaramandiri. (P4, KU2, S7)

6

Mengembangkanmateri ajar, media pembelajaran,tujuanpembelajaran, langkah-langkahpembelajaran, dan perencanaanpenilaiandalam RPP k13 yang bermutu dan terukursecaramandiri dan penuhtanggungjawab.  (P4, KU2, S7)

7

Menganalisisperencanaanpembelajaran yang disusun oleh guru sekolahdasaruntukmengetahuiprinsip dan penguasaanterhadapperancangansertapelaksanaanpembelajaransecaramandiri dan penuhtanggungjawab. (P1, KK1, S7)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahPerencanaanPembelajaranmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswa semester 4 program studi S1 PGSD denganbobot 3 sks. Topikbahasandalammatakuliahinimeliputipengertianperencanaanpembelajaran, landasanperencanaanpembelajaran, peranperencanaanpembelajaran, keterampilandasarmengajar, strategi, pendekatan, model, metode, dan teknikdalampembelajaran, penyusunansilabus, program tahunan (prota), dan program semester (prosem) k13, penyusunantujuanpembelajaran, perencanaanpenilaian, pengembanganmateri ajar, pengembangan media pembelajaran, penyusunan RPP k13 format terbaru, dan analisisperencanaanpembelajaran di sekolahdasar. Perkuliahan pada semester genap 2020/2021 inidiselenggarakansecara daring karenakondisi pandemic. Agar perkuliahanPerencanaanPembelajarandapatmemberikanpengalamanbermakna, makadikemasdenganmelibatkanmahasiswauntukkritismelalui discovery learning, melaksanakandiskusikelompok, sertamembuatlaporanhasilanalisismasalah, dan membuatprodukakhirberupa RPP k13.

Learning Outcomes

CPMK

1

Menelaah konsepperencanaanpembelajaransesuaiprinsip dan teoripendidikandi sekolah dasar dengan memperhatikanetikaakademik(P1, KK1, S2)

2

Menganalisislandasanperencanaanpembelajaranberdasarkanprinsip dan teori pendidikan di sekolah dasardenganmenunjukkankinerjamandiri, bermutu, dan terukursertamemperhatikanetikaakademik(P1, KU2, S2)

3

Mengimplementasikanketerampilandasarmengajardenganpenuhtanggungjawabdalampelaksanaanpembelajaran di sekolahdasar(P1, KK1, S7)

4

Menentukanstrategi, pendekatan, model, metode, dan teknik yang tepatdalamperancangan dan pelaksanaanpembelajaran di sekolahdasardengantetapmemperhatikannilaikemanusiaan.(P4, KK1, S2)

5

Menyusunsilabus, prota, dan prosemsesuaikonsepkurikulum 2013 denganmenunjukkankinerja yang mandiri, bermutu, dan terukursecaramandiri. (P4, KU2, S7)

6

Mengembangkanmateri ajar, media pembelajaran,tujuanpembelajaran, langkah-langkahpembelajaran, dan perencanaanpenilaiandalam RPP k13 yang bermutu dan terukursecaramandiri dan penuhtanggungjawab.  (P4, KU2, S7)

7

Menganalisisperencanaanpembelajaran yang disusun oleh guru sekolahdasaruntukmengetahuiprinsip dan penguasaanterhadapperancangansertapelaksanaanpembelajaransecaramandiri dan penuhtanggungjawab. (P1, KK1, S7)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahPerencanaanPembelajaranmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswa semester 4 program studi S1 PGSD denganbobot 3 sks. Topikbahasandalammatakuliahinimeliputipengertianperencanaanpembelajaran, landasanperencanaanpembelajaran, peranperencanaanpembelajaran, keterampilandasarmengajar, strategi, pendekatan, model, metode, dan teknikdalampembelajaran, penyusunansilabus, program tahunan (prota), dan program semester (prosem) k13, penyusunantujuanpembelajaran, perencanaanpenilaian, pengembanganmateri ajar, pengembangan media pembelajaran, penyusunan RPP k13 format terbaru, dan analisisperencanaanpembelajaran di sekolahdasar. Perkuliahan pada semester genap 2020/2021 inidiselenggarakansecara daring karenakondisi pandemic. Agar perkuliahanPerencanaanPembelajarandapatmemberikanpengalamanbermakna, makadikemasdenganmelibatkanmahasiswauntukkritismelalui discovery learning, melaksanakandiskusikelompok, sertamembuatlaporanhasilanalisismasalah, dan membuatprodukakhirberupa RPP k13.

Learning Outcomes

CPMK

1

Menelaah konsepperencanaanpembelajaransesuaiprinsip dan teoripendidikandi sekolah dasar dengan memperhatikanetikaakademik(P1, KK1, S2)

2

Menganalisislandasanperencanaanpembelajaranberdasarkanprinsip dan teori pendidikan di sekolah dasardenganmenunjukkankinerjamandiri, bermutu, dan terukursertamemperhatikanetikaakademik(P1, KU2, S2)

3

Mengimplementasikanketerampilandasarmengajardenganpenuhtanggungjawabdalampelaksanaanpembelajaran di sekolahdasar(P1, KK1, S7)

4

Menentukanstrategi, pendekatan, model, metode, dan teknik yang tepatdalamperancangan dan pelaksanaanpembelajaran di sekolahdasardengantetapmemperhatikannilaikemanusiaan.(P4, KK1, S2)

5

Menyusunsilabus, prota, dan prosemsesuaikonsepkurikulum 2013 denganmenunjukkankinerja yang mandiri, bermutu, dan terukursecaramandiri. (P4, KU2, S7)

6

Mengembangkanmateri ajar, media pembelajaran,tujuanpembelajaran, langkah-langkahpembelajaran, dan perencanaanpenilaiandalam RPP k13 yang bermutu dan terukursecaramandiri dan penuhtanggungjawab.  (P4, KU2, S7)

7

Menganalisisperencanaanpembelajaran yang disusun oleh guru sekolahdasaruntukmengetahuiprinsip dan penguasaanterhadapperancangansertapelaksanaanpembelajaransecaramandiri dan penuhtanggungjawab. (P1, KK1, S7)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahPerencanaanPembelajaranmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswa semester 4 program studi S1 PGSD denganbobot 3 sks. Topikbahasandalammatakuliahinimeliputipengertianperencanaanpembelajaran, landasanperencanaanpembelajaran, peranperencanaanpembelajaran, keterampilandasarmengajar, strategi, pendekatan, model, metode, dan teknikdalampembelajaran, penyusunansilabus, program tahunan (prota), dan program semester (prosem) k13, penyusunantujuanpembelajaran, perencanaanpenilaian, pengembanganmateri ajar, pengembangan media pembelajaran, penyusunan RPP k13 format terbaru, dan analisisperencanaanpembelajaran di sekolahdasar. Perkuliahan pada semester genap 2020/2021 inidiselenggarakansecara daring karenakondisi pandemic. Agar perkuliahanPerencanaanPembelajarandapatmemberikanpengalamanbermakna, makadikemasdenganmelibatkanmahasiswauntukkritismelalui discovery learning, melaksanakandiskusikelompok, sertamembuatlaporanhasilanalisismasalah, dan membuatprodukakhirberupa RPP k13.

Learning Outcomes

CPMK

1

Menelaah konsepperencanaanpembelajaransesuaiprinsip dan teoripendidikandi sekolah dasar dengan memperhatikanetikaakademik(P1, KK1, S2)

2

Menganalisislandasanperencanaanpembelajaranberdasarkanprinsip dan teori pendidikan di sekolah dasardenganmenunjukkankinerjamandiri, bermutu, dan terukursertamemperhatikanetikaakademik(P1, KU2, S2)

3

Mengimplementasikanketerampilandasarmengajardenganpenuhtanggungjawabdalampelaksanaanpembelajaran di sekolahdasar(P1, KK1, S7)

4

Menentukanstrategi, pendekatan, model, metode, dan teknik yang tepatdalamperancangan dan pelaksanaanpembelajaran di sekolahdasardengantetapmemperhatikannilaikemanusiaan.(P4, KK1, S2)

5

Menyusunsilabus, prota, dan prosemsesuaikonsepkurikulum 2013 denganmenunjukkankinerja yang mandiri, bermutu, dan terukursecaramandiri. (P4, KU2, S7)

6

Mengembangkanmateri ajar, media pembelajaran,tujuanpembelajaran, langkah-langkahpembelajaran, dan perencanaanpenilaiandalam RPP k13 yang bermutu dan terukursecaramandiri dan penuhtanggungjawab.  (P4, KU2, S7)

7

Menganalisisperencanaanpembelajaran yang disusun oleh guru sekolahdasaruntukmengetahuiprinsip dan penguasaanterhadapperancangansertapelaksanaanpembelajaransecaramandiri dan penuhtanggungjawab. (P1, KK1, S7)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahPerencanaanPembelajaranmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswa semester 4 program studi S1 PGSD denganbobot 3 sks. Topikbahasandalammatakuliahinimeliputipengertianperencanaanpembelajaran, landasanperencanaanpembelajaran, peranperencanaanpembelajaran, keterampilandasarmengajar, strategi, pendekatan, model, metode, dan teknikdalampembelajaran, penyusunansilabus, program tahunan (prota), dan program semester (prosem) k13, penyusunantujuanpembelajaran, perencanaanpenilaian, pengembanganmateri ajar, pengembangan media pembelajaran, penyusunan RPP k13 format terbaru, dan analisisperencanaanpembelajaran di sekolahdasar. Perkuliahan pada semester genap 2020/2021 inidiselenggarakansecara daring karenakondisi pandemic. Agar perkuliahanPerencanaanPembelajarandapatmemberikanpengalamanbermakna, makadikemasdenganmelibatkanmahasiswauntukkritismelalui discovery learning, melaksanakandiskusikelompok, sertamembuatlaporanhasilanalisismasalah, dan membuatprodukakhirberupa RPP k13.

Learning Outcomes

CPMK

1

Menelaah konsepperencanaanpembelajaransesuaiprinsip dan teoripendidikandi sekolah dasar dengan memperhatikanetikaakademik(P1, KK1, S2)

2

Menganalisislandasanperencanaanpembelajaranberdasarkanprinsip dan teori pendidikan di sekolah dasardenganmenunjukkankinerjamandiri, bermutu, dan terukursertamemperhatikanetikaakademik(P1, KU2, S2)

3

Mengimplementasikanketerampilandasarmengajardenganpenuhtanggungjawabdalampelaksanaanpembelajaran di sekolahdasar(P1, KK1, S7)

4

Menentukanstrategi, pendekatan, model, metode, dan teknik yang tepatdalamperancangan dan pelaksanaanpembelajaran di sekolahdasardengantetapmemperhatikannilaikemanusiaan.(P4, KK1, S2)

5

Menyusunsilabus, prota, dan prosemsesuaikonsepkurikulum 2013 denganmenunjukkankinerja yang mandiri, bermutu, dan terukursecaramandiri. (P4, KU2, S7)

6

Mengembangkanmateri ajar, media pembelajaran,tujuanpembelajaran, langkah-langkahpembelajaran, dan perencanaanpenilaiandalam RPP k13 yang bermutu dan terukursecaramandiri dan penuhtanggungjawab.  (P4, KU2, S7)

7

Menganalisisperencanaanpembelajaran yang disusun oleh guru sekolahdasaruntukmengetahuiprinsip dan penguasaanterhadapperancangansertapelaksanaanpembelajaransecaramandiri dan penuhtanggungjawab. (P1, KK1, S7)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahPerencanaanPembelajaranmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswa semester 4 program studi S1 PGSD denganbobot 3 sks. Topikbahasandalammatakuliahinimeliputipengertianperencanaanpembelajaran, landasanperencanaanpembelajaran, peranperencanaanpembelajaran, keterampilandasarmengajar, strategi, pendekatan, model, metode, dan teknikdalampembelajaran, penyusunansilabus, program tahunan (prota), dan program semester (prosem) k13, penyusunantujuanpembelajaran, perencanaanpenilaian, pengembanganmateri ajar, pengembangan media pembelajaran, penyusunan RPP k13 format terbaru, dan analisisperencanaanpembelajaran di sekolahdasar. Perkuliahan pada semester genap 2020/2021 inidiselenggarakansecara daring karenakondisi pandemic. Agar perkuliahanPerencanaanPembelajarandapatmemberikanpengalamanbermakna, makadikemasdenganmelibatkanmahasiswauntukkritismelalui discovery learning, melaksanakandiskusikelompok, sertamembuatlaporanhasilanalisismasalah, dan membuatprodukakhirberupa RPP k13.

Learning Outcomes

CPMK

1

Menelaah konsepperencanaanpembelajaransesuaiprinsip dan teoripendidikandi sekolah dasar dengan memperhatikanetikaakademik(P1, KK1, S2)

2

Menganalisislandasanperencanaanpembelajaranberdasarkanprinsip dan teori pendidikan di sekolah dasardenganmenunjukkankinerjamandiri, bermutu, dan terukursertamemperhatikanetikaakademik(P1, KU2, S2)

3

Mengimplementasikanketerampilandasarmengajardenganpenuhtanggungjawabdalampelaksanaanpembelajaran di sekolahdasar(P1, KK1, S7)

4

Menentukanstrategi, pendekatan, model, metode, dan teknik yang tepatdalamperancangan dan pelaksanaanpembelajaran di sekolahdasardengantetapmemperhatikannilaikemanusiaan.(P4, KK1, S2)

5

Menyusunsilabus, prota, dan prosemsesuaikonsepkurikulum 2013 denganmenunjukkankinerja yang mandiri, bermutu, dan terukursecaramandiri. (P4, KU2, S7)

6

Mengembangkanmateri ajar, media pembelajaran,tujuanpembelajaran, langkah-langkahpembelajaran, dan perencanaanpenilaiandalam RPP k13 yang bermutu dan terukursecaramandiri dan penuhtanggungjawab.  (P4, KU2, S7)

7

Menganalisisperencanaanpembelajaran yang disusun oleh guru sekolahdasaruntukmengetahuiprinsip dan penguasaanterhadapperancangansertapelaksanaanpembelajaransecaramandiri dan penuhtanggungjawab. (P1, KK1, S7)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahPerencanaanPembelajaranmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswa semester 4 program studi S1 PGSD denganbobot 3 sks. Topikbahasandalammatakuliahinimeliputipengertianperencanaanpembelajaran, landasanperencanaanpembelajaran, peranperencanaanpembelajaran, keterampilandasarmengajar, strategi, pendekatan, model, metode, dan teknikdalampembelajaran, penyusunansilabus, program tahunan (prota), dan program semester (prosem) k13, penyusunantujuanpembelajaran, perencanaanpenilaian, pengembanganmateri ajar, pengembangan media pembelajaran, penyusunan RPP k13 format terbaru, dan analisisperencanaanpembelajaran di sekolahdasar. Perkuliahan pada semester genap 2020/2021 inidiselenggarakansecara daring karenakondisi pandemic. Agar perkuliahanPerencanaanPembelajarandapatmemberikanpengalamanbermakna, makadikemasdenganmelibatkanmahasiswauntukkritismelalui discovery learning, melaksanakandiskusikelompok, sertamembuatlaporanhasilanalisismasalah, dan membuatprodukakhirberupa RPP k13.

Learning Outcomes

CPMK

1

Menelaah konsepperencanaanpembelajaransesuaiprinsip dan teoripendidikandi sekolah dasar dengan memperhatikanetikaakademik(P1, KK1, S2)

2

Menganalisislandasanperencanaanpembelajaranberdasarkanprinsip dan teori pendidikan di sekolah dasardenganmenunjukkankinerjamandiri, bermutu, dan terukursertamemperhatikanetikaakademik(P1, KU2, S2)

3

Mengimplementasikanketerampilandasarmengajardenganpenuhtanggungjawabdalampelaksanaanpembelajaran di sekolahdasar(P1, KK1, S7)

4

Menentukanstrategi, pendekatan, model, metode, dan teknik yang tepatdalamperancangan dan pelaksanaanpembelajaran di sekolahdasardengantetapmemperhatikannilaikemanusiaan.(P4, KK1, S2)

5

Menyusunsilabus, prota, dan prosemsesuaikonsepkurikulum 2013 denganmenunjukkankinerja yang mandiri, bermutu, dan terukursecaramandiri. (P4, KU2, S7)

6

Mengembangkanmateri ajar, media pembelajaran,tujuanpembelajaran, langkah-langkahpembelajaran, dan perencanaanpenilaiandalam RPP k13 yang bermutu dan terukursecaramandiri dan penuhtanggungjawab.  (P4, KU2, S7)

7

Menganalisisperencanaanpembelajaran yang disusun oleh guru sekolahdasaruntukmengetahuiprinsip dan penguasaanterhadapperancangansertapelaksanaanpembelajaransecaramandiri dan penuhtanggungjawab. (P1, KK1, S7)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahPerencanaanPembelajaranmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswa semester 4 program studi S1 PGSD denganbobot 3 sks. Topikbahasandalammatakuliahinimeliputipengertianperencanaanpembelajaran, landasanperencanaanpembelajaran, peranperencanaanpembelajaran, keterampilandasarmengajar, strategi, pendekatan, model, metode, dan teknikdalampembelajaran, penyusunansilabus, program tahunan (prota), dan program semester (prosem) k13, penyusunantujuanpembelajaran, perencanaanpenilaian, pengembanganmateri ajar, pengembangan media pembelajaran, penyusunan RPP k13 format terbaru, dan analisisperencanaanpembelajaran di sekolahdasar. Perkuliahan pada semester genap 2020/2021 inidiselenggarakansecara daring karenakondisi pandemic. Agar perkuliahanPerencanaanPembelajarandapatmemberikanpengalamanbermakna, makadikemasdenganmelibatkanmahasiswauntukkritismelalui discovery learning, melaksanakandiskusikelompok, sertamembuatlaporanhasilanalisismasalah, dan membuatprodukakhirberupa RPP k13.

Learning Outcomes

CPMK

1

Menelaah konsepperencanaanpembelajaransesuaiprinsip dan teoripendidikandi sekolah dasar dengan memperhatikanetikaakademik(P1, KK1, S2)

2

Menganalisislandasanperencanaanpembelajaranberdasarkanprinsip dan teori pendidikan di sekolah dasardenganmenunjukkankinerjamandiri, bermutu, dan terukursertamemperhatikanetikaakademik(P1, KU2, S2)

3

Mengimplementasikanketerampilandasarmengajardenganpenuhtanggungjawabdalampelaksanaanpembelajaran di sekolahdasar(P1, KK1, S7)

4

Menentukanstrategi, pendekatan, model, metode, dan teknik yang tepatdalamperancangan dan pelaksanaanpembelajaran di sekolahdasardengantetapmemperhatikannilaikemanusiaan.(P4, KK1, S2)

5

Menyusunsilabus, prota, dan prosemsesuaikonsepkurikulum 2013 denganmenunjukkankinerja yang mandiri, bermutu, dan terukursecaramandiri. (P4, KU2, S7)

6

Mengembangkanmateri ajar, media pembelajaran,tujuanpembelajaran, langkah-langkahpembelajaran, dan perencanaanpenilaiandalam RPP k13 yang bermutu dan terukursecaramandiri dan penuhtanggungjawab.  (P4, KU2, S7)

7

Menganalisisperencanaanpembelajaran yang disusun oleh guru sekolahdasaruntukmengetahuiprinsip dan penguasaanterhadapperancangansertapelaksanaanpembelajaransecaramandiri dan penuhtanggungjawab. (P1, KK1, S7)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliahPerencanaanPembelajaranmerupakanmatakuliahwajibbagimahasiswa semester 4 program studi S1 PGSD denganbobot 3 sks. Topikbahasandalammatakuliahinimeliputipengertianperencanaanpembelajaran, landasanperencanaanpembelajaran, peranperencanaanpembelajaran, keterampilandasarmengajar, strategi, pendekatan, model, metode, dan teknikdalampembelajaran, penyusunansilabus, program tahunan (prota), dan program semester (prosem) k13, penyusunantujuanpembelajaran, perencanaanpenilaian, pengembanganmateri ajar, pengembangan media pembelajaran, penyusunan RPP k13 format terbaru, dan analisisperencanaanpembelajaran di sekolahdasar. Perkuliahan pada semester genap 2020/2021 inidiselenggarakansecara daring karenakondisi pandemic. Agar perkuliahanPerencanaanPembelajarandapatmemberikanpengalamanbermakna, makadikemasdenganmelibatkanmahasiswauntukkritismelalui discovery learning, melaksanakandiskusikelompok, sertamembuatlaporanhasilanalisismasalah, dan membuatprodukakhirberupa RPP k13.

Learning Outcomes

CPMK

1

Menelaah konsepperencanaanpembelajaransesuaiprinsip dan teoripendidikandi sekolah dasar dengan memperhatikanetikaakademik(P1, KK1, S2)

2

Menganalisislandasanperencanaanpembelajaranberdasarkanprinsip dan teori pendidikan di sekolah dasardenganmenunjukkankinerjamandiri, bermutu, dan terukursertamemperhatikanetikaakademik(P1, KU2, S2)

3

Mengimplementasikanketerampilandasarmengajardenganpenuhtanggungjawabdalampelaksanaanpembelajaran di sekolahdasar(P1, KK1, S7)

4

Menentukanstrategi, pendekatan, model, metode, dan teknik yang tepatdalamperancangan dan pelaksanaanpembelajaran di sekolahdasardengantetapmemperhatikannilaikemanusiaan.(P4, KK1, S2)

5

Menyusunsilabus, prota, dan prosemsesuaikonsepkurikulum 2013 denganmenunjukkankinerja yang mandiri, bermutu, dan terukursecaramandiri. (P4, KU2, S7)

6

Mengembangkanmateri ajar, media pembelajaran,tujuanpembelajaran, langkah-langkahpembelajaran, dan perencanaanpenilaiandalam RPP k13 yang bermutu dan terukursecaramandiri dan penuhtanggungjawab.  (P4, KU2, S7)

7

Menganalisisperencanaanpembelajaran yang disusun oleh guru sekolahdasaruntukmengetahuiprinsip dan penguasaanterhadapperancangansertapelaksanaanpembelajaransecaramandiri dan penuhtanggungjawab. (P1, KK1, S7)

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran

Capaian  Pengetahuan: 

Mahasiswa  dapat  memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.

Capaian Keterampilan:

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang perencanaan pembelajaran di sekolah dasar meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model dan pendekatan pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, silabus, prota, dan prosem, pengembangan bahan ajar dan media, serta penyusunan RPP.

Learning Outcomes

Capaian Sikap:

Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam perencanaan pembelajaran

Capaian  Pengetahuan: 

Mahasiswa  dapat  memahami hakikat perencanaan pembelajaran, mengaplikasikan model, pendekatan, metode, dan keterampilan dasar mengajar, menyusun silabus, prota prosem, mengembangkan bahan ajar dan media, menyusun RPP, serta menganalisis perencanaan pembelajaran di sekolah dasar.

Capaian Keterampilan:

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai perencanaan pembelajaran di sekolah dasar

References

-


Details ...