Courser in English | DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCES EDUCATION IN ELEM. SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengembangkan aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) dalam pendidikan IPS jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) serta mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengembangkan aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) dalam pendidikan IPS jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) serta mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Details ...