Pengembangan Pendidikan IPS di SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCES EDUCATION IN ELEM. SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pembelajaran IPS di SD yang meliputi pendekatan, metode, media, pemanfaatan sumber belajar IPS di SD, evaluasi pembelajaran IPS, dan model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS SD sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu membuat rencana pembelajaran IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku
  2. Mahasiswa mampu menjabarkan KD dalam indicator dan tujuan pembelajaran
  3. Mampu menguraikan bahan ajar IPD SD
  4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi metode, media dan evaluasi pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran IPS kelas rendah dan tinggi
  5. Mahasiswa mampu mengaplikasikan rencana pembelajaran dalam pembelajaran di kelas

References

  1. Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
  2. Kosasih Djahiri, Fatimah Ma’mun.2015. Pengajaran Studi Sosial / IPS  (Dasar-Dasar Pengertian, Metodologi, model Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung; LPPP – IPS, FKIS –IKIP.
  3. Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winata. 2004. Materi dan Pembelajaran IPS SD . Jakarta: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran IPS di sekolah dasar
 

References

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Buku tematik kelas 4-6 kurikulum 2013
 


Details ...