Courser in English | DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCES EDUCATION IN ELEM. SCHOOL |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMemiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran IPS di sekolah dasar
ReferencesSupriatna, Nana, Mulyani, dan Rokhayati A. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bnadung: UPI Press
Udin S. Winataputra. 2002. Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMemiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran IPS di sekolah dasar
ReferencesSupriatna, Nana, Mulyani, dan Rokhayati A. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bnadung: UPI Press
Udin S. Winataputra. 2002. Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMemiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran IPS di sekolah dasar
ReferencesSupriatna, Nana, Mulyani, dan Rokhayati A. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bnadung: UPI Press
Udin S. Winataputra. 2002. Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMemiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di Sekolah Dasar
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMemiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di Sekolah Dasar
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMemiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di Sekolah Dasar
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMemiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di Sekolah Dasar
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMemiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di Sekolah Dasar
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengembangkan aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) dalam pendidikan IPS jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) serta mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengembangkan aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) dalam pendidikan IPS jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) serta mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengembangkan aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) dalam pendidikan IPS jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) serta mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengembangkan aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) dalam pendidikan IPS jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) serta mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Details ...