Pengembangan Pendidikan IPS di SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCES EDUCATION IN ELEM. SCHOOL
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS50 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran IPS di sekolah dasar

References

Supriatna, Nana, Mulyani, dan Rokhayati A. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bnadung: UPI Press

Udin S. Winataputra. 2002. Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran IPS di sekolah dasar

References

Supriatna, Nana, Mulyani, dan Rokhayati A. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bnadung: UPI Press

Udin S. Winataputra. 2002. Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran IPS di sekolah dasar

References

Supriatna, Nana, Mulyani, dan Rokhayati A. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bnadung: UPI Press

Udin S. Winataputra. 2002. Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di Sekolah Dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di Sekolah Dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di Sekolah Dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di Sekolah Dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pengembangan Pendidikan IPS di SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di Sekolah Dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengembangkan aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) dalam pendidikan IPS jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) serta mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengembangkan aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) dalam pendidikan IPS jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) serta mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengembangkan aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) dalam pendidikan IPS jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) serta mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengembangkan aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) dalam pendidikan IPS jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) serta mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press


Details ...