Statistika Dasar, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBasic Statistics
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, pengantar statistika inferensial

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, pengantar statistika inferensial

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, pengantar statistika inferensial

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES


Details ...