Statistika Dasar, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBasic Statistics
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Statistika Dasar adalah mata kuliah tentang analisa data, bermula dari bagaimana mengumpulkan data, menampilkan data, menganalisa data, mengambil keputusan berdasarkan data, terakhir adalah menyelesaikan masalah dari kesemua rangkaian diatas. Mata kuliah ini juga merupakan mata kuliah yang menggabungkan antara teori dan praktek secara langsung. Kegiatan praktek akan diberikan dalam bentuk praktikum dan tugas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu:

  1. Menggunakan konsep, metode dan penalaran dasar statistika sesuai bidang ilmu yang ditekuninya.
  2. Melakukan perhitungan statistik baik secara manual maupun dengan perangkat lunak yang sesuai seperti perangkat lunak MS. Excel.
  3. Mengkomunikasikan hasil pemikiran dan pekerjaannya dalam tulisan.

References

Ervina.2014. Hand Out Statistika Dasar.

Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Statistika Dasar adalah mata kuliah tentang analisa data, bermula dari bagaimana mengumpulkan data, menampilkan data, menganalisa data, mengambil keputusan berdasarkan data, terakhir adalah menyelesaikan masalah dari kesemua rangkaian diatas. Mata kuliah ini juga merupakan mata kuliah yang menggabungkan antara teori dan praktek secara langsung. Kegiatan praktek akan diberikan dalam bentuk praktikum dan tugas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu:

  1. Menggunakan konsep, metode dan penalaran dasar statistika sesuai bidang ilmu yang ditekuninya.
  2. Melakukan perhitungan statistik baik secara manual maupun dengan perangkat lunak yang sesuai seperti perangkat lunak MS. Excel.
  3. Mengkomunikasikan hasil pemikiran dan pekerjaannya dalam tulisan.

References

Ervina.2014. Hand Out Statistika Dasar.

Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Statistika Dasar adalah mata kuliah tentang analisa data, bermula dari bagaimana mengumpulkan data, menampilkan data, menganalisa data, mengambil keputusan berdasarkan data, terakhir adalah menyelesaikan masalah dari kesemua rangkaian diatas. Mata kuliah ini juga merupakan mata kuliah yang menggabungkan antara teori dan praktek secara langsung. Kegiatan praktek akan diberikan dalam bentuk praktikum dan tugas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu:

  1. Menggunakan konsep, metode dan penalaran dasar statistika sesuai bidang ilmu yang ditekuninya.
  2. Melakukan perhitungan statistik baik secara manual maupun dengan perangkat lunak yang sesuai seperti perangkat lunak MS. Excel.
  3. Mengkomunikasikan hasil pemikiran dan pekerjaannya dalam tulisan.

References

Ervina.2014. Hand Out Statistika Dasar.

Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Statistika Dasar adalah mata kuliah tentang analisa data, bermula dari bagaimana mengumpulkan data, menampilkan data, menganalisa data, mengambil keputusan berdasarkan data, terakhir adalah menyelesaikan masalah dari kesemua rangkaian diatas. Mata kuliah ini juga merupakan mata kuliah yang menggabungkan antara teori dan praktek secara langsung. Kegiatan praktek akan diberikan dalam bentuk praktikum dan tugas.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu:

  1. Menggunakan konsep, metode dan penalaran dasar statistika sesuai bidang ilmu yang ditekuninya.
  2. Melakukan perhitungan statistik baik secara manual maupun dengan perangkat lunak yang sesuai seperti perangkat lunak MS. Excel.
  3. Mengkomunikasikan hasil pemikiran dan pekerjaannya dalam tulisan.

References

Ervina.2014. Hand Out Statistika Dasar.

Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, sampling atau pengambilan contoh

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, sampling atau pengambilan contoh

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES

7. Sugiyono. 2015. Statistika Nonparametris. Bandung : Alfabeta

8. Suliyanto. 2014. Statistika Nonparamterik dalam Aplikasi Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi

9. Sugiyono. 2014. Statistk untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, sampling atau pengambilan contoh

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, sampling atau pengambilan contoh

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES

7. Sugiyono. 2015. Statistika Nonparametris. Bandung : Alfabeta

8. Suliyanto. 2014. Statistika Nonparamterik dalam Aplikasi Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi

9. Sugiyono. 2014. Statistk untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, sampling atau pengambilan contoh

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, sampling atau pengambilan contoh

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, sampling atau pengambilan contoh

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES

7. Sugiyono. 2015. Statistika Nonparametris. Bandung : Alfabeta

8. Suliyanto. 2014. Statistika Nonparamterik dalam Aplikasi Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi

9. Sugiyono. 2014. Statistk untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini  membahas tentang statistik dan statistika, peran statistik dalam penelitian, daftar distribusi frekuensi, ukuran gejala pusat dan ukuran letak, ukuran simpangan dispersi dan variasi, pengantar statistika inferensial

Learning Outcomes

Sikap

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam.

Keterampilan Umum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Keterampilan Khusus

  1. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
  2. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

Pengetahuan

Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

References

1. Buchari Alma. 2007. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial,Ekonomi Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta : Bandung.

2. Hand Out Statistika Dasar 2014

3. Sudaryono. 2012. Statistik Deskriptif for IT. Andi Offset : Yogyakarta.

4. Sudjana. 1987. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

5. Sukestiyarno. 2010. Statistika Dasar. Semarang : UNNES

6. Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : UNNES


Details ...