Courser in English | Educational Supervision |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 32 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
(1) Pert Ke |
(2) CAKUPAN (ISI) BAHAN KAJIAN |
(3) BENTUK PEMBELAJARAN |
(4) INDIKATOR Penilaian |
(5) BOBOT |
1 |
|
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok 1, tentang topik ke-2 |
Perhatian, pemahaman, partisipasi |
10% |
2 |
2. Pendekatan dan model supervisi akademik: pendekatan, model, kelemahan dan kekuatan masing-masing |
diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-2 topik ke-3 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
3 |
|
Presentasi kel 1 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-3 topik ke-4 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
5% |
4 |
4. Teknik dan prosedur supervisi akademik: macam-macam teknik supervisi, langkah/ tahapan pelaksanaan supervisi, |
Presentasi kel 2 diskusi, tanya jawab,penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-4 topik ke-5 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
5 |
5. Perencanaan supervisi akademik: pengertian, fungsi, prinsip, sasaran, ruang lingkup, langkah-langkah, kategori, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. |
Presentasi kel 3 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-5, topik ke-6
|
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
5% |
6 |
6. Instrumen supervisi akademik: format supervisi perencanaan PBM, format supervisi pelaksanaan PBM, format supervise evaluasi PBM, format supervisi tindak lanjut. |
Presentasi kel 4 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-6 topik ke-7, |
Kebenaran konsep, penggunaan rujukan, kemampuan analisis, ketepatan penggunaan bahasa |
|
7 |
UTS |
|
|
|
8 |
7. Faktor penunjang supervisi akademik: bimbingan penyusunan RPP, bimbingan pembelajaran, bimbingan evaluasi dan tindak lanjut, bimbingan pengelolaan kelas |
Presentasi kel 5 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-7 topik ke-8 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
9 |
8. Evaluasi, tindak lanjut dan kendala Supervisi Akademik: a. faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, rencana tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut, pengendalian pelaksanaan tindak lanjut; b. sumber kendala: SDM, pendekatan, teknik prosedur. |
Presentasi kel 6 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-8 topik ke-9 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
10 |
9. Pengembangan faktor penunjang supervisi akademik: RPP, PBM, Evaluasi, Tindak lanjut |
Presentasi kel 7 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel 9 topik ke-10 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
11
|
10.Kendala Supervisi Akademik: a. Sumber kendala b. Upaya mengatasi kendala
|
Presentasi kel 8 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke 10 topik ke-11 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10%
|
12 |
11.Supervisi klinis: konsep, langkah-langkah, evaluasi dan tindak lanjut
|
Presentasi kel 9 presentasi tugas,diskusi, penguatan dan pengayaan,penyusunan summary, pemberian tugas kel ke-11 topic ke- 12 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
13 |
12. Supervisi manajerial dan kendalanya: a. ruang lingkup, pendekatan, prinsip, langkah, metode dan teknik; b. kendala supervisi manajerial: SDM, pendekatan, teknik, prosedur |
Presentasi kel 10 presentasi tugas kelompok, diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual
|
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
14 |
UAS |
|
|
|
-
ReferencesDaftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
(1) Pert Ke |
(2) CAKUPAN (ISI) BAHAN KAJIAN |
(3) BENTUK PEMBELAJARAN |
(4) INDIKATOR Penilaian |
(5) BOBOT |
1 |
|
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok 1, tentang topik ke-2 |
Perhatian, pemahaman, partisipasi |
10% |
2 |
2. Pendekatan dan model supervisi akademik: pendekatan, model, kelemahan dan kekuatan masing-masing |
diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-2 topik ke-3 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
3 |
|
Presentasi kel 1 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-3 topik ke-4 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
5% |
4 |
4. Teknik dan prosedur supervisi akademik: macam-macam teknik supervisi, langkah/ tahapan pelaksanaan supervisi, |
Presentasi kel 2 diskusi, tanya jawab,penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-4 topik ke-5 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
5 |
5. Perencanaan supervisi akademik: pengertian, fungsi, prinsip, sasaran, ruang lingkup, langkah-langkah, kategori, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. |
Presentasi kel 3 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-5, topik ke-6
|
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
5% |
6 |
6. Instrumen supervisi akademik: format supervisi perencanaan PBM, format supervisi pelaksanaan PBM, format supervise evaluasi PBM, format supervisi tindak lanjut. |
Presentasi kel 4 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-6 topik ke-7, |
Kebenaran konsep, penggunaan rujukan, kemampuan analisis, ketepatan penggunaan bahasa |
|
7 |
UTS |
|
|
|
8 |
7. Faktor penunjang supervisi akademik: bimbingan penyusunan RPP, bimbingan pembelajaran, bimbingan evaluasi dan tindak lanjut, bimbingan pengelolaan kelas |
Presentasi kel 5 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-7 topik ke-8 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
9 |
8. Evaluasi, tindak lanjut dan kendala Supervisi Akademik: a. faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, rencana tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut, pengendalian pelaksanaan tindak lanjut; b. sumber kendala: SDM, pendekatan, teknik prosedur. |
Presentasi kel 6 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-8 topik ke-9 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
10 |
9. Pengembangan faktor penunjang supervisi akademik: RPP, PBM, Evaluasi, Tindak lanjut |
Presentasi kel 7 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel 9 topik ke-10 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
11
|
10.Kendala Supervisi Akademik: a. Sumber kendala b. Upaya mengatasi kendala
|
Presentasi kel 8 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke 10 topik ke-11 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10%
|
12 |
11.Supervisi klinis: konsep, langkah-langkah, evaluasi dan tindak lanjut
|
Presentasi kel 9 presentasi tugas,diskusi, penguatan dan pengayaan,penyusunan summary, pemberian tugas kel ke-11 topic ke- 12 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
13 |
12. Supervisi manajerial dan kendalanya: a. ruang lingkup, pendekatan, prinsip, langkah, metode dan teknik; b. kendala supervisi manajerial: SDM, pendekatan, teknik, prosedur |
Presentasi kel 10 presentasi tugas kelompok, diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual
|
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
14 |
UAS |
|
|
|
-
ReferencesDaftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
(1) Pert Ke |
(2) CAKUPAN (ISI) BAHAN KAJIAN |
(3) BENTUK PEMBELAJARAN |
(4) INDIKATOR Penilaian |
(5) BOBOT |
1 |
|
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok 1, tentang topik ke-2 |
Perhatian, pemahaman, partisipasi |
10% |
2 |
2. Pendekatan dan model supervisi akademik: pendekatan, model, kelemahan dan kekuatan masing-masing |
diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-2 topik ke-3 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
3 |
|
Presentasi kel 1 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-3 topik ke-4 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
5% |
4 |
4. Teknik dan prosedur supervisi akademik: macam-macam teknik supervisi, langkah/ tahapan pelaksanaan supervisi, |
Presentasi kel 2 diskusi, tanya jawab,penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-4 topik ke-5 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
5 |
5. Perencanaan supervisi akademik: pengertian, fungsi, prinsip, sasaran, ruang lingkup, langkah-langkah, kategori, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. |
Presentasi kel 3 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-5, topik ke-6
|
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
5% |
6 |
6. Instrumen supervisi akademik: format supervisi perencanaan PBM, format supervisi pelaksanaan PBM, format supervise evaluasi PBM, format supervisi tindak lanjut. |
Presentasi kel 4 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-6 topik ke-7, |
Kebenaran konsep, penggunaan rujukan, kemampuan analisis, ketepatan penggunaan bahasa |
|
7 |
UTS |
|
|
|
8 |
7. Faktor penunjang supervisi akademik: bimbingan penyusunan RPP, bimbingan pembelajaran, bimbingan evaluasi dan tindak lanjut, bimbingan pengelolaan kelas |
Presentasi kel 5 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-7 topik ke-8 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
9 |
8. Evaluasi, tindak lanjut dan kendala Supervisi Akademik: a. faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, rencana tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut, pengendalian pelaksanaan tindak lanjut; b. sumber kendala: SDM, pendekatan, teknik prosedur. |
Presentasi kel 6 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-8 topik ke-9 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
10 |
9. Pengembangan faktor penunjang supervisi akademik: RPP, PBM, Evaluasi, Tindak lanjut |
Presentasi kel 7 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel 9 topik ke-10 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
11
|
10.Kendala Supervisi Akademik: a. Sumber kendala b. Upaya mengatasi kendala
|
Presentasi kel 8 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke 10 topik ke-11 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10%
|
12 |
11.Supervisi klinis: konsep, langkah-langkah, evaluasi dan tindak lanjut
|
Presentasi kel 9 presentasi tugas,diskusi, penguatan dan pengayaan,penyusunan summary, pemberian tugas kel ke-11 topic ke- 12 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
13 |
12. Supervisi manajerial dan kendalanya: a. ruang lingkup, pendekatan, prinsip, langkah, metode dan teknik; b. kendala supervisi manajerial: SDM, pendekatan, teknik, prosedur |
Presentasi kel 10 presentasi tugas kelompok, diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual
|
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
14 |
UAS |
|
|
|
-
ReferencesDaftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
(1) Pert Ke |
(2) CAKUPAN (ISI) BAHAN KAJIAN |
(3) BENTUK PEMBELAJARAN |
(4) INDIKATOR Penilaian |
(5) BOBOT |
1 |
|
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok 1, tentang topik ke-2 |
Perhatian, pemahaman, partisipasi |
10% |
2 |
2. Pendekatan dan model supervisi akademik: pendekatan, model, kelemahan dan kekuatan masing-masing |
diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-2 topik ke-3 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
3 |
|
Presentasi kel 1 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-3 topik ke-4 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
5% |
4 |
4. Teknik dan prosedur supervisi akademik: macam-macam teknik supervisi, langkah/ tahapan pelaksanaan supervisi, |
Presentasi kel 2 diskusi, tanya jawab,penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-4 topik ke-5 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
5 |
5. Perencanaan supervisi akademik: pengertian, fungsi, prinsip, sasaran, ruang lingkup, langkah-langkah, kategori, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. |
Presentasi kel 3 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-5, topik ke-6
|
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
5% |
6 |
6. Instrumen supervisi akademik: format supervisi perencanaan PBM, format supervisi pelaksanaan PBM, format supervise evaluasi PBM, format supervisi tindak lanjut. |
Presentasi kel 4 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-6 topik ke-7, |
Kebenaran konsep, penggunaan rujukan, kemampuan analisis, ketepatan penggunaan bahasa |
|
7 |
UTS |
|
|
|
8 |
7. Faktor penunjang supervisi akademik: bimbingan penyusunan RPP, bimbingan pembelajaran, bimbingan evaluasi dan tindak lanjut, bimbingan pengelolaan kelas |
Presentasi kel 5 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-7 topik ke-8 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
9 |
8. Evaluasi, tindak lanjut dan kendala Supervisi Akademik: a. faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, rencana tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut, pengendalian pelaksanaan tindak lanjut; b. sumber kendala: SDM, pendekatan, teknik prosedur. |
Presentasi kel 6 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-8 topik ke-9 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
10 |
9. Pengembangan faktor penunjang supervisi akademik: RPP, PBM, Evaluasi, Tindak lanjut |
Presentasi kel 7 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel 9 topik ke-10 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
11
|
10.Kendala Supervisi Akademik: a. Sumber kendala b. Upaya mengatasi kendala
|
Presentasi kel 8 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke 10 topik ke-11 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10%
|
12 |
11.Supervisi klinis: konsep, langkah-langkah, evaluasi dan tindak lanjut
|
Presentasi kel 9 presentasi tugas,diskusi, penguatan dan pengayaan,penyusunan summary, pemberian tugas kel ke-11 topic ke- 12 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
13 |
12. Supervisi manajerial dan kendalanya: a. ruang lingkup, pendekatan, prinsip, langkah, metode dan teknik; b. kendala supervisi manajerial: SDM, pendekatan, teknik, prosedur |
Presentasi kel 10 presentasi tugas kelompok, diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual
|
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
14 |
UAS |
|
|
|
-
ReferencesDaftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah Supervisi Pendidikan melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran MK: Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.
References
Daftar Pustaka:
-
a.Wajib
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
b.Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Muhtar & Iskandar.2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.jakarta, Gaung persad
Details ...
Mata kuliah melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
4.Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.
Referencesa.Wajib
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
b.Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Muhtar & Iskandar.2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.jakarta, Gaung persad
Details ...
Mata kuliah melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
4.Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.
Referencesa.Wajib
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
b.Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Muhtar & Iskandar.2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.jakarta, Gaung persad
Details ...
Mata kuliah melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
4.Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.
Referencesa.Wajib
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
b.Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Muhtar & Iskandar.2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.jakarta, Gaung persad
Details ...