Supervisi Pendidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishEducational Supervision
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS32 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

(1)

Pert Ke

(2)

CAKUPAN (ISI) BAHAN KAJIAN

(3)

BENTUK PEMBELAJARAN

(4)

INDIKATOR

Penilaian

(5)

BOBOT

1

  1. Latar belakang dan konsep supervisi: Latar belakang, pengertian, prinsip, sifat, dan jenis supervisi. 

Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok 1, tentang topik ke-2

Perhatian, pemahaman, partisipasi

10%

2

2. Pendekatan dan model supervisi akademik: pendekatan, model, kelemahan dan kekuatan masing-masing

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-2 topik ke-3

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

3

  1. Pelaksana supervisi akademik: sumber otoritas, pelaksana operasional, kompetensi supervisor, persyaratan pengawas, peran, tugas pokok, fungsi, wewenang dan hak pengawas.

Presentasi kel 1

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-3 topik ke-4

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

5%

4

4.  Teknik dan prosedur  supervisi akademik: macam-macam teknik supervisi, langkah/ tahapan pelaksanaan supervisi,

Presentasi kel 2

 diskusi, tanya jawab,penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-4 topik ke-5

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

5

5.  Perencanaan supervisi akademik: pengertian, fungsi, prinsip, sasaran, ruang lingkup, langkah-langkah, kategori, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut.

Presentasi kel 3

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-5, topik ke-6

 

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

5%

6

6. Instrumen  supervisi akademik:  format supervisi perencanaan PBM, format supervisi pelaksanaan PBM, format supervise evaluasi PBM, format supervisi tindak lanjut.

Presentasi kel 4

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-6 topik ke-7,

Kebenaran konsep, penggunaan rujukan, kemampuan analisis, ketepatan penggunaan bahasa

 

7

UTS

 

 

 

8

7.  Faktor penunjang supervisi akademik: bimbingan penyusunan RPP, bimbingan pembelajaran, bimbingan evaluasi dan tindak lanjut, bimbingan pengelolaan kelas

Presentasi kel 5

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-7 topik ke-8

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

9

8.  Evaluasi, tindak lanjut dan kendala Supervisi Akademik: a. faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, rencana tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut, pengendalian pelaksanaan tindak lanjut; b. sumber kendala: SDM, pendekatan, teknik prosedur.

Presentasi kel 6

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-8 topik ke-9

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

10

9.  Pengembangan faktor penunjang supervisi akademik: RPP, PBM, Evaluasi, Tindak lanjut

Presentasi kel 7

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel 9 topik ke-10

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

11

 

 

 

 

 

10.Kendala Supervisi Akademik:

a. Sumber kendala

b. Upaya mengatasi kendala

 

 

Presentasi kel 8

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke 10 topik ke-11

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

 

10%

 

 

 

 

 

12

11.Supervisi klinis: konsep,  langkah-langkah, evaluasi dan tindak lanjut

 

Presentasi kel 9

presentasi tugas,diskusi, penguatan dan pengayaan,penyusunan summary, pemberian tugas kel ke-11   topic ke- 12

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

13

12. Supervisi manajerial dan kendalanya:

a. ruang lingkup, pendekatan, prinsip, langkah, metode dan teknik;

b. kendala supervisi manajerial: SDM, pendekatan, teknik, prosedur

Presentasi kel 10

presentasi tugas kelompok, diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual

 

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

14

UAS

 

 

 

Learning Outcomes

-

References

Daftar Pustaka

  1. Wajib

 Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

  1. Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media


Details ...
Course Descriptions

(1)

Pert Ke

(2)

CAKUPAN (ISI) BAHAN KAJIAN

(3)

BENTUK PEMBELAJARAN

(4)

INDIKATOR

Penilaian

(5)

BOBOT

1

  1. Latar belakang dan konsep supervisi: Latar belakang, pengertian, prinsip, sifat, dan jenis supervisi. 

Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok 1, tentang topik ke-2

Perhatian, pemahaman, partisipasi

10%

2

2. Pendekatan dan model supervisi akademik: pendekatan, model, kelemahan dan kekuatan masing-masing

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-2 topik ke-3

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

3

  1. Pelaksana supervisi akademik: sumber otoritas, pelaksana operasional, kompetensi supervisor, persyaratan pengawas, peran, tugas pokok, fungsi, wewenang dan hak pengawas.

Presentasi kel 1

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-3 topik ke-4

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

5%

4

4.  Teknik dan prosedur  supervisi akademik: macam-macam teknik supervisi, langkah/ tahapan pelaksanaan supervisi,

Presentasi kel 2

 diskusi, tanya jawab,penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-4 topik ke-5

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

5

5.  Perencanaan supervisi akademik: pengertian, fungsi, prinsip, sasaran, ruang lingkup, langkah-langkah, kategori, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut.

Presentasi kel 3

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-5, topik ke-6

 

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

5%

6

6. Instrumen  supervisi akademik:  format supervisi perencanaan PBM, format supervisi pelaksanaan PBM, format supervise evaluasi PBM, format supervisi tindak lanjut.

Presentasi kel 4

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-6 topik ke-7,

Kebenaran konsep, penggunaan rujukan, kemampuan analisis, ketepatan penggunaan bahasa

 

7

UTS

 

 

 

8

7.  Faktor penunjang supervisi akademik: bimbingan penyusunan RPP, bimbingan pembelajaran, bimbingan evaluasi dan tindak lanjut, bimbingan pengelolaan kelas

Presentasi kel 5

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-7 topik ke-8

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

9

8.  Evaluasi, tindak lanjut dan kendala Supervisi Akademik: a. faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, rencana tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut, pengendalian pelaksanaan tindak lanjut; b. sumber kendala: SDM, pendekatan, teknik prosedur.

Presentasi kel 6

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-8 topik ke-9

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

10

9.  Pengembangan faktor penunjang supervisi akademik: RPP, PBM, Evaluasi, Tindak lanjut

Presentasi kel 7

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel 9 topik ke-10

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

11

 

 

 

 

 

10.Kendala Supervisi Akademik:

a. Sumber kendala

b. Upaya mengatasi kendala

 

 

Presentasi kel 8

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke 10 topik ke-11

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

 

10%

 

 

 

 

 

12

11.Supervisi klinis: konsep,  langkah-langkah, evaluasi dan tindak lanjut

 

Presentasi kel 9

presentasi tugas,diskusi, penguatan dan pengayaan,penyusunan summary, pemberian tugas kel ke-11   topic ke- 12

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

13

12. Supervisi manajerial dan kendalanya:

a. ruang lingkup, pendekatan, prinsip, langkah, metode dan teknik;

b. kendala supervisi manajerial: SDM, pendekatan, teknik, prosedur

Presentasi kel 10

presentasi tugas kelompok, diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual

 

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

14

UAS

 

 

 

Learning Outcomes

-

References

Daftar Pustaka

  1. Wajib

 Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

  1. Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media


Details ...
Course Descriptions

(1)

Pert Ke

(2)

CAKUPAN (ISI) BAHAN KAJIAN

(3)

BENTUK PEMBELAJARAN

(4)

INDIKATOR

Penilaian

(5)

BOBOT

1

  1. Latar belakang dan konsep supervisi: Latar belakang, pengertian, prinsip, sifat, dan jenis supervisi. 

Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok 1, tentang topik ke-2

Perhatian, pemahaman, partisipasi

10%

2

2. Pendekatan dan model supervisi akademik: pendekatan, model, kelemahan dan kekuatan masing-masing

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-2 topik ke-3

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

3

  1. Pelaksana supervisi akademik: sumber otoritas, pelaksana operasional, kompetensi supervisor, persyaratan pengawas, peran, tugas pokok, fungsi, wewenang dan hak pengawas.

Presentasi kel 1

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-3 topik ke-4

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

5%

4

4.  Teknik dan prosedur  supervisi akademik: macam-macam teknik supervisi, langkah/ tahapan pelaksanaan supervisi,

Presentasi kel 2

 diskusi, tanya jawab,penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-4 topik ke-5

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

5

5.  Perencanaan supervisi akademik: pengertian, fungsi, prinsip, sasaran, ruang lingkup, langkah-langkah, kategori, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut.

Presentasi kel 3

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-5, topik ke-6

 

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

5%

6

6. Instrumen  supervisi akademik:  format supervisi perencanaan PBM, format supervisi pelaksanaan PBM, format supervise evaluasi PBM, format supervisi tindak lanjut.

Presentasi kel 4

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-6 topik ke-7,

Kebenaran konsep, penggunaan rujukan, kemampuan analisis, ketepatan penggunaan bahasa

 

7

UTS

 

 

 

8

7.  Faktor penunjang supervisi akademik: bimbingan penyusunan RPP, bimbingan pembelajaran, bimbingan evaluasi dan tindak lanjut, bimbingan pengelolaan kelas

Presentasi kel 5

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-7 topik ke-8

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

9

8.  Evaluasi, tindak lanjut dan kendala Supervisi Akademik: a. faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, rencana tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut, pengendalian pelaksanaan tindak lanjut; b. sumber kendala: SDM, pendekatan, teknik prosedur.

Presentasi kel 6

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-8 topik ke-9

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

10

9.  Pengembangan faktor penunjang supervisi akademik: RPP, PBM, Evaluasi, Tindak lanjut

Presentasi kel 7

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel 9 topik ke-10

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

11

 

 

 

 

 

10.Kendala Supervisi Akademik:

a. Sumber kendala

b. Upaya mengatasi kendala

 

 

Presentasi kel 8

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke 10 topik ke-11

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

 

10%

 

 

 

 

 

12

11.Supervisi klinis: konsep,  langkah-langkah, evaluasi dan tindak lanjut

 

Presentasi kel 9

presentasi tugas,diskusi, penguatan dan pengayaan,penyusunan summary, pemberian tugas kel ke-11   topic ke- 12

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

13

12. Supervisi manajerial dan kendalanya:

a. ruang lingkup, pendekatan, prinsip, langkah, metode dan teknik;

b. kendala supervisi manajerial: SDM, pendekatan, teknik, prosedur

Presentasi kel 10

presentasi tugas kelompok, diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual

 

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

14

UAS

 

 

 

Learning Outcomes

-

References

Daftar Pustaka

  1. Wajib

 Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

  1. Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media


Details ...
Course Descriptions

(1)

Pert Ke

(2)

CAKUPAN (ISI) BAHAN KAJIAN

(3)

BENTUK PEMBELAJARAN

(4)

INDIKATOR

Penilaian

(5)

BOBOT

1

  1. Latar belakang dan konsep supervisi: Latar belakang, pengertian, prinsip, sifat, dan jenis supervisi. 

Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok 1, tentang topik ke-2

Perhatian, pemahaman, partisipasi

10%

2

2. Pendekatan dan model supervisi akademik: pendekatan, model, kelemahan dan kekuatan masing-masing

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-2 topik ke-3

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

3

  1. Pelaksana supervisi akademik: sumber otoritas, pelaksana operasional, kompetensi supervisor, persyaratan pengawas, peran, tugas pokok, fungsi, wewenang dan hak pengawas.

Presentasi kel 1

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-3 topik ke-4

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

5%

4

4.  Teknik dan prosedur  supervisi akademik: macam-macam teknik supervisi, langkah/ tahapan pelaksanaan supervisi,

Presentasi kel 2

 diskusi, tanya jawab,penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-4 topik ke-5

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

5

5.  Perencanaan supervisi akademik: pengertian, fungsi, prinsip, sasaran, ruang lingkup, langkah-langkah, kategori, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut.

Presentasi kel 3

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-5, topik ke-6

 

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

5%

6

6. Instrumen  supervisi akademik:  format supervisi perencanaan PBM, format supervisi pelaksanaan PBM, format supervise evaluasi PBM, format supervisi tindak lanjut.

Presentasi kel 4

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-6 topik ke-7,

Kebenaran konsep, penggunaan rujukan, kemampuan analisis, ketepatan penggunaan bahasa

 

7

UTS

 

 

 

8

7.  Faktor penunjang supervisi akademik: bimbingan penyusunan RPP, bimbingan pembelajaran, bimbingan evaluasi dan tindak lanjut, bimbingan pengelolaan kelas

Presentasi kel 5

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-7 topik ke-8

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

9

8.  Evaluasi, tindak lanjut dan kendala Supervisi Akademik: a. faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, rencana tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut, pengendalian pelaksanaan tindak lanjut; b. sumber kendala: SDM, pendekatan, teknik prosedur.

Presentasi kel 6

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-8 topik ke-9

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

10

9.  Pengembangan faktor penunjang supervisi akademik: RPP, PBM, Evaluasi, Tindak lanjut

Presentasi kel 7

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel 9 topik ke-10

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

11

 

 

 

 

 

10.Kendala Supervisi Akademik:

a. Sumber kendala

b. Upaya mengatasi kendala

 

 

Presentasi kel 8

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke 10 topik ke-11

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

 

10%

 

 

 

 

 

12

11.Supervisi klinis: konsep,  langkah-langkah, evaluasi dan tindak lanjut

 

Presentasi kel 9

presentasi tugas,diskusi, penguatan dan pengayaan,penyusunan summary, pemberian tugas kel ke-11   topic ke- 12

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

13

12. Supervisi manajerial dan kendalanya:

a. ruang lingkup, pendekatan, prinsip, langkah, metode dan teknik;

b. kendala supervisi manajerial: SDM, pendekatan, teknik, prosedur

Presentasi kel 10

presentasi tugas kelompok, diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual

 

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

14

UAS

 

 

 

Learning Outcomes

-

References

Daftar Pustaka

  1. Wajib

 Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

  1. Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Supervisi Pendidikan melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran

 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran MK: Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

 

References

Daftar Pustaka:

  1.     a.Wajib

     Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

     Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

    Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

    Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

        b.Anjuran

    Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

    Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

    Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

    Muhtar & Iskandar.2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.jakarta, Gaung persad


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan

4.Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

    a.Wajib

 Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

    b.Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

Muhtar & Iskandar.2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.jakarta, Gaung persad


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan

4.Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

    a.Wajib

 Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

    b.Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

Muhtar & Iskandar.2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.jakarta, Gaung persad


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan

4.Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

    a.Wajib

 Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

    b.Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

Muhtar & Iskandar.2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan.jakarta, Gaung persad


Details ...