Supervisi Pendidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishEducational Supervision
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS32 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan kualitas  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model Supervisi  pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

References

Referensi:

Arikunto, Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi.  Jakarta: Bumi Aksara.

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan kualitas  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model Supervisi  pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

References

Referensi:

Arikunto, Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi.  Jakarta: Bumi Aksara.

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan kualitas  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model Supervisi  pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

References

Referensi:

Arikunto, Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi.  Jakarta: Bumi Aksara.

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan kualitas  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model Supervisi  pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

References

Referensi:

Arikunto, Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi.  Jakarta: Bumi Aksara.

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan kualitas  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model Supervisi  pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

References

Referensi:

Arikunto, Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi.  Jakarta: Bumi Aksara.

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksanaan supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindaklanjut, mentoring dan evaluasi supervisi, sumber data/informasi, faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, problematika dan solusi dalam supervisi, supervisi klinis, supervisi manajerial.

Learning Outcomes

Mampu menjelaskan konsep dasar supervise pendidikan dan  menerapkan dalam praktek supervisi

References

Abdullah, Ghufron & Ysh, Soegeng. 2020. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama

 Arikunto, Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi.  Jakarta: Bumi Aksara.

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksanaan supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindaklanjut, mentoring dan evaluasi supervisi, sumber data/informasi, faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, problematika dan solusi dalam supervisi, supervisi klinis, supervisi manajerial.

Learning Outcomes

Mampu menjelaskan konsep dasar supervise pendidikan dan  menerapkan dalam praktek supervisi

References

Abdullah, Ghufron & Ysh, Soegeng. 2020. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama

 Arikunto, Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi.  Jakarta: Bumi Aksara.

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksanaan supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindaklanjut, mentoring dan evaluasi supervisi, sumber data/informasi, faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, problematika dan solusi dalam supervisi, supervisi klinis, supervisi manajerial.

Learning Outcomes

Mampu menjelaskan konsep dasar supervise pendidikan dan  menerapkan dalam praktek supervisi

References

Abdullah, Ghufron & Ysh, Soegeng. 2020. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama

 Arikunto, Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi.  Jakarta: Bumi Aksara.

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

Daftar Pustaka

  1. Wajib

 Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

  1. Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

Daftar Pustaka

  1. Wajib

 Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

  1. Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah  pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.

References

Daftar Pustaka

  1. Wajib

 Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

  1. Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan;  Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan;  Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.

 

 

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

  1. Kajian Teori dan Konsep Dasar manajemen SDM dan MSDM Pendidikan
  2. Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM  Pendidikan
  3. Rekrutmen SDM Pendidikan
  4. Seleksi SDM Pendidikan
  5. Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan
  6. Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan
  7. Penilaian Kinerja SDM Pendidikan
  8. Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan
  9. Kompensasi dan Reward di lingkungan pendidikan
  10. Kepuasan Kerja SDM Pendidikan
  11. Masalah Legal dan Etik di lingkungan Pendidikan
  12. Audit manajemen SDM Pendidikan

References

  1. Dessler, G. 2017. Human Resource Management. In Fortune (15th ed.). Florida: Pearson Education Limited
  2. Everard, K.B. dkk. 2004.  Effective School Management (4th ed.). London: Paul Chapman Publishing.                                 
  3. Flippo,E.B. 1984. Personnel Management (6th ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.                                                                         
  4. Harris, B.M. dkk. 1979. Personnel Administration in Education. Boston, Massachucetts: Allyn and Bacon.
  5. Iskandar, Soetyono. Charles dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Technopreneurship. :Pendidikan Deepublish
  6. Jones, J.J. & Walters, D.L. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.
  7. Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  8. Manktelow, J. 2014. Personal Development Plan. US: Mind Tools.
  9. Mondy, R. W., & Morocchio, J. J. 2016. Human Resource Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  10. Mukminin, Amirul dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  11. Nadeak, Bernadetha .Bahan Ajar : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0 Cet.1 Jakarta: UKI Press, 2019                                           
  12. Rebore, R.W. 2012. The Essentials of Human Resource Administration in Education. Upper saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.
  13. Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal SDM Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
  14. Sutadji. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.             
  15. Seyfarth, J.T. 2002. Human Resources Management for Effective Schools. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Segoro, Warseso, 2018. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendidikan Deepublish.
  17. Sunyoto, D. 2012. Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
  18. Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  19. Ulfatin, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Mansusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...