Courser in English | Educational Supervision |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 34 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
atakuliah ini berisi kajian tentang bantuan profesional yang diberikan oleh supervisor kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesionalisme dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Supervisi pendidikan dikaji secara komprehensif mencakup perkembangan supervisi, baik secara teoritik maupun praktik dengan merujuk pada referensi, peraturan dan perundangundangan serta hasil penelitian yang relevan. Perkembangan teknologi dan informasi dijadikan sebagai salah satu unsur yang digunakan untuk mengidentifikasi sekaligus menemukan alternatif pemecahan masalah supervisi secara integratif.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1
Memanfaatkan sumber belajar dan teknologi informasi dalam mengaplikasikan bidang keahlian analisa dan
penyelesaian masalah yang berbasis pada konsep sistem informasi, kewirausahaan dan substansi manajemen
CPMK - 2
Menguasai teori/konsep Supervisi Pendidikan secara mendalam dan mampu mengaplikasikannya sesuai kebutuhan
dalam bidang pendidikan.
CPMK - 3
Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan pengorganisasian, analisis dan pengolahan data, serta mampu
memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
CPMK - 4
Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dengan menerapkan
kajian bidang Supervisi Pendidikan yang relevan
1. Bafadal, I. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis
Sekolah . Jakarta: Bumi Aksara
2. Bernard, Jenine M. and Rodney K. Good Year. 1992. Fundamentals of Clinical Supervision . Boston: Allyn and Bacon.
3. Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional .
Malang: FIP Universitas Negeri Malang
4. Glickman, C.D. 1981. Developmental Supervision: Alternative for Helping Teachers Improve Instructions . Virginia, Alexandria:
ASCD.
5. Imron, A. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.
6. Marks, Sivo James R. 1985. Handbook of Educational Supervision: a Guide for Practitioner . Boston: Allyn Bacon, Inc.
7. Neagley, Rose L. and Evan, N. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction . Englewood Eliffs: Prentice Hall, Inc.
8. Olivia, Peter F. 1984. Supervision for Todays School . New York: Longman.
9. Prasojo, D.L dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
10.Sagala, S. 2012. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
11.Sahertian, A. P. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia .
Jakarta: Rineka Cipta
12.Sergiovanni, T. and Starrat, R.J. 1983. Supervisions: Human Perspective . New York: Mc. Graw Hill Book Company.
13.Suhardan, D. 2014. Supervisi Profesional: Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajarandi Era Otonomi Daerah.
14.Tim Pengembang Bahan Ajar LPPKS. 2017. Supervisi Akademik dan Penilaian Kinerja Guru. Solo: LPPKS Indonesia.
15.Wiles, Kimball. 1987. Supervision for Better School . New York: Prentice Hall, Inc.
16.Artikel-artikel relevan yang dipublikasikan oleh jurnal internasional terindeks dan jurnal nasional terakreditasi.
Details ...
atakuliah ini berisi kajian tentang bantuan profesional yang diberikan oleh supervisor kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesionalisme dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Supervisi pendidikan dikaji secara komprehensif mencakup perkembangan supervisi, baik secara teoritik maupun praktik dengan merujuk pada referensi, peraturan dan perundangundangan serta hasil penelitian yang relevan. Perkembangan teknologi dan informasi dijadikan sebagai salah satu unsur yang digunakan untuk mengidentifikasi sekaligus menemukan alternatif pemecahan masalah supervisi secara integratif.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1
Memanfaatkan sumber belajar dan teknologi informasi dalam mengaplikasikan bidang keahlian analisa dan
penyelesaian masalah yang berbasis pada konsep sistem informasi, kewirausahaan dan substansi manajemen
CPMK - 2
Menguasai teori/konsep Supervisi Pendidikan secara mendalam dan mampu mengaplikasikannya sesuai kebutuhan
dalam bidang pendidikan.
CPMK - 3
Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan pengorganisasian, analisis dan pengolahan data, serta mampu
memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
CPMK - 4
Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dengan menerapkan
kajian bidang Supervisi Pendidikan yang relevan
1. Bafadal, I. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis
Sekolah . Jakarta: Bumi Aksara
2. Bernard, Jenine M. and Rodney K. Good Year. 1992. Fundamentals of Clinical Supervision . Boston: Allyn and Bacon.
3. Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional .
Malang: FIP Universitas Negeri Malang
4. Glickman, C.D. 1981. Developmental Supervision: Alternative for Helping Teachers Improve Instructions . Virginia, Alexandria:
ASCD.
5. Imron, A. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.
6. Marks, Sivo James R. 1985. Handbook of Educational Supervision: a Guide for Practitioner . Boston: Allyn Bacon, Inc.
7. Neagley, Rose L. and Evan, N. 1980. Handbook for Effective Supervision of Instruction . Englewood Eliffs: Prentice Hall, Inc.
8. Olivia, Peter F. 1984. Supervision for Todays School . New York: Longman.
9. Prasojo, D.L dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
10.Sagala, S. 2012. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
11.Sahertian, A. P. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia .
Jakarta: Rineka Cipta
12.Sergiovanni, T. and Starrat, R.J. 1983. Supervisions: Human Perspective . New York: Mc. Graw Hill Book Company.
13.Suhardan, D. 2014. Supervisi Profesional: Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajarandi Era Otonomi Daerah.
14.Tim Pengembang Bahan Ajar LPPKS. 2017. Supervisi Akademik dan Penilaian Kinerja Guru. Solo: LPPKS Indonesia.
15.Wiles, Kimball. 1987. Supervision for Better School . New York: Prentice Hall, Inc.
16.Artikel-artikel relevan yang dipublikasikan oleh jurnal internasional terindeks dan jurnal nasional terakreditasi.
Details ...
Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
|
CPMK4 |
Merancang model Supervisi pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
Referensi: |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc. Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
|
Details ...
Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
|
CPMK4 |
Merancang model Supervisi pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
Referensi: |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc. Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
|
Details ...
Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
|
CPMK4 |
Merancang model Supervisi pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
Referensi: |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc. Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
|
Details ...
Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
|
CPMK4 |
Merancang model Supervisi pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
Referensi: |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc. Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
|
Details ...
Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
|
CPMK4 |
Merancang model Supervisi pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
Referensi: |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc. Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
|
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksanaan supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindaklanjut, mentoring dan evaluasi supervisi, sumber data/informasi, faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, problematika dan solusi dalam supervisi, supervisi klinis, supervisi manajerial.
Learning OutcomesMampu menjelaskan konsep dasar supervise pendidikan dan menerapkan dalam praktek supervisi
ReferencesAbdullah, Ghufron & Ysh, Soegeng. 2020. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksanaan supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindaklanjut, mentoring dan evaluasi supervisi, sumber data/informasi, faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, problematika dan solusi dalam supervisi, supervisi klinis, supervisi manajerial.
Learning OutcomesMampu menjelaskan konsep dasar supervise pendidikan dan menerapkan dalam praktek supervisi
ReferencesAbdullah, Ghufron & Ysh, Soegeng. 2020. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksanaan supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindaklanjut, mentoring dan evaluasi supervisi, sumber data/informasi, faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, problematika dan solusi dalam supervisi, supervisi klinis, supervisi manajerial.
Learning OutcomesMampu menjelaskan konsep dasar supervise pendidikan dan menerapkan dalam praktek supervisi
ReferencesAbdullah, Ghufron & Ysh, Soegeng. 2020. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.
Daftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.
Daftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...