Courser in English | Educational Supervision |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 32 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
|
CPMK4 |
Merancang model Supervisi pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
Referensi: |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc. Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
|
Details ...
Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
|
CPMK4 |
Merancang model Supervisi pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
Referensi: |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc. Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
|
Details ...
Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
|
CPMK4 |
Merancang model Supervisi pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
Referensi: |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc. Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
|
Details ...
Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
|
CPMK4 |
Merancang model Supervisi pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
Referensi: |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc. Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
|
Details ...
Mata kuliah Supervisi Pendidikan mengkaji mekanisme penyelenggaraan supervisi pada lingkup pendidikan bagi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik Supervisi Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Supervisi Pendidikan, yaitu: konsep dasar Supervisi Pendidikan, Jenis Supervisi Pendidikan, Analisis tentang permasalahan dalam PBM, Perencanaan Supervisi Pendidikan, Mekanisme pelaksanaan Supervisi Akademik dan Supervisi Klinis, maupun supervisi manajerial. Pelibatan komponen SDM dalam Supervisi Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier Pendidikdan tenaga kependidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Keterlibatan Pengawas Pendidikan dalam Supervisi Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen Supervisi Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung strategi pelaksanaan Supervisi Pendidikan yang efektif, meliputi: strategi motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola kegagalan studi peserta didik, dan masalah-masalah dalam penerapan Supervisi Pendidikan.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada Supervisi pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
|
CPMK4 |
Merancang model Supervisi pendidikan, perencanaan dan pengembangan kualitas pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
Referensi: |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara. Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc. Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc. Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
|
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksanaan supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindaklanjut, mentoring dan evaluasi supervisi, sumber data/informasi, faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, problematika dan solusi dalam supervisi, supervisi klinis, supervisi manajerial.
Learning OutcomesMampu menjelaskan konsep dasar supervise pendidikan dan menerapkan dalam praktek supervisi
ReferencesAbdullah, Ghufron & Ysh, Soegeng. 2020. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksanaan supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindaklanjut, mentoring dan evaluasi supervisi, sumber data/informasi, faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, problematika dan solusi dalam supervisi, supervisi klinis, supervisi manajerial.
Learning OutcomesMampu menjelaskan konsep dasar supervise pendidikan dan menerapkan dalam praktek supervisi
ReferencesAbdullah, Ghufron & Ysh, Soegeng. 2020. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah landasan pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksanaan supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindaklanjut, mentoring dan evaluasi supervisi, sumber data/informasi, faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, problematika dan solusi dalam supervisi, supervisi klinis, supervisi manajerial.
Learning OutcomesMampu menjelaskan konsep dasar supervise pendidikan dan menerapkan dalam praktek supervisi
ReferencesAbdullah, Ghufron & Ysh, Soegeng. 2020. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc.
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools, (2nd Ed) New York:Longman Inc
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.
Daftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.
Daftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pengajaran, meliputi prinsip, sifat, fungsi, dan peranan supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifvan pelaksanaan program supervisi pengajaran juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendala untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pengajaran.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis supervisi pendidikan berdasar teori/ konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/ mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahliannya yaitu supervisi pendidikan secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan khususnya bidang supervisi pendidkan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan khususnya di bidang supervisi pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen, supervisi pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan nasional pendidikan secara sistematis.
Daftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...
Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan; Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.
|
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
|
|
Details ...