Supervisi Pendidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishEducational Supervision
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS32 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan;  Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan;  Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.

 

 

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

  1. Kajian Teori dan Konsep Dasar manajemen SDM dan MSDM Pendidikan
  2. Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM  Pendidikan
  3. Rekrutmen SDM Pendidikan
  4. Seleksi SDM Pendidikan
  5. Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan
  6. Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan
  7. Penilaian Kinerja SDM Pendidikan
  8. Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan
  9. Kompensasi dan Reward di lingkungan pendidikan
  10. Kepuasan Kerja SDM Pendidikan
  11. Masalah Legal dan Etik di lingkungan Pendidikan
  12. Audit manajemen SDM Pendidikan

References

  1. Dessler, G. 2017. Human Resource Management. In Fortune (15th ed.). Florida: Pearson Education Limited
  2. Everard, K.B. dkk. 2004.  Effective School Management (4th ed.). London: Paul Chapman Publishing.                                 
  3. Flippo,E.B. 1984. Personnel Management (6th ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.                                                                         
  4. Harris, B.M. dkk. 1979. Personnel Administration in Education. Boston, Massachucetts: Allyn and Bacon.
  5. Iskandar, Soetyono. Charles dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Technopreneurship. :Pendidikan Deepublish
  6. Jones, J.J. & Walters, D.L. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.
  7. Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  8. Manktelow, J. 2014. Personal Development Plan. US: Mind Tools.
  9. Mondy, R. W., & Morocchio, J. J. 2016. Human Resource Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  10. Mukminin, Amirul dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  11. Nadeak, Bernadetha .Bahan Ajar : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0 Cet.1 Jakarta: UKI Press, 2019                                           
  12. Rebore, R.W. 2012. The Essentials of Human Resource Administration in Education. Upper saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.
  13. Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal SDM Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
  14. Sutadji. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.             
  15. Seyfarth, J.T. 2002. Human Resources Management for Effective Schools. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Segoro, Warseso, 2018. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendidikan Deepublish.
  17. Sunyoto, D. 2012. Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
  18. Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  19. Ulfatin, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Mansusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan;  Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan;  Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.

 

 

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

  1. Kajian Teori dan Konsep Dasar manajemen SDM dan MSDM Pendidikan
  2. Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM  Pendidikan
  3. Rekrutmen SDM Pendidikan
  4. Seleksi SDM Pendidikan
  5. Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan
  6. Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan
  7. Penilaian Kinerja SDM Pendidikan
  8. Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan
  9. Kompensasi dan Reward di lingkungan pendidikan
  10. Kepuasan Kerja SDM Pendidikan
  11. Masalah Legal dan Etik di lingkungan Pendidikan
  12. Audit manajemen SDM Pendidikan

References

  1. Dessler, G. 2017. Human Resource Management. In Fortune (15th ed.). Florida: Pearson Education Limited
  2. Everard, K.B. dkk. 2004.  Effective School Management (4th ed.). London: Paul Chapman Publishing.                                 
  3. Flippo,E.B. 1984. Personnel Management (6th ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.                                                                         
  4. Harris, B.M. dkk. 1979. Personnel Administration in Education. Boston, Massachucetts: Allyn and Bacon.
  5. Iskandar, Soetyono. Charles dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Technopreneurship. :Pendidikan Deepublish
  6. Jones, J.J. & Walters, D.L. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.
  7. Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  8. Manktelow, J. 2014. Personal Development Plan. US: Mind Tools.
  9. Mondy, R. W., & Morocchio, J. J. 2016. Human Resource Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  10. Mukminin, Amirul dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  11. Nadeak, Bernadetha .Bahan Ajar : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0 Cet.1 Jakarta: UKI Press, 2019                                           
  12. Rebore, R.W. 2012. The Essentials of Human Resource Administration in Education. Upper saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.
  13. Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal SDM Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
  14. Sutadji. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.             
  15. Seyfarth, J.T. 2002. Human Resources Management for Effective Schools. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Segoro, Warseso, 2018. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendidikan Deepublish.
  17. Sunyoto, D. 2012. Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
  18. Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  19. Ulfatin, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Mansusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan;  Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan;  Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.

 

 

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

  1. Kajian Teori dan Konsep Dasar manajemen SDM dan MSDM Pendidikan
  2. Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM  Pendidikan
  3. Rekrutmen SDM Pendidikan
  4. Seleksi SDM Pendidikan
  5. Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan
  6. Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan
  7. Penilaian Kinerja SDM Pendidikan
  8. Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan
  9. Kompensasi dan Reward di lingkungan pendidikan
  10. Kepuasan Kerja SDM Pendidikan
  11. Masalah Legal dan Etik di lingkungan Pendidikan
  12. Audit manajemen SDM Pendidikan

References

  1. Dessler, G. 2017. Human Resource Management. In Fortune (15th ed.). Florida: Pearson Education Limited
  2. Everard, K.B. dkk. 2004.  Effective School Management (4th ed.). London: Paul Chapman Publishing.                                 
  3. Flippo,E.B. 1984. Personnel Management (6th ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.                                                                         
  4. Harris, B.M. dkk. 1979. Personnel Administration in Education. Boston, Massachucetts: Allyn and Bacon.
  5. Iskandar, Soetyono. Charles dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Technopreneurship. :Pendidikan Deepublish
  6. Jones, J.J. & Walters, D.L. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.
  7. Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  8. Manktelow, J. 2014. Personal Development Plan. US: Mind Tools.
  9. Mondy, R. W., & Morocchio, J. J. 2016. Human Resource Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  10. Mukminin, Amirul dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  11. Nadeak, Bernadetha .Bahan Ajar : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0 Cet.1 Jakarta: UKI Press, 2019                                           
  12. Rebore, R.W. 2012. The Essentials of Human Resource Administration in Education. Upper saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.
  13. Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal SDM Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
  14. Sutadji. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.             
  15. Seyfarth, J.T. 2002. Human Resources Management for Effective Schools. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Segoro, Warseso, 2018. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendidikan Deepublish.
  17. Sunyoto, D. 2012. Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
  18. Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  19. Ulfatin, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Mansusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan;  Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan;  Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan.  Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.

 

 

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika..

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; .

  1. Kajian Teori dan Konsep Dasar manajemen SDM dan MSDM Pendidikan
  2. Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM  Pendidikan
  3. Rekrutmen SDM Pendidikan
  4. Seleksi SDM Pendidikan
  5. Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan
  6. Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan
  7. Penilaian Kinerja SDM Pendidikan
  8. Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan
  9. Kompensasi dan Reward di lingkungan pendidikan
  10. Kepuasan Kerja SDM Pendidikan
  11. Masalah Legal dan Etik di lingkungan Pendidikan
  12. Audit manajemen SDM Pendidikan

References

  1. Dessler, G. 2017. Human Resource Management. In Fortune (15th ed.). Florida: Pearson Education Limited
  2. Everard, K.B. dkk. 2004.  Effective School Management (4th ed.). London: Paul Chapman Publishing.                                 
  3. Flippo,E.B. 1984. Personnel Management (6th ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.                                                                         
  4. Harris, B.M. dkk. 1979. Personnel Administration in Education. Boston, Massachucetts: Allyn and Bacon.
  5. Iskandar, Soetyono. Charles dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Technopreneurship. :Pendidikan Deepublish
  6. Jones, J.J. & Walters, D.L. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: Q-Media.
  7. Larasati, S. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  8. Manktelow, J. 2014. Personal Development Plan. US: Mind Tools.
  9. Mondy, R. W., & Morocchio, J. J. 2016. Human Resource Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.
  10. Mukminin, Amirul dkk. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  11. Nadeak, Bernadetha .Bahan Ajar : Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0 Cet.1 Jakarta: UKI Press, 2019                                           
  12. Rebore, R.W. 2012. The Essentials of Human Resource Administration in Education. Upper saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc.
  13. Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal SDM Berkarakter Unggul melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.
  14. Sutadji. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.             
  15. Seyfarth, J.T. 2002. Human Resources Management for Effective Schools. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Segoro, Warseso, 2018. Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendidikan Deepublish.
  17. Sunyoto, D. 2012. Teori Kuesioner Dan Analisa Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
  18. Thamrin. 2019. Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  19. Ulfatin, N. (2016). Manajemen Sumber Daya Mansusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen  supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.

Learning Outcomes

CPMK1

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8)

CPMK3

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4).

References

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta,  Bumi Akasara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen  supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.

Learning Outcomes

CPMK1

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8)

CPMK3

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4).

References

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta,  Bumi Akasara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen  supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.

Learning Outcomes

CPMK1

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8)

CPMK3

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4).

References

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta,  Bumi Akasara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen  supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.

Learning Outcomes

CPMK1

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8)

CPMK3

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4).

References

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta,  Bumi Akasara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen  supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.

Learning Outcomes

CPMK1

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8)

CPMK3

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4).

References

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta,  Bumi Akasara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen  supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.

Learning Outcomes

CPMK1

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8)

CPMK3

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4).

References

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta,  Bumi Akasara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen  supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.

Learning Outcomes

CPMK1

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3)

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8)

CPMK3

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4).

References

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta,  Bumi Akasara


Details ...
Course Descriptions

(1)

Pert Ke

(2)

CAKUPAN (ISI) BAHAN KAJIAN

(3)

BENTUK PEMBELAJARAN

(4)

INDIKATOR

Penilaian

(5)

BOBOT

1

  1. Latar belakang dan konsep supervisi: Latar belakang, pengertian, prinsip, sifat, dan jenis supervisi. 

Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok 1, tentang topik ke-2

Perhatian, pemahaman, partisipasi

10%

2

2. Pendekatan dan model supervisi akademik: pendekatan, model, kelemahan dan kekuatan masing-masing

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-2 topik ke-3

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

3

  1. Pelaksana supervisi akademik: sumber otoritas, pelaksana operasional, kompetensi supervisor, persyaratan pengawas, peran, tugas pokok, fungsi, wewenang dan hak pengawas.

Presentasi kel 1

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-3 topik ke-4

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

5%

4

4.  Teknik dan prosedur  supervisi akademik: macam-macam teknik supervisi, langkah/ tahapan pelaksanaan supervisi,

Presentasi kel 2

 diskusi, tanya jawab,penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-4 topik ke-5

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

5

5.  Perencanaan supervisi akademik: pengertian, fungsi, prinsip, sasaran, ruang lingkup, langkah-langkah, kategori, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut.

Presentasi kel 3

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-5, topik ke-6

 

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

5%

6

6. Instrumen  supervisi akademik:  format supervisi perencanaan PBM, format supervisi pelaksanaan PBM, format supervise evaluasi PBM, format supervisi tindak lanjut.

Presentasi kel 4

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-6 topik ke-7,

Kebenaran konsep, penggunaan rujukan, kemampuan analisis, ketepatan penggunaan bahasa

 

7

UTS

 

 

 

8

7.  Faktor penunjang supervisi akademik: bimbingan penyusunan RPP, bimbingan pembelajaran, bimbingan evaluasi dan tindak lanjut, bimbingan pengelolaan kelas

Presentasi kel 5

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-7 topik ke-8

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

9

8.  Evaluasi, tindak lanjut dan kendala Supervisi Akademik: a. faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, rencana tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut, pengendalian pelaksanaan tindak lanjut; b. sumber kendala: SDM, pendekatan, teknik prosedur.

Presentasi kel 6

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-8 topik ke-9

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

10

9.  Pengembangan faktor penunjang supervisi akademik: RPP, PBM, Evaluasi, Tindak lanjut

Presentasi kel 7

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel 9 topik ke-10

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

11

 

 

 

 

 

10.Kendala Supervisi Akademik:

a. Sumber kendala

b. Upaya mengatasi kendala

 

 

Presentasi kel 8

diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke 10 topik ke-11

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

 

10%

 

 

 

 

 

12

11.Supervisi klinis: konsep,  langkah-langkah, evaluasi dan tindak lanjut

 

Presentasi kel 9

presentasi tugas,diskusi, penguatan dan pengayaan,penyusunan summary, pemberian tugas kel ke-11   topic ke- 12

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

13

12. Supervisi manajerial dan kendalanya:

a. ruang lingkup, pendekatan, prinsip, langkah, metode dan teknik;

b. kendala supervisi manajerial: SDM, pendekatan, teknik, prosedur

Presentasi kel 10

presentasi tugas kelompok, diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual

 

Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary

10%

14

UAS

 

 

 

Learning Outcomes

-

References

Daftar Pustaka

  1. Wajib

 Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY

Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc

 Suharsimi.  2006. Dasar-dasar  Supervisi  Jakarta: Bumi Aksara.

Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah

  1. Anjuran

Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc  

Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.

Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media


Details ...