Courser in English | Educational Supervision |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 32 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan; Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.
|
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
|
|
Details ...
Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan; Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.
|
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
|
|
Details ...
Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan; Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.
|
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
|
|
Details ...
Mata kuliah MSDM Pendidikan mengkaji manajemen sumber daya manusia (SDM) pada lingkup pendidikan yang mencakup tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Topik manajemen SDM Pendidikan terutama meliputi tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, yaitu: konsep dasar manajemen SDM Pendidikan, Analisis Kebutuhan dan Perencanaan SDM Pendidikan, Rekrutmen dan Seleksi SDM Pendidikan, Penempatan/penugasan dan induksi SDM Pendidikan; Pengembangan Profesionalisme dan Pengembangan Karier SDM Pendidikan, Penilaian Kinerja SDM Pendidikan; Promosi, Mutasi, reduksi dan terminasi SDM Pendidikan; Kompensasi SDM Pendidikan; Kepuasan Kerja SDM Pendidikan; masalah Legal dan Etik SDM Pendidikan; serta Audit manajemen SDM Pendidikan. Tahapan-tahapan tersebut perlu ditempuh untuk meningkatkan kualitas SDM Pendidikan. Selain tahapan-tahapan dalam manajemen SDM Pendidikan, mata kuliah ini juga mengkaji topik-topik pendukung kinerja SDM Pendidikan yang efektif, meliputi: motivasi kerja, kompensasi dan reward, membangun lingkungan kerja yang produktif, mengelola konflik di sekolah, dan masalah-masalah dalam manajemen SDM Pendidikan.
|
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah MSDM Pendidikan, mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.. |
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan |
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; . |
|
|
Details ...
Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8) |
CPMK3 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4). |
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta, Bumi Akasara
Details ...
Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8) |
CPMK3 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4). |
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta, Bumi Akasara
Details ...
Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8) |
CPMK3 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4). |
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta, Bumi Akasara
Details ...
Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8) |
CPMK3 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4). |
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta, Bumi Akasara
Details ...
Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8) |
CPMK3 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4). |
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta, Bumi Akasara
Details ...
Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8) |
CPMK3 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4). |
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta, Bumi Akasara
Details ...
Mata kuliah supervisi pendidikan merupakan mata kuliah wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar dan perkembangan supervisi pendidikan, pendekatan dan model supervisi, pelaksana supervisi, posisi dan peran kepala sekolah dlm supervisi, prosedur dan teknik supervisi, perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, monev dan tindaklanjut supervisi, penilaian kinerja supervisi, unsur, data/informasi dan sumbernya serta instrumen supervisi, supervisi klinis, dan supervisi manajerial.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU4, P3) |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P4, S8) |
CPMK3 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin (KU8, KK4). |
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instructioon (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Mulyasa,2021.Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar, Jakarta, Bumi Akasara
Details ...
(1) Pert Ke |
(2) CAKUPAN (ISI) BAHAN KAJIAN |
(3) BENTUK PEMBELAJARAN |
(4) INDIKATOR Penilaian |
(5) BOBOT |
1 |
|
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas kelompok 1, tentang topik ke-2 |
Perhatian, pemahaman, partisipasi |
10% |
2 |
2. Pendekatan dan model supervisi akademik: pendekatan, model, kelemahan dan kekuatan masing-masing |
diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-2 topik ke-3 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
3 |
|
Presentasi kel 1 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-3 topik ke-4 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
5% |
4 |
4. Teknik dan prosedur supervisi akademik: macam-macam teknik supervisi, langkah/ tahapan pelaksanaan supervisi, |
Presentasi kel 2 diskusi, tanya jawab,penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-4 topik ke-5 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
5 |
5. Perencanaan supervisi akademik: pengertian, fungsi, prinsip, sasaran, ruang lingkup, langkah-langkah, kategori, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. |
Presentasi kel 3 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-5, topik ke-6
|
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
5% |
6 |
6. Instrumen supervisi akademik: format supervisi perencanaan PBM, format supervisi pelaksanaan PBM, format supervise evaluasi PBM, format supervisi tindak lanjut. |
Presentasi kel 4 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kelompok ke-6 topik ke-7, |
Kebenaran konsep, penggunaan rujukan, kemampuan analisis, ketepatan penggunaan bahasa |
|
7 |
UTS |
|
|
|
8 |
7. Faktor penunjang supervisi akademik: bimbingan penyusunan RPP, bimbingan pembelajaran, bimbingan evaluasi dan tindak lanjut, bimbingan pengelolaan kelas |
Presentasi kel 5 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-7 topik ke-8 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
9 |
8. Evaluasi, tindak lanjut dan kendala Supervisi Akademik: a. faktor yang mempengaruhi efektivitas supervisi, rencana tindak lanjut, pelaksanaan tindak lanjut, pengendalian pelaksanaan tindak lanjut; b. sumber kendala: SDM, pendekatan, teknik prosedur. |
Presentasi kel 6 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke-8 topik ke-9 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
10 |
9. Pengembangan faktor penunjang supervisi akademik: RPP, PBM, Evaluasi, Tindak lanjut |
Presentasi kel 7 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel 9 topik ke-10 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
11
|
10.Kendala Supervisi Akademik: a. Sumber kendala b. Upaya mengatasi kendala
|
Presentasi kel 8 diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual, pemberian tugas kel ke 10 topik ke-11 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10%
|
12 |
11.Supervisi klinis: konsep, langkah-langkah, evaluasi dan tindak lanjut
|
Presentasi kel 9 presentasi tugas,diskusi, penguatan dan pengayaan,penyusunan summary, pemberian tugas kel ke-11 topic ke- 12 |
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
13 |
12. Supervisi manajerial dan kendalanya: a. ruang lingkup, pendekatan, prinsip, langkah, metode dan teknik; b. kendala supervisi manajerial: SDM, pendekatan, teknik, prosedur |
Presentasi kel 10 presentasi tugas kelompok, diskusi, penguatan dan pengayaan, penyusunan summary individual
|
Kemampuan presentasi, partisipasi, ketepatan analisis, ketepatan summary |
10% |
14 |
UAS |
|
|
|
-
ReferencesDaftar Pustaka
- Wajib
Whitaker, Todd (2003) : What great Principals do Diferently , fifteen things that matter most, Eye on education, Lachmaont NY
Oliva, Peter F. 1984. Supervision for Today’s Schools,(2nd Ed) New York:Longman Inc
Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi Jakarta: Bumi Aksara.
Glickman, Carl D., Gordon, Stephen P., Roos.Gordon, Yovita M. Supervision and Instructional Leadership ,2007 7th.ed. New York Pearson Education Inc
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010. Supervisi Akademik, Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah
- Anjuran
Neagley, R.L. & Evans, N.D. 1980. Handbook for effective Supervision of Instruction (3nd ed). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,Inc
Sergiovani, T.J. & Starratt, R.J. 1993. Supervision: A Redifination. New York: McGraw-Hill, Inc.
Prasojo,Lantip Diat; Sudiyono.2011; Supervisi Pendidikan;Yogyakarta: Gava Media
Details ...