Courser in English | NATIONAL EDUCATION MANAGEMENT |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 53 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model manajemen system pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan.
Materi Pembelajaran:
• Konsep, konteks, struktur, dan manajemen sistem pendidikan nasional (Pendidikan dasar, menengah, dan tinggi);
• Kepemimpinan Pendidikan;
• Pendidikan berbasis masyarakat.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1).
CPMK 2 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian (P2, KU2)
CPMK 3 :
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2).
References1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
9. ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
18. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/12137
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model manajemen system pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan.
Materi Pembelajaran:
• Konsep, konteks, struktur, dan manajemen sistem pendidikan nasional (Pendidikan dasar, menengah, dan tinggi);
• Kepemimpinan Pendidikan;
• Pendidikan berbasis masyarakat.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1).
CPMK 2 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian (P2, KU2)
CPMK 3 :
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2).
References1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
9. ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
18. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/12137
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model manajemen system pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan.
Materi Pembelajaran:
• Konsep, konteks, struktur, dan manajemen sistem pendidikan nasional (Pendidikan dasar, menengah, dan tinggi);
• Kepemimpinan Pendidikan;
• Pendidikan berbasis masyarakat.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1).
CPMK 2 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian (P2, KU2)
CPMK 3 :
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2).
References1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
9. ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
18. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/12137
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model manajemen system pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan.
Materi Pembelajaran:
• Konsep, konteks, struktur, dan manajemen sistem pendidikan nasional (Pendidikan dasar, menengah, dan tinggi);
• Kepemimpinan Pendidikan;
• Pendidikan berbasis masyarakat.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1).
CPMK 2 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian (P2, KU2)
CPMK 3 :
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2).
References1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
9. ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
18. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/12137
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional: (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10)Pengembangan Kultur Sekolah; (11)Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional
Learning Outcomes
CPMK1:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (P1; S4)
CPMK2:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2; KU2)
CPMK3:
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7; KK2)
References- Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
- Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
- Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
- Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
- Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
- Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
- Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
- ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
- Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
- ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
- Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
- …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
- Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
- Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
- Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
- Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional: (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10)Pengembangan Kultur Sekolah; (11)Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional
Learning Outcomes
CPMK1:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (P1; S4)
CPMK2:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2; KU2)
CPMK3:
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7; KK2)
References- Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
- Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
- Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
- Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
- Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
- Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
- Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
- ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
- Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
- ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
- Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
- …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
- Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
- Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
- Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
- Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional: (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10)Pengembangan Kultur Sekolah; (11)Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional
Learning Outcomes
CPMK1:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (P1; S4)
CPMK2:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2; KU2)
CPMK3:
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7; KK2)
References- Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
- Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
- Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
- Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
- Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
- Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
- Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
- ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
- Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
- ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
- Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
- …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
- Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
- Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
- Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
- Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional: (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10)Pengembangan Kultur Sekolah; (11)Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional
Learning Outcomes
CPMK1:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (P1; S4)
CPMK2:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2; KU2)
CPMK3:
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7; KK2)
References- Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
- Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
- Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
- Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
- Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
- Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
- Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
- ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
- Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
- ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
- Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
- …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
- Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
- Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
- Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
- Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional: (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10)Pengembangan Kultur Sekolah; (11)Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional
Learning Outcomes
CPMK1:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (P1; S4)
CPMK2:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2; KU2)
CPMK3:
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7; KK2)
References- Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
- Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
- Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
- Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
- Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
- Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
- Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
- ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
- Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
- ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
- Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
- …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
- Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
- Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
- Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
- Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
Details ...
Mata kuliah Manajemen pendidikan Nasional membahasKonsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Fungsi dan Unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Diskripsi Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; Analisis Posisi dan Peran Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasioanal; Diskripsi Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; Menganalisis Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Menganalisis Pengembangan kulur sekolah; Penguatan Hubungan antara Keluarga, Sekolah & Masyarakat; Srategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu:
CPMK1:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (S4 dan P1)
CPMK2:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2 dan KU2)
CPMK3:
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7 dan KK2)
References- Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
- Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
- Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
- Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
- Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
- Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
- Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
- ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
- Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
- ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
- Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
- …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
- Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
- Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
- Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
- Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
Details ...
Mata kuliah Manajemen pendidikan Nasional membahasKonsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Fungsi dan Unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Diskripsi Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; Analisis Posisi dan Peran Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasioanal; Diskripsi Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; Menganalisis Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Menganalisis Pengembangan kulur sekolah; Penguatan Hubungan antara Keluarga, Sekolah & Masyarakat; Srategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu:
CPMK1:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (S4 dan P1)
CPMK2:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2 dan KU2)
CPMK3:
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7 dan KK2)
References- Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
- Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
- Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
- Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
- Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
- Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
- Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
- ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
- Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
- ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
- Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
- …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
- Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
- Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
- Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
- Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
Details ...
Mata kuliah Manajemen pendidikan Nasional membahasKonsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Fungsi dan Unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Diskripsi Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; Analisis Posisi dan Peran Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasioanal; Diskripsi Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; Menganalisis Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Menganalisis Pengembangan kulur sekolah; Penguatan Hubungan antara Keluarga, Sekolah & Masyarakat; Srategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu:
CPMK1:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (S4 dan P1)
CPMK2:
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2 dan KU2)
CPMK3:
Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7 dan KK2)
References- Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
- Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
- Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
- Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
- Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
- Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
- Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
- ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
- Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
- ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
- Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
- …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
- Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
- Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers
- Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
- Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group
Details ...