Manajemen Pendidikan Nasional, Curriculum : 2016


Courser in EnglishNATIONAL EDUCATION MANAGEMENT
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS53 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model manajemen system pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan.

Materi Pembelajaran:

• Konsep, konteks, struktur, dan manajemen sistem pendidikan nasional (Pendidikan dasar, menengah, dan tinggi);

• Kepemimpinan Pendidikan;

• Pendidikan berbasis masyarakat.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPMK 1 :

Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1).

CPMK 2 :

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian (P2, KU2)

CPMK 3 :

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2).

References

1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing

2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas

3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai,               Sukoharjo, Univet Bantara Press

4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers

5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..

6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.

7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media

8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.

9. ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya

10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya

11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press

12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts

13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group

15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers

16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group

17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group

18. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/12137


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model manajemen system pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan.

Materi Pembelajaran:

• Konsep, konteks, struktur, dan manajemen sistem pendidikan nasional (Pendidikan dasar, menengah, dan tinggi);

• Kepemimpinan Pendidikan;

• Pendidikan berbasis masyarakat.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPMK 1 :

Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1).

CPMK 2 :

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian (P2, KU2)

CPMK 3 :

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2).

References

1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing

2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas

3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai,               Sukoharjo, Univet Bantara Press

4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers

5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..

6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.

7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media

8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.

9. ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya

10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya

11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press

12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts

13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group

15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers

16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group

17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group

18. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/12137


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model manajemen system pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan.

Materi Pembelajaran:

• Konsep, konteks, struktur, dan manajemen sistem pendidikan nasional (Pendidikan dasar, menengah, dan tinggi);

• Kepemimpinan Pendidikan;

• Pendidikan berbasis masyarakat.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPMK 1 :

Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1).

CPMK 2 :

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian (P2, KU2)

CPMK 3 :

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2).

References

1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing

2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas

3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai,               Sukoharjo, Univet Bantara Press

4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers

5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..

6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.

7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media

8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.

9. ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya

10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya

11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press

12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts

13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group

15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers

16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group

17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group

18. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/12137


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan memahami, menganalisis, menyimpulkan, menentukan model manajemen system pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan.

Materi Pembelajaran:

• Konsep, konteks, struktur, dan manajemen sistem pendidikan nasional (Pendidikan dasar, menengah, dan tinggi);

• Kepemimpinan Pendidikan;

• Pendidikan berbasis masyarakat.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:

CPMK 1 :

Memiliki etika moral, etika kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa (S1,S4, P1).

CPMK 2 :

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian (P2, KU2)

CPMK 3 :

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7, KK2).

References

1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing

2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas

3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai,               Sukoharjo, Univet Bantara Press

4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers

5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..

6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.

7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media

8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.

9. ----------- 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya

10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya

11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press

12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts

13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group

15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers

16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group

17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group

18. http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/12137


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional: (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam   Manajemen Sistem  Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10)Pengembangan Kultur Sekolah; (11)Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi  Menghadapi Perubahan dalam  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional

 

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (P1; S4)

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2; KU2)

CPMK3:

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7; KK2)

References

  1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
  2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
  3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
  4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges  Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
  5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
  6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
  7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
  8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
  9. -----------  2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
  10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
  11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
  12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
  13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
  15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers 
  16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
  17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional: (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam   Manajemen Sistem  Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10)Pengembangan Kultur Sekolah; (11)Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi  Menghadapi Perubahan dalam  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional

 

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (P1; S4)

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2; KU2)

CPMK3:

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7; KK2)

References

  1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
  2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
  3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
  4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges  Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
  5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
  6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
  7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
  8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
  9. -----------  2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
  10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
  11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
  12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
  13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
  15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers 
  16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
  17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional: (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam   Manajemen Sistem  Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10)Pengembangan Kultur Sekolah; (11)Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi  Menghadapi Perubahan dalam  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional

 

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (P1; S4)

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2; KU2)

CPMK3:

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7; KK2)

References

  1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
  2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
  3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
  4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges  Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
  5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
  6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
  7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
  8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
  9. -----------  2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
  10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
  11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
  12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
  13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
  15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers 
  16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
  17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional: (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam   Manajemen Sistem  Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10)Pengembangan Kultur Sekolah; (11)Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi  Menghadapi Perubahan dalam  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional

 

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (P1; S4)

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2; KU2)

CPMK3:

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7; KK2)

References

  1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
  2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
  3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
  4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges  Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
  5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
  6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
  7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
  8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
  9. -----------  2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
  10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
  11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
  12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
  13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
  15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers 
  16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
  17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional: (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam   Manajemen Sistem  Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10)Pengembangan Kultur Sekolah; (11)Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi  Menghadapi Perubahan dalam  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional

 

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (P1; S4)

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2; KU2)

CPMK3:

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7; KK2)

References

  1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
  2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
  3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
  4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges  Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
  5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
  6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
  7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
  8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
  9. -----------  2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
  10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
  11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
  12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
  13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
  15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers 
  16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
  17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen pendidikan Nasional membahasKonsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Fungsi dan Unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Diskripsi Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; Analisis Posisi dan Peran  Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasioanal; Diskripsi Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; Menganalisis Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Menganalisis Pengembangan kulur sekolah; Penguatan Hubungan antara  Keluarga, Sekolah & Masyarakat; Srategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu:

CPMK1: 

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (S4 dan P1)

CPMK2: 

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2 dan KU2)

CPMK3:

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7 dan KK2)

References

  1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
  2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
  3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
  4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges  Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
  5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
  6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
  7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
  8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
  9. -----------  2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
  10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
  11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
  12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
  13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
  15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers 
  16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
  17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen pendidikan Nasional membahasKonsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Fungsi dan Unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Diskripsi Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; Analisis Posisi dan Peran  Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasioanal; Diskripsi Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; Menganalisis Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Menganalisis Pengembangan kulur sekolah; Penguatan Hubungan antara  Keluarga, Sekolah & Masyarakat; Srategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu:

CPMK1: 

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (S4 dan P1)

CPMK2: 

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2 dan KU2)

CPMK3:

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7 dan KK2)

References

  1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
  2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
  3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
  4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges  Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
  5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
  6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
  7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
  8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
  9. -----------  2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
  10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
  11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
  12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
  13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
  15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers 
  16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
  17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen pendidikan Nasional membahasKonsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Fungsi dan Unsur Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Diskripsi Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; Analisis Posisi dan Peran  Sekolah dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasioanal; Diskripsi Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; Menganalisis Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; Menganalisis Pengembangan kulur sekolah; Penguatan Hubungan antara  Keluarga, Sekolah & Masyarakat; Srategi Menghadapi Perubahan dalam Manajemen Sistem Pendidikan Nasional.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan Nasional, mahasiswa mampu:

CPMK1: 

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional dengan rasa nasionalisme dan tanggung jawab kepada negara dan bangsa. (S4 dan P1)

CPMK2: 

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta melakukan validasi akademik berbasis kebutuhan yang relevan dengan keahlian. (P2 dan KU2)

CPMK3:

Mengelola pembelajaran manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi sesuai ketentuan dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (S7 dan KK2)

References

  1. Ali,Ekomaulana,2013. Kepemimpinan Integratif dalam Konteks Good Governance, Jakarta Multi cerdas publishing
  2. Azra, Azyumardi, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Jakarta; Kompas
  3. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd. Ekosusilo, Madyo. 2003. Sekolah Unggul Berbasis Nilai, Sukoharjo, Univet Bantara Press
  4. Gorton, R.A. & Schneider, G.T. 1991. School-Based Leadership: Challenges  Opportunities (3rd ed.) Dubuque: Wm.C.Brown Publishers
  5. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar..
  6. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
  7. Mulyono, 2008.Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta ,Ar –Ruzz Media
  8. Sagala, S. 2016. Memahami Organisasi Pendidikan. Jakarta: Prenatamedia Group.
  9. -----------  2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung Rosda Karya
  10. Soegito,AT. 2013. Pergeseran Paradigmatik Manajemen Pendidikn,Semarang, Widya Karya
  11. ------------; 2010.Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah, Semarang,Unnes Press
  12. Roche, Edward F. De;1985.How School Administrators Solve Problems, New Yersy ,Englewood Cliffts
  13. …………;2014; Undang-undang No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  14. Thoha, Miftah 2008 . Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Jakarta; Prenada Media Group
  15. Chaerunisa, Connie, 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif, Jakarta Rajawali Pers 
  16. Machali, Imam; 2016. The Handbook of Education Management, Jakarta;Prenadamedia Group
  17. Muhaiman.; 20112 ; Manajemen Pendidikan ; Jakarta , Prenadamedia Group


Details ...