Manajemen Pendidikan Nasional, Curriculum : 2016


Courser in EnglishNATIONAL EDUCATION MANAGEMENT
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS53 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini  mengembangkan suasana pembelajaran yang tepat agar mahasiswa mampu menumbuhkan multi inteligensinya secara utuh dan seimbang  sehingga menjadi sumber daya manusia dengan sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan  tentang  manajemen pendidikan nasional yang  mempribadi pada diri masing-masing mahasiswa. Cakupan bahan mata kuliah ini meliputi: (1) Konsep-konsep Dasar Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (2) Posisi dan Peran Manajemen Sistem Pendidikan Nasional;   (3) Paradigma Baru Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (4) Fungsi dan unsur  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (5) Perkembangan Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (6) Organisasi Sistem Pendidikan Nasional; (7) Posisi dan Peran Sekolah dalam   Manajemen Sistem  Pendidikan Nasional; (8) Kepemimpinan Pendidikan dalam Sistem Otonomi Daerah; (9) Efektivitas ,Efisiensi dan Produktivitas Manajemen Sistem Pendidikan Nasional; (10 Pengembangan Kultur Sekolah; (11) Penguatan hubungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat; (12) Strategi  Menghadapi Perubahan dalam  Manajemen Sistem Pendidikan Nasional. 

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan mampu menumbuhkan multi inteligensinya secara utuh dan seimbang  sehingga menjadi sumber daya manusia dengan sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan  tentang  manajemen pendidikan nasional yang  mempribadi pada diri masing-masing mahasiswa.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini  membahas konsep-konsep dasar dalam manajemen pendidikan, pentingnya manajemen dalam pencapaian tujuan pendidikan, penggunaan fungsi-fungsi dalam proses manajemen, peran dan kompetensi manajer dalam institusi pendidikan, birokrasi dalam manajemen pendidikan Indonesia, sekolah sebagai sebuah sistem sosial, menciptakan efektivitas sekolah, dan menciptakan inovasi dalam menghadapi perubahan pendidikan.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan langkah-langkah dalam proses manajemen
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah dalam praktik dan operasional manajemen pendidikan.
  3. Mahasiswa mampu merumuskann alternative solusi masalah dan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam proses manajemen.

References

  1. Bush, T. 2011. Theories of Educational Leadership & Management (4th ed). London: Sage Publications, Ltd.
  2. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2014. Educational Administration. Penerjemah: Daryatno & Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Penerbit: Pustaka Pelajar.
  3. Knezevich, S.J. 1984. Administration of Public Education (4th ed.). New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
  4. Lunenberg, F.C. & Onrstein, A.C. 2012. Educational Administration: Concepts and Practices (6th ed.). New York: Wadsworth Cengage Learning.
  5. Sagala, S. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.


Details ...