Strategi Belajar Mengajar , Curriculum : 2015


Courser in EnglishTEACHING LEARNING STRATEGY
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS27 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

1. Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;

2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

4. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang strategi belajar mengajar secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

PU : Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;

KU : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi strategi belajar mengajar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KK : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran strategi belajar mengajar serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 

 

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Bektiarso, Singgih. 2015. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Diterjemahkan oleh Satrio Wahono. Jakarta: PT Indeks.

Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center.

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngatmini dkk. 2010. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Smith, Mark K. dkk. 2009. Teori Pembelajaran & Pengajaran: Mengukur Kesuksesan Anda dalam Proses Belajar dan Mengajar Bersama Psikolog Pendidikan Dunia. Diterjemahkan oleh Abdul Qodir Shaleh. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Subyantoro. 2014. Teori Pembelajaran Bahasa: Implementasi Psikolinguistik Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana S., H. Djudju. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

1. Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;

2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

4. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang strategi belajar mengajar secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

PU : Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;

KU : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi strategi belajar mengajar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KK : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran strategi belajar mengajar serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Bektiarso, Singgih. 2015. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Diterjemahkan oleh Satrio Wahono. Jakarta: PT Indeks.

Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center.

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngatmini dkk. 2010. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Smith, Mark K. dkk. 2009. Teori Pembelajaran & Pengajaran: Mengukur Kesuksesan Anda dalam Proses Belajar dan Mengajar Bersama Psikolog Pendidikan Dunia. Diterjemahkan oleh Abdul Qodir Shaleh. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Subyantoro. 2014. Teori Pembelajaran Bahasa: Implementasi Psikolinguistik Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana S., H. Djudju. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

1. Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;

2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

4. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang strategi belajar mengajar secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

PU : Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;

KU : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi strategi belajar mengajar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KK : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran strategi belajar mengajar serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Bektiarso, Singgih. 2015. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Diterjemahkan oleh Satrio Wahono. Jakarta: PT Indeks.

Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center.

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngatmini dkk. 2010. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Smith, Mark K. dkk. 2009. Teori Pembelajaran & Pengajaran: Mengukur Kesuksesan Anda dalam Proses Belajar dan Mengajar Bersama Psikolog Pendidikan Dunia. Diterjemahkan oleh Abdul Qodir Shaleh. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Subyantoro. 2014. Teori Pembelajaran Bahasa: Implementasi Psikolinguistik Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana S., H. Djudju. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.

 


Details ...