Courser in English | TEACHING LEARNING STRATEGY |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 27 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini menjadi dasar bagi mahasiswa program kependidikan. Berisi materi mengenai pendekatan, model, strategi, teknik, dan taktik dalam proses belajar mengajar.
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami strategi-strategi dalam pembelajaran.
Mahasiswa dapat membedakan pendekatan, model, strategi, teknik, dan taktik dalam proses pembelajaran.
Mahasiswa dapat memilih dan menerapkan strategi dalam pembelajaran.
References-
Details ...
Mata kuliah ini menjadi dasar bagi mahasiswa program kependidikan. Berisi materi mengenai pendekatan, model, strategi, teknik, dan taktik dalam proses belajar mengajar.
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami strategi-strategi dalam pembelajaran.
Mahasiswa dapat membedakan pendekatan, model, strategi, teknik, dan taktik dalam proses pembelajaran.
Mahasiswa dapat memilih dan menerapkan strategi dalam pembelajaran.
References-
Details ...
Mata kuliah ini menjadi dasar bagi mahasiswa program kependidikan. Berisi materi mengenai pendekatan, model, strategi, teknik, dan taktik dalam proses belajar mengajar.
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami strategi-strategi dalam pembelajaran.
Mahasiswa dapat membedakan pendekatan, model, strategi, teknik, dan taktik dalam proses pembelajaran.
Mahasiswa dapat memilih dan menerapkan strategi dalam pembelajaran.
References-
Details ...
Strategi dalam mata kuliah inidiartikan sebagai rencana yang cermat dalam rangka mencapai suatu tujuan. Dengan demikian mata kuliah StartegiPembelajaran Bahasa Indonesia berisi segala sesuatu yang dapat digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran bahasa Indonesia secara cermatyang mengacu pada tujuan pembelajaran.Materi-materi atau pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan prinsip-prinsip pembelajran, pengembangan hasil kajian yangberupa model pembelajaran atau desain/rancangan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan SMA. Melalui latihan menyusunrencana/rancangan/desain pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia diSMP dan SMA dengan benar. Kajian teoritis dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pembelajaran secara umum diuraikan di dalam modul satu sampaienam, sedangkan modul tujuh sampai dua belas berisi latihan-latihan menyusun strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP dan SMA.Penyusunan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berpedoman pada kurikulum sekolah (SMP dan SMA) yang berlaku. Di samping itu, matakuliah inijuga dilengkapi dengan media belajar berupa video. Penyedian media ini bertujuan memperjelas uraian tentang pelaksanaan pembelajaranbahasa dan sastra Indonesia di sekolah.Pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara benar memiliki nilai positif baik bagi siswa maupun guru. Sesuai dengan salah satufungsi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tercantum dalam kurikulum dinyatakan bahwa, mata pelajran bahasa dan sastra Indonesiaberfungsi sebagai sarana pengembangan penalaran. Salah satu tujuan umum pengajaran bahasa dan satra Indonesia adalah siswa memiliki kemampuanmenggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intlektual, kematangan emosional dan kemantangan sosial. Dalam rambu-rambu dituliskan bahwa pembelajaran bahasa selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa juga untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalarserta kemampuan memperluas wawasan. Selain itu, juga diarahkan untuk mempertajam kepekaan perasaan siswa (Depdiknas,2004).
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
DAFTAR PUSTAKA:
Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company
Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press
Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:
Alfabeta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Details ...
Strategi dalam mata kuliah inidiartikan sebagai rencana yang cermat dalam rangka mencapai suatu tujuan. Dengan demikian mata kuliah StartegiPembelajaran Bahasa Indonesia berisi segala sesuatu yang dapat digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran bahasa Indonesia secara cermatyang mengacu pada tujuan pembelajaran.Materi-materi atau pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan prinsip-prinsip pembelajran, pengembangan hasil kajian yangberupa model pembelajaran atau desain/rancangan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan SMA. Melalui latihan menyusunrencana/rancangan/desain pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia diSMP dan SMA dengan benar. Kajian teoritis dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pembelajaran secara umum diuraikan di dalam modul satu sampaienam, sedangkan modul tujuh sampai dua belas berisi latihan-latihan menyusun strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP dan SMA.Penyusunan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berpedoman pada kurikulum sekolah (SMP dan SMA) yang berlaku. Di samping itu, matakuliah inijuga dilengkapi dengan media belajar berupa video. Penyedian media ini bertujuan memperjelas uraian tentang pelaksanaan pembelajaranbahasa dan sastra Indonesia di sekolah.Pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara benar memiliki nilai positif baik bagi siswa maupun guru. Sesuai dengan salah satufungsi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tercantum dalam kurikulum dinyatakan bahwa, mata pelajran bahasa dan sastra Indonesiaberfungsi sebagai sarana pengembangan penalaran. Salah satu tujuan umum pengajaran bahasa dan satra Indonesia adalah siswa memiliki kemampuanmenggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intlektual, kematangan emosional dan kemantangan sosial. Dalam rambu-rambu dituliskan bahwa pembelajaran bahasa selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa juga untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalarserta kemampuan memperluas wawasan. Selain itu, juga diarahkan untuk mempertajam kepekaan perasaan siswa (Depdiknas,2004).
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
DAFTAR PUSTAKA:
Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company
Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press
Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:
Alfabeta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Details ...
Strategi dalam mata kuliah inidiartikan sebagai rencana yang cermat dalam rangka mencapai suatu tujuan. Dengan demikian mata kuliah StartegiPembelajaran Bahasa Indonesia berisi segala sesuatu yang dapat digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran bahasa Indonesia secara cermatyang mengacu pada tujuan pembelajaran.Materi-materi atau pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan prinsip-prinsip pembelajran, pengembangan hasil kajian yangberupa model pembelajaran atau desain/rancangan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan SMA. Melalui latihan menyusunrencana/rancangan/desain pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia diSMP dan SMA dengan benar. Kajian teoritis dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pembelajaran secara umum diuraikan di dalam modul satu sampaienam, sedangkan modul tujuh sampai dua belas berisi latihan-latihan menyusun strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP dan SMA.Penyusunan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berpedoman pada kurikulum sekolah (SMP dan SMA) yang berlaku. Di samping itu, matakuliah inijuga dilengkapi dengan media belajar berupa video. Penyedian media ini bertujuan memperjelas uraian tentang pelaksanaan pembelajaranbahasa dan sastra Indonesia di sekolah.Pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara benar memiliki nilai positif baik bagi siswa maupun guru. Sesuai dengan salah satufungsi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tercantum dalam kurikulum dinyatakan bahwa, mata pelajran bahasa dan sastra Indonesiaberfungsi sebagai sarana pengembangan penalaran. Salah satu tujuan umum pengajaran bahasa dan satra Indonesia adalah siswa memiliki kemampuanmenggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intlektual, kematangan emosional dan kemantangan sosial. Dalam rambu-rambu dituliskan bahwa pembelajaran bahasa selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa juga untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalarserta kemampuan memperluas wawasan. Selain itu, juga diarahkan untuk mempertajam kepekaan perasaan siswa (Depdiknas,2004).
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
DAFTAR PUSTAKA:
Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company
Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press
Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:
Alfabeta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Details ...
Strategi dalam mata kuliah inidiartikan sebagai rencana yang cermat dalam rangka mencapai suatu tujuan. Dengan demikian mata kuliah StartegiPembelajaran Bahasa Indonesia berisi segala sesuatu yang dapat digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran bahasa Indonesia secara cermatyang mengacu pada tujuan pembelajaran.Materi-materi atau pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan prinsip-prinsip pembelajran, pengembangan hasil kajian yangberupa model pembelajaran atau desain/rancangan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan SMA. Melalui latihan menyusunrencana/rancangan/desain pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia diSMP dan SMA dengan benar. Kajian teoritis dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pembelajaran secara umum diuraikan di dalam modul satu sampaienam, sedangkan modul tujuh sampai dua belas berisi latihan-latihan menyusun strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP dan SMA.Penyusunan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berpedoman pada kurikulum sekolah (SMP dan SMA) yang berlaku. Di samping itu, matakuliah inijuga dilengkapi dengan media belajar berupa video. Penyedian media ini bertujuan memperjelas uraian tentang pelaksanaan pembelajaranbahasa dan sastra Indonesia di sekolah.Pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara benar memiliki nilai positif baik bagi siswa maupun guru. Sesuai dengan salah satufungsi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tercantum dalam kurikulum dinyatakan bahwa, mata pelajran bahasa dan sastra Indonesiaberfungsi sebagai sarana pengembangan penalaran. Salah satu tujuan umum pengajaran bahasa dan satra Indonesia adalah siswa memiliki kemampuanmenggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intlektual, kematangan emosional dan kemantangan sosial. Dalam rambu-rambu dituliskan bahwa pembelajaran bahasa selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa juga untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalarserta kemampuan memperluas wawasan. Selain itu, juga diarahkan untuk mempertajam kepekaan perasaan siswa (Depdiknas,2004).
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
DAFTAR PUSTAKA:
Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company
Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press
Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:
Alfabeta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri; mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri; mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri; mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri; mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri; mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri; mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri; mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri; mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri; mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri; mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...