Strategi Belajar Mengajar , Curriculum : 2015


Courser in EnglishTEACHING LEARNING STRATEGY
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS27 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Strategi dalam mata kuliah ini diartikan sebagai rencana yang cermat dalam rangka mencapai suatu tujuan. Dengan demikian mata kuliah StartegiPembelajaran Bahasa Indonesia berisi segala sesuatu yang dapat digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran bahasa Indonesia secara cermatyang mengacu pada tujuan pembelajaran.Materi-materi atau pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan prinsip-prinsip pembelajran, pengembangan hasil kajian yangberupa model pembelajaran atau desain/rancangan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan SMA. Melalui latihan menyusunrencana/rancangan/desain pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia diSMP dan SMA dengan benar. Kajian teoritis dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pembelajaran secara umum diuraikan di dalam modul satu sampaienam, sedangkan modul tujuh sampai dua belas berisi latihan-latihan menyusun strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP dan SMA.Penyusunan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berpedoman pada kurikulum sekolah (SMP dan SMA) yang berlaku. Di samping itu, matakuliah inijuga dilengkapi dengan media belajar berupa video. Penyedian media ini bertujuan memperjelas uraian tentang pelaksanaan pembelajaranbahasa dan sastra Indonesia di sekolah.Pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara benar memiliki nilai positif baik bagi siswa maupun guru. Sesuai dengan salah satufungsi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tercantum dalam kurikulum dinyatakan bahwa, mata pelajran bahasa dan sastra Indonesiaberfungsi sebagai sarana pengembangan penalaran. Salah satu tujuan umum pengajaran bahasa dan satra Indonesia adalah siswa memiliki kemampuanmenggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intlektual, kematangan emosional dan kemantangan sosial. Dalam rambu-rambu dituliskan bahwa pembelajaran bahasa selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa juga untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalarserta kemampuan memperluas wawasan. Selain itu, juga diarahkan untuk mempertajam kepekaan perasaan siswa (Depdiknas,2004).

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Memiliki pengetahuan  tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam  menerapkan beragam strategi pembelajaran;

2.enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan  nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

 

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

 

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

 

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

 

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

 

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:

               Alfabeta.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP,  Jakarta.

________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, Arief  S,  dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.

Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

 

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

 


Details ...
Course Descriptions

Strategi dalam mata kuliah ini diartikan sebagai rencana yang cermat dalam rangka mencapai suatu tujuan. Dengan demikian mata kuliah StartegiPembelajaran Bahasa Indonesia berisi segala sesuatu yang dapat digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran bahasa Indonesia secara cermatyang mengacu pada tujuan pembelajaran.Materi-materi atau pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan prinsip-prinsip pembelajran, pengembangan hasil kajian yangberupa model pembelajaran atau desain/rancangan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan SMA. Melalui latihan menyusunrencana/rancangan/desain pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia diSMP dan SMA dengan benar. Kajian teoritis dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pembelajaran secara umum diuraikan di dalam modul satu sampaienam, sedangkan modul tujuh sampai dua belas berisi latihan-latihan menyusun strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP dan SMA.Penyusunan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berpedoman pada kurikulum sekolah (SMP dan SMA) yang berlaku. Di samping itu, matakuliah inijuga dilengkapi dengan media belajar berupa video. Penyedian media ini bertujuan memperjelas uraian tentang pelaksanaan pembelajaranbahasa dan sastra Indonesia di sekolah.Pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara benar memiliki nilai positif baik bagi siswa maupun guru. Sesuai dengan salah satufungsi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tercantum dalam kurikulum dinyatakan bahwa, mata pelajran bahasa dan sastra Indonesiaberfungsi sebagai sarana pengembangan penalaran. Salah satu tujuan umum pengajaran bahasa dan satra Indonesia adalah siswa memiliki kemampuanmenggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intlektual, kematangan emosional dan kemantangan sosial. Dalam rambu-rambu dituliskan bahwa pembelajaran bahasa selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa juga untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalarserta kemampuan memperluas wawasan. Selain itu, juga diarahkan untuk mempertajam kepekaan perasaan siswa (Depdiknas,2004).

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Memiliki pengetahuan  tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam  menerapkan beragam strategi pembelajaran;

2.enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan  nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

 

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

 

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

 

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

 

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

 

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:

               Alfabeta.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP,  Jakarta.

________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, Arief  S,  dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.

Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

 

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

 


Details ...
Course Descriptions

Strategi dalam mata kuliah ini diartikan sebagai rencana yang cermat dalam rangka mencapai suatu tujuan. Dengan demikian mata kuliah StartegiPembelajaran Bahasa Indonesia berisi segala sesuatu yang dapat digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran bahasa Indonesia secara cermatyang mengacu pada tujuan pembelajaran.Materi-materi atau pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan prinsip-prinsip pembelajran, pengembangan hasil kajian yangberupa model pembelajaran atau desain/rancangan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan SMA. Melalui latihan menyusunrencana/rancangan/desain pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia diSMP dan SMA dengan benar. Kajian teoritis dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pembelajaran secara umum diuraikan di dalam modul satu sampaienam, sedangkan modul tujuh sampai dua belas berisi latihan-latihan menyusun strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP dan SMA.Penyusunan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berpedoman pada kurikulum sekolah (SMP dan SMA) yang berlaku. Di samping itu, matakuliah inijuga dilengkapi dengan media belajar berupa video. Penyedian media ini bertujuan memperjelas uraian tentang pelaksanaan pembelajaranbahasa dan sastra Indonesia di sekolah.Pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara benar memiliki nilai positif baik bagi siswa maupun guru. Sesuai dengan salah satufungsi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tercantum dalam kurikulum dinyatakan bahwa, mata pelajran bahasa dan sastra Indonesiaberfungsi sebagai sarana pengembangan penalaran. Salah satu tujuan umum pengajaran bahasa dan satra Indonesia adalah siswa memiliki kemampuanmenggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intlektual, kematangan emosional dan kemantangan sosial. Dalam rambu-rambu dituliskan bahwa pembelajaran bahasa selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa juga untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalarserta kemampuan memperluas wawasan. Selain itu, juga diarahkan untuk mempertajam kepekaan perasaan siswa (Depdiknas,2004).

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Memiliki pengetahuan  tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam  menerapkan beragam strategi pembelajaran;

2.enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan  nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

 

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

 

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

 

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

 

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

 

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:

               Alfabeta.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP,  Jakarta.

________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, Arief  S,  dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.

Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

 

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

 


Details ...
Course Descriptions

Strategi dalam mata kuliah ini diartikan sebagai rencana yang cermat dalam rangka mencapai suatu tujuan. Dengan demikian mata kuliah StartegiPembelajaran Bahasa Indonesia berisi segala sesuatu yang dapat digunakan dalam menyusun rencana pembelajaran bahasa Indonesia secara cermatyang mengacu pada tujuan pembelajaran.Materi-materi atau pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan prinsip-prinsip pembelajran, pengembangan hasil kajian yangberupa model pembelajaran atau desain/rancangan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan SMA. Melalui latihan menyusunrencana/rancangan/desain pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia diSMP dan SMA dengan benar. Kajian teoritis dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip pembelajaran secara umum diuraikan di dalam modul satu sampaienam, sedangkan modul tujuh sampai dua belas berisi latihan-latihan menyusun strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP dan SMA.Penyusunan strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berpedoman pada kurikulum sekolah (SMP dan SMA) yang berlaku. Di samping itu, matakuliah inijuga dilengkapi dengan media belajar berupa video. Penyedian media ini bertujuan memperjelas uraian tentang pelaksanaan pembelajaranbahasa dan sastra Indonesia di sekolah.Pelaksanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia secara benar memiliki nilai positif baik bagi siswa maupun guru. Sesuai dengan salah satufungsi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tercantum dalam kurikulum dinyatakan bahwa, mata pelajran bahasa dan sastra Indonesiaberfungsi sebagai sarana pengembangan penalaran. Salah satu tujuan umum pengajaran bahasa dan satra Indonesia adalah siswa memiliki kemampuanmenggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intlektual, kematangan emosional dan kemantangan sosial. Dalam rambu-rambu dituliskan bahwa pembelajaran bahasa selain untuk meningkatkan keterampilan berbahasa juga untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan bernalarserta kemampuan memperluas wawasan. Selain itu, juga diarahkan untuk mempertajam kepekaan perasaan siswa (Depdiknas,2004).

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Memiliki pengetahuan  tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam  menerapkan beragam strategi pembelajaran;

2.enginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan  nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

 

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

 

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

 

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

 

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

 

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:

               Alfabeta.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP,  Jakarta.

________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, Arief  S,  dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.

Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

 

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa Progdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berkait dengan khazanah pengetahuan dan praktik perihal strategi belajar dan mengajar.

Learning Outcomes

  1. Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran.
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri  dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan  nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  4. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The McGraw-Hill Company.

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, Second Edition. Australia: Social Science Press.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi.19**. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.

________. 2006. Standar Isi. Jakarta: BSNP.

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching-Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, Arief  S,  dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran (Penerjemah: Abdul Qodir Sholeh). Jakarta: Mirza Mandiri Pustaka.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe, dan Sekar Ayu Aryani. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa Progdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berkait dengan khazanah pengetahuan dan praktik perihal strategi belajar dan mengajar.

Learning Outcomes

  1. Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran.
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri  dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan  nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  4. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The McGraw-Hill Company.

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, Second Edition. Australia: Social Science Press.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi.19**. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.

________. 2006. Standar Isi. Jakarta: BSNP.

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching-Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, Arief  S,  dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran (Penerjemah: Abdul Qodir Sholeh). Jakarta: Mirza Mandiri Pustaka.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe, dan Sekar Ayu Aryani. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa Progdi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berkait dengan khazanah pengetahuan dan praktik perihal strategi belajar dan mengajar.

Learning Outcomes

  1. Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran.
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri  dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan  nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  4. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The McGraw-Hill Company.

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, Second Edition. Australia: Social Science Press.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi.19**. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.

________. 2006. Standar Isi. Jakarta: BSNP.

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching-Learning. Menjadikan Kegiatan Belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, Arief  S,  dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran (Penerjemah: Abdul Qodir Sholeh). Jakarta: Mirza Mandiri Pustaka.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe, dan Sekar Ayu Aryani. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

aa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Sikap      : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang strategi belajar mengajar secara mandiri  dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

 PU             : Memiliki pengetahuan  tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam  menerapkan beragam strategi pembelajaran;

KU              :Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi strategi belajar mengajar  yang memperhatikan dan menerapkan  nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KK               : Mampu  menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran  strategi  belajar mengajar serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

 

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

 

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

 

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

 

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

 

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:

               Alfabeta.

 

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP,  Jakarta.

________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.


Details ...
Course Descriptions

aa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Sikap      : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang strategi belajar mengajar secara mandiri  dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

 PU             : Memiliki pengetahuan  tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam  menerapkan beragam strategi pembelajaran;

KU              :Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi strategi belajar mengajar  yang memperhatikan dan menerapkan  nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KK               : Mampu  menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran  strategi  belajar mengajar serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

 

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

 

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

 

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

 

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

 

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:

               Alfabeta.

 

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP,  Jakarta.

________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.


Details ...
Course Descriptions

aa

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Sikap      : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang strategi belajar mengajar secara mandiri  dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

 PU             : Memiliki pengetahuan  tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam  menerapkan beragam strategi pembelajaran;

KU              :Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi strategi belajar mengajar  yang memperhatikan dan menerapkan  nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KK               : Mampu  menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran  strategi  belajar mengajar serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

References

Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

 

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

 

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

 

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

 

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

 

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:

               Alfabeta.

 

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP,  Jakarta.

________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.


Details ...
Course Descriptions

1. Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;

2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

4. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang strategi belajar mengajar secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

PU : Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;

KU : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi strategi belajar mengajar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KK : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran strategi belajar mengajar serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 

 

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Bektiarso, Singgih. 2015. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Diterjemahkan oleh Satrio Wahono. Jakarta: PT Indeks.

Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center.

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngatmini dkk. 2010. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Smith, Mark K. dkk. 2009. Teori Pembelajaran & Pengajaran: Mengukur Kesuksesan Anda dalam Proses Belajar dan Mengajar Bersama Psikolog Pendidikan Dunia. Diterjemahkan oleh Abdul Qodir Shaleh. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Subyantoro. 2014. Teori Pembelajaran Bahasa: Implementasi Psikolinguistik Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana S., H. Djudju. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.

 


Details ...
Course Descriptions

1. Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;

2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

4. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang strategi belajar mengajar secara mandiri dan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

PU : Memiliki pengetahuan tentang strategi belajar mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran;

KU : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi strategi belajar mengajar yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KK : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran strategi belajar mengajar serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

 

 

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Bektiarso, Singgih. 2015. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Diterjemahkan oleh Satrio Wahono. Jakarta: PT Indeks.

Ghazali, A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center.

Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, S. 2008. Berbagai  Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngatmini dkk. 2010. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Smith, Mark K. dkk. 2009. Teori Pembelajaran & Pengajaran: Mengukur Kesuksesan Anda dalam Proses Belajar dan Mengajar Bersama Psikolog Pendidikan Dunia. Diterjemahkan oleh Abdul Qodir Shaleh. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Subyantoro. 2014. Teori Pembelajaran Bahasa: Implementasi Psikolinguistik Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana S., H. Djudju. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wiryawan, S.A. dan Noorhadi. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.

 


Details ...