Pendidikan Inklusi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINCLUSIVE EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

 Mata kuliah Pendidikan Inklusi membahas secara mendalam tentang pengertian dan pelaksanaan pendidikan inklusi. 

 Isi pokok mata kuliah ini meliputi: 

 (1) Pengertian dan konsep dasar Pendidikan Inklusi, 

 (2) Perkembangan dan cara belajar ABK,

 (3) Perencanaan dan pengelolaan pendidikan inklusi, 

 (4) Evaluasi pendidikan inklusi, 

 (5) Etika guru dan pemberdayaan orangtua di PAUD inklusi.

Learning Outcomes

 Setelah mengikuti mata kuliah Pendidikan Inklusi, mahasiswa mampu:

 Memahami konsep dasar pendidikan inklusi, penanganan ABK, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi Pendidikan Inklusi.

References

 Kustawan, D. 2016. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.

 Smith,JD. 2019. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Jakarta: Nuansa Cendekia.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah Pendidikan Inklusi membahas secara mendalam tentang pengertian dan pelaksanaan pendidikan inklusi. 

 Isi pokok mata kuliah ini meliputi: 

 (1) Pengertian dan konsep dasar Pendidikan Inklusi, 

 (2) Perkembangan dan cara belajar ABK,

 (3) Perencanaan dan pengelolaan pendidikan inklusi, 

 (4) Evaluasi pendidikan inklusi, 

 (5) Etika guru dan pemberdayaan orangtua di PAUD inklusi.

Learning Outcomes

 Setelah mengikuti mata kuliah Pendidikan Inklusi, mahasiswa mampu:

 Memahami konsep dasar pendidikan inklusi, penanganan ABK, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi Pendidikan Inklusi.

References

 Kustawan, D. 2016. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.

 Smith,JD. 2019. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Jakarta: Nuansa Cendekia.


Details ...
Course Descriptions

 Mata kuliah Pendidikan Inklusi membahas secara mendalam tentang pengertian dan pelaksanaan pendidikan inklusi. 

 Isi pokok mata kuliah ini meliputi: 

 (1) Pengertian dan konsep dasar Pendidikan Inklusi, 

 (2) Perkembangan dan cara belajar ABK,

 (3) Perencanaan dan pengelolaan pendidikan inklusi, 

 (4) Evaluasi pendidikan inklusi, 

 (5) Etika guru dan pemberdayaan orangtua di PAUD inklusi.

Learning Outcomes

 Setelah mengikuti mata kuliah Pendidikan Inklusi, mahasiswa mampu:

 Memahami konsep dasar pendidikan inklusi, penanganan ABK, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi Pendidikan Inklusi.

References

 Kustawan, D. 2016. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.

 Smith,JD. 2019. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Jakarta: Nuansa Cendekia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi. 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi

References

Garnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi. 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi

References

Garnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi. 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi

References

Garnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi. 

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi

References

Garnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang: (1). Pendidikan Inklusi (Umum dan Khusus); (2). Sejarah Pendidikan Inklusi; (3). Kurikulum Pendidikan Inklusi; (4). Creating Partnership through Collaborative; (5). Multicultural and Bilingual Perspective; (6). Students with Learning Disabilities; (7). Students with Attention Deficit-Hyperactivity Disorder; (8). UTS; (9). Students with Physical and Health Disabilities; (10). Students Who Are Gifted and Talented; (11). Students with Emotional and Behavior Disorder; (12). Students with Speech and Languange Disorder; (13). Students with Autism Spectrum Disorder; (14). Traumatic, Brain Injury (Kerusakan Otak); (15). Hearing Loss (Gangguan Pendengaran); (16). UAS

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami, menjelaskan, menguraikan dan mengimplementasikan Pendidikan Inklusi ke dalam Rencana Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.

References

1). Ardic, A., & Cavkaytar, A. (2019). The Effect of the Psycho-educational Group Family Education Program for Families of Children Diagnosed with Autism Spectrum Disorder on Parents: A Pilot Study. International Journal of Early Childhood Special Education, 11(1), 1-17. DOI: 10.20489/intjecse.581495.
2). Bhatnagar, D. (2014). Reguler School Teacher’s Concerns and Perceived Barriers to Impelement Inclusive Education in New Dehli, India. International Journal of Instructional, vol. 7, no. 2.
3). Biederman, J. Faraone, M. D., Monuteaux, M. C. (2002). Differential Effect of Environmental Adversity Gender: Rutter’s Index of Adversity in a Group of Boys and Girls with and without ADHD. Journal Psychiatry, 2002, 158:1556-1562.
4). Cahyaningrum, R. K. (2012). Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru Dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Program Inklusi (Studi Deskriptif Di SD dan SMP SEKOLAH ALAM AR-RIDHO). Educational Psychology Journal (EPJ). 1(1).
5). Daroni, G., Salim, A., Sunardi. (2018). Impact Of Parent's Divorce On Children's Education For Disability Kids. Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS), 5(1), pp1-9.
6). Gezer, M. S., & Aksoy, V. (2019). Perceptions of Turkish Preschool Teachers’ about Their Roles within the Context of Inclusive Education. International Journal of Early Childhood Special Education, 11(1), 31-42. DOI: 10.20489/intjecse.583541.
7). Hornby, Garry. (2011). Garry Hornby (2011): Inclusive Education for Children with Special Educational Needs: A Critique. International Journal of Disability, Development and Education, 58(3), 321-329.
8). Maciver, D., et.al. (2019). Participation of children with disabilities in school: A realist systematic review of psychosocial and environmental factors. PLoS ONE 14(1): e0210511. https://doi.org/10.1371/journal. pone.0210511
9). Mohsin, M. N., Khan, T. M., Doger, A. H., Awan, A. S. (2011). Role of Parents in Training of Children with Intellectual Disability. International Journal of Humanities and Social Science, 1(9).
9). Matuzahroh, N., Nurhamida, Y. (2016). Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
10). Noor, M., Indriati, G., Elita, V. (2014). Pengalaman Ibu Dalam Merawat Anak Autis Usia Sekolah. Jom Psik 1(2).
11). Sandstrom, M., Lundqvist, J., Axelsson, A. (2019). Parents’ Ideal Type Approaches to Early Education Pathways: Life Stories from Sweden. International Journal of Early Childhood Special Education, 11(1), 64-79. DOI: 10.20489/intjecse.585453.
12). Schwarzer, R., Knoll, N. (2007). Functional Roles of Social Support within the stress and Coping Process: A Theoretical and Emprical Overview. International Journal of Psychology, 42(4), 243-252


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang: (1). Pendidikan Inklusi (Umum dan Khusus); (2). Sejarah Pendidikan Inklusi; (3). Kurikulum Pendidikan Inklusi; (4). Creating Partnership through Collaborative; (5). Multicultural and Bilingual Perspective; (6). Students with Learning Disabilities; (7). Students with Attention Deficit-Hyperactivity Disorder; (8). UTS; (9). Students with Physical and Health Disabilities; (10). Students Who Are Gifted and Talented; (11). Students with Emotional and Behavior Disorder; (12). Students with Speech and Languange Disorder; (13). Students with Autism Spectrum Disorder; (14). Traumatic, Brain Injury (Kerusakan Otak); (15). Hearing Loss (Gangguan Pendengaran); (16). UAS

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami, menjelaskan, menguraikan dan mengimplementasikan Pendidikan Inklusi ke dalam Rencana Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.

References

1). Ardic, A., & Cavkaytar, A. (2019). The Effect of the Psycho-educational Group Family Education Program for Families of Children Diagnosed with Autism Spectrum Disorder on Parents: A Pilot Study. International Journal of Early Childhood Special Education, 11(1), 1-17. DOI: 10.20489/intjecse.581495.
2). Bhatnagar, D. (2014). Reguler School Teacher’s Concerns and Perceived Barriers to Impelement Inclusive Education in New Dehli, India. International Journal of Instructional, vol. 7, no. 2.
3). Biederman, J. Faraone, M. D., Monuteaux, M. C. (2002). Differential Effect of Environmental Adversity Gender: Rutter’s Index of Adversity in a Group of Boys and Girls with and without ADHD. Journal Psychiatry, 2002, 158:1556-1562.
4). Cahyaningrum, R. K. (2012). Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru Dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Program Inklusi (Studi Deskriptif Di SD dan SMP SEKOLAH ALAM AR-RIDHO). Educational Psychology Journal (EPJ). 1(1).
5). Daroni, G., Salim, A., Sunardi. (2018). Impact Of Parent's Divorce On Children's Education For Disability Kids. Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS), 5(1), pp1-9.
6). Gezer, M. S., & Aksoy, V. (2019). Perceptions of Turkish Preschool Teachers’ about Their Roles within the Context of Inclusive Education. International Journal of Early Childhood Special Education, 11(1), 31-42. DOI: 10.20489/intjecse.583541.
7). Hornby, Garry. (2011). Garry Hornby (2011): Inclusive Education for Children with Special Educational Needs: A Critique. International Journal of Disability, Development and Education, 58(3), 321-329.
8). Maciver, D., et.al. (2019). Participation of children with disabilities in school: A realist systematic review of psychosocial and environmental factors. PLoS ONE 14(1): e0210511. https://doi.org/10.1371/journal. pone.0210511
9). Mohsin, M. N., Khan, T. M., Doger, A. H., Awan, A. S. (2011). Role of Parents in Training of Children with Intellectual Disability. International Journal of Humanities and Social Science, 1(9).
9). Matuzahroh, N., Nurhamida, Y. (2016). Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
10). Noor, M., Indriati, G., Elita, V. (2014). Pengalaman Ibu Dalam Merawat Anak Autis Usia Sekolah. Jom Psik 1(2).
11). Sandstrom, M., Lundqvist, J., Axelsson, A. (2019). Parents’ Ideal Type Approaches to Early Education Pathways: Life Stories from Sweden. International Journal of Early Childhood Special Education, 11(1), 64-79. DOI: 10.20489/intjecse.585453.
12). Schwarzer, R., Knoll, N. (2007). Functional Roles of Social Support within the stress and Coping Process: A Theoretical and Emprical Overview. International Journal of Psychology, 42(4), 243-252


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang (1). Sejarah Perkembangan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, (2). Anak Berkebutuhan Khusus, (3). Pendidikan Inklusi, (4). Landasan Pendidikan Inklusif, (5). Kurikulum Adaptif dan Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah, (6). Kegiatan Pembelajaran Pada Sekolah Inklusif, (7). Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Inklusif, (8). Kompetensi Guru Dalam Pendidikan Inklusif, (9). UTS, (10). Kompetensi Guru dan Implementasi Kurikulum Adaptif, (11). Menjadi Orangtua Istimewa, (12). Tuna Rungu, (13). Tuna Netra, (14). Tuna Grahita, (15). Autisme, dan Hiperaktive (ADHD), (16). UAS.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengimplementasikan Pendidikan Inklusi ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD

References

 

  1. DAFTAR KEPUSTAKAAN
  1. Brown, Etta, K. 2008. Learning Disabilities: Understanding The Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
  2. Chamidah, Atien Nur., Pertiwi, Kartika, Ratna. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak  Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
  3. Ginanjar, Adriana, S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
  4. Haryono, A. S dan Sri Widiastuti. 2015. Evaluasi Pendidikan Inklusif  Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Penelitian, Vol. 32 (2): 119-126.
  5. Hidayat, Deden Saeful., Wawan. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima .
  6. Hidayat, Asep AS., Suwandi, Ate. 2013. Pendidikan  Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
  7. . Karyana, Asep., Hidayat, Asep Ading Sarip. 2013. Bina Gerak Bagi Anak Berkebutuhan  Khusus. Jakarta: Luxima.
  8. Kemis., Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”.  Jakarta: Luxima.
  9. Kustawan, Dedy. 2013. Manajemen Pendidikan Inklusi. Jakarta: Luxima Metro Media.
  10. Kustawan, Dedy., Meimulyana, Yani. 2013. Mengenal Pendidikan  Khusus  & Pendidikan  Layanan Khusus Serta Implementasinya. Jakarta: Luxima
  11. Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
  12. McLeskey, James., Rosenberg, Michael, S., Westling, David, L. 2013. Inclusion: Effective Practices for All Students. Amerika Serikat: Pearson.
  13. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 70 Tahun  2009 Tentang Pendidikan Inklusif (PENSIF) Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan atau Bakat Istimewa. 2009. Jakarta: Republik Indonesia.
  14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
  15. Puspito, Peni. 2016. Kebijakan Pendidikan Inklusi di Indonesia. Diunduh http://pklk.kemdikbud.go.id/detailpost/kebijakan-pendidikan-inklusi-di-indonesia (diakses pada tanggal 11 April 2017).
  16. Putranto, Bambang. 2015. Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial“ dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
  17. Rashid, Naila. 2012. Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children With Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
  18. Surya, Mohamad. 2013. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi Dari Guru Untuk Guru. bandung: Alfabeta.
  19. Susilo, Muhammad Joko. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  20. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta: Republik Indonesia.
  21. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education. Paris: Author.
  22. Wibowo, Agus dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta” Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang (1). Sejarah Perkembangan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, (2). Anak Berkebutuhan Khusus, (3). Pendidikan Inklusi, (4). Landasan Pendidikan Inklusif, (5). Kurikulum Adaptif dan Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah, (6). Kegiatan Pembelajaran Pada Sekolah Inklusif, (7). Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Inklusif, (8). Kompetensi Guru Dalam Pendidikan Inklusif, (9). UTS, (10). Kompetensi Guru dan Implementasi Kurikulum Adaptif, (11). Menjadi Orangtua Istimewa, (12). Tuna Rungu, (13). Tuna Netra, (14). Tuna Grahita, (15). Autisme, dan Hiperaktive (ADHD), (16). UAS.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengimplementasikan Pendidikan Inklusi ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD

References

 

  1. DAFTAR KEPUSTAKAAN
  1. Brown, Etta, K. 2008. Learning Disabilities: Understanding The Problem and Managing The Challenges. North America: Langon Street Press.
  2. Chamidah, Atien Nur., Pertiwi, Kartika, Ratna. 2017. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak  Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press.
  3. Ginanjar, Adriana, S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.
  4. Haryono, A. S dan Sri Widiastuti. 2015. Evaluasi Pendidikan Inklusif  Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Penelitian, Vol. 32 (2): 119-126.
  5. Hidayat, Deden Saeful., Wawan. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunalaras”. Jakarta: Luxima .
  6. Hidayat, Asep AS., Suwandi, Ate. 2013. Pendidikan  Anak Berkebutuhan Khusus “Tunanetra”. Jakarta: Luxima.
  7. . Karyana, Asep., Hidayat, Asep Ading Sarip. 2013. Bina Gerak Bagi Anak Berkebutuhan  Khusus. Jakarta: Luxima.
  8. Kemis., Rosnawati, Ati. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus “Tunagrahita”.  Jakarta: Luxima.
  9. Kustawan, Dedy. 2013. Manajemen Pendidikan Inklusi. Jakarta: Luxima Metro Media.
  10. Kustawan, Dedy., Meimulyana, Yani. 2013. Mengenal Pendidikan  Khusus  & Pendidikan  Layanan Khusus Serta Implementasinya. Jakarta: Luxima
  11. Mangunsong, Frieda. 2014. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI.
  12. McLeskey, James., Rosenberg, Michael, S., Westling, David, L. 2013. Inclusion: Effective Practices for All Students. Amerika Serikat: Pearson.
  13. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 70 Tahun  2009 Tentang Pendidikan Inklusif (PENSIF) Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan atau Bakat Istimewa. 2009. Jakarta: Republik Indonesia.
  14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Khusus Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Tunadaksa, dan Tunalaras. 2008. Jakarta: Republik Indonesia.
  15. Puspito, Peni. 2016. Kebijakan Pendidikan Inklusi di Indonesia. Diunduh http://pklk.kemdikbud.go.id/detailpost/kebijakan-pendidikan-inklusi-di-indonesia (diakses pada tanggal 11 April 2017).
  16. Putranto, Bambang. 2015. Tips Menangani Siswa Yang Membutuhkan Perhatian Khsusus: Ragam Sifat dan Karakter Siswa “Spesial“ dan Cara Menanganinya. Yogyakarta: Diva Press.
  17. Rashid, Naila. 2012. Assessment of Stress and Coping of Parents of Disabled Children: Parental Stress and Coping of Children With Disabilities. Germany: Lambert Academic Publishing.
  18. Surya, Mohamad. 2013. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi Dari Guru Untuk Guru. bandung: Alfabeta.
  19. Susilo, Muhammad Joko. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
  20. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta: Republik Indonesia.
  21. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education. Paris: Author.
  22. Wibowo, Agus dan Hamrin. 2012. Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta” Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi. 

Learning Outcomes

 Sikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi

References

 Garnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 


Details ...