Courser in English | INCLUSIVE EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pendidikan Inklusi membahas secara mendalam tentang pengertian dan pelaksanaan pendidikan inklusi.
Isi pokok mata kuliah ini meliputi:
(1) Pengertian dan konsep dasar Pendidikan Inklusi,
(2) Perkembangan dan cara belajar ABK,
(3) Perencanaan dan pengelolaan pendidikan inklusi,
(4) Evaluasi pendidikan inklusi,
(5) Etika guru dan pemberdayaan orangtua di PAUD inklusi.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Pendidikan Inklusi, mahasiswa mampu:
Memahami konsep dasar pendidikan inklusi, penanganan ABK, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi Pendidikan Inklusi.
ReferencesKustawan, D. 2016. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.
Smith,JD. 2019. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Jakarta: Nuansa Cendekia.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Inklusi membahas secara mendalam tentang pengertian dan pelaksanaan pendidikan inklusi.
Isi pokok mata kuliah ini meliputi:
(1) Pengertian dan konsep dasar Pendidikan Inklusi,
(2) Perkembangan dan cara belajar ABK,
(3) Perencanaan dan pengelolaan pendidikan inklusi,
(4) Evaluasi pendidikan inklusi,
(5) Etika guru dan pemberdayaan orangtua di PAUD inklusi.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Pendidikan Inklusi, mahasiswa mampu:
Memahami konsep dasar pendidikan inklusi, penanganan ABK, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi Pendidikan Inklusi.
ReferencesKustawan, D. 2016. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.
Smith,JD. 2019. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Jakarta: Nuansa Cendekia.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Inklusi membahas secara mendalam tentang pengertian dan pelaksanaan pendidikan inklusi.
Isi pokok mata kuliah ini meliputi:
(1) Pengertian dan konsep dasar Pendidikan Inklusi,
(2) Perkembangan dan cara belajar ABK,
(3) Perencanaan dan pengelolaan pendidikan inklusi,
(4) Evaluasi pendidikan inklusi,
(5) Etika guru dan pemberdayaan orangtua di PAUD inklusi.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Pendidikan Inklusi, mahasiswa mampu:
Memahami konsep dasar pendidikan inklusi, penanganan ABK, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi Pendidikan Inklusi.
ReferencesKustawan, D. 2016. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.
Smith,JD. 2019. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Jakarta: Nuansa Cendekia.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang: (1). Pendidikan Inklusi (Umum dan Khusus); (2). Sejarah Pendidikan Inklusi; (3). Kurikulum Pendidikan Inklusi; (4). Creating Partnership through Collaborative; (5). Multicultural and Bilingual Perspective; (6). Students with Learning Disabilities; (7). Students with Attention Deficit-Hyperactivity Disorder; (8). UTS; (9). Students with Physical and Health Disabilities; (10). Students Who Are Gifted and Talented; (11). Students with Emotional and Behavior Disorder; (12). Students with Speech and Languange Disorder; (13). Students with Autism Spectrum Disorder; (14). Traumatic, Brain Injury (Kerusakan Otak); (15). Hearing Loss (Gangguan Pendengaran); (16). UAS
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami, menjelaskan, menguraikan dan mengimplementasikan Pendidikan Inklusi ke dalam Rencana Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.
ReferencesDetails ...
Mata kuliah ini berisi tentang: (1). Pendidikan Inklusi (Umum dan Khusus); (2). Sejarah Pendidikan Inklusi; (3). Kurikulum Pendidikan Inklusi; (4). Creating Partnership through Collaborative; (5). Multicultural and Bilingual Perspective; (6). Students with Learning Disabilities; (7). Students with Attention Deficit-Hyperactivity Disorder; (8). UTS; (9). Students with Physical and Health Disabilities; (10). Students Who Are Gifted and Talented; (11). Students with Emotional and Behavior Disorder; (12). Students with Speech and Languange Disorder; (13). Students with Autism Spectrum Disorder; (14). Traumatic, Brain Injury (Kerusakan Otak); (15). Hearing Loss (Gangguan Pendengaran); (16). UAS
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami, menjelaskan, menguraikan dan mengimplementasikan Pendidikan Inklusi ke dalam Rencana Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini.
ReferencesDetails ...
Mata kuliah ini berisi tentang (1). Sejarah Perkembangan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, (2). Anak Berkebutuhan Khusus, (3). Pendidikan Inklusi, (4). Landasan Pendidikan Inklusif, (5). Kurikulum Adaptif dan Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah, (6). Kegiatan Pembelajaran Pada Sekolah Inklusif, (7). Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Inklusif, (8). Kompetensi Guru Dalam Pendidikan Inklusif, (9). UTS, (10). Kompetensi Guru dan Implementasi Kurikulum Adaptif, (11). Menjadi Orangtua Istimewa, (12). Tuna Rungu, (13). Tuna Netra, (14). Tuna Grahita, (15). Autisme, dan Hiperaktive (ADHD), (16). UAS.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan Pendidikan Inklusi ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD
References
|
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang (1). Sejarah Perkembangan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, (2). Anak Berkebutuhan Khusus, (3). Pendidikan Inklusi, (4). Landasan Pendidikan Inklusif, (5). Kurikulum Adaptif dan Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah, (6). Kegiatan Pembelajaran Pada Sekolah Inklusif, (7). Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Inklusif, (8). Kompetensi Guru Dalam Pendidikan Inklusif, (9). UTS, (10). Kompetensi Guru dan Implementasi Kurikulum Adaptif, (11). Menjadi Orangtua Istimewa, (12). Tuna Rungu, (13). Tuna Netra, (14). Tuna Grahita, (15). Autisme, dan Hiperaktive (ADHD), (16). UAS.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan Pendidikan Inklusi ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD
References
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...