Courser in English | INCLUSIVE EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...