Courser in English | INCLUSIVE EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Inklusi membahas secara mendalam tentang pengertian dan pelaksanaan pendidikan inklusi. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) Pengertian dan konsep dasar Pendidikan Inklusi, (2) Perkembangan dan cara belajar ABK, (3) Perencanaan dan pengelolaan pendidikan inklusi, (4) Evaluasi pendidikan inklusi, (5) Etika guru dan pemberdayaan orangtua di PAUD inklusi.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Pendidikan Inklusi, mahasiswa mampu memahami konsep dasar pendidikan inklusi, penanganan ABK, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Pendidikan Inklusi.
ReferencesKustawan, D. 2016. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep pendidikan inklusif mencangkup; pengertian,
penyelenggaraan, kurikulum, kegiatan pembelajaran, tenaga pendidik, prinsip-prinsip
pembelajaran, managemen sekolah, saran dan prasarana, kriteria sekolah penyelenggaraan,
mekanisme, pembinaan dan monitoring, pelaporan, penghargaan dan sanksi, pendidikan
inklusif di Indonesia.
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep,
penyelenggaraan, landasan dan pembelajaran berbasis pendidikan inklusif.
- Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special Needs. New York : Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Meta Analysis Evidence For non inclusive Educational Practices. Desertasi. Temple University.
- Fish,J.(1985).Educational Opertunities For All.London : Inner London Education authority
- Mulyono,Abdurahman.(2003).Landasan Pendidikan dan Implikasi dalam Penyelenggaraan PTK.
- Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
- UNESCO.(1994).The Salamanca Statemen And Framework For Action on Special Needs Education. Paris : Author.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep pendidikan inklusif mencangkup; pengertian,
penyelenggaraan, kurikulum, kegiatan pembelajaran, tenaga pendidik, prinsip-prinsip
pembelajaran, managemen sekolah, saran dan prasarana, kriteria sekolah penyelenggaraan,
mekanisme, pembinaan dan monitoring, pelaporan, penghargaan dan sanksi, pendidikan
inklusif di Indonesia.
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep,
penyelenggaraan, landasan dan pembelajaran berbasis pendidikan inklusif.
- Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special Needs. New York : Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Meta Analysis Evidence For non inclusive Educational Practices. Desertasi. Temple University.
- Fish,J.(1985).Educational Opertunities For All.London : Inner London Education authority
- Mulyono,Abdurahman.(2003).Landasan Pendidikan dan Implikasi dalam Penyelenggaraan PTK.
- Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
- UNESCO.(1994).The Salamanca Statemen And Framework For Action on Special Needs Education. Paris : Author.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep pendidikan inklusif mencangkup; pengertian,
penyelenggaraan, kurikulum, kegiatan pembelajaran, tenaga pendidik, prinsip-prinsip
pembelajaran, managemen sekolah, saran dan prasarana, kriteria sekolah penyelenggaraan,
mekanisme, pembinaan dan monitoring, pelaporan, penghargaan dan sanksi, pendidikan
inklusif di Indonesia.
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep,
penyelenggaraan, landasan dan pembelajaran berbasis pendidikan inklusif.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep pendidikan inklusif mencangkup; pengertian,
penyelenggaraan, kurikulum, kegiatan pembelajaran, tenaga pendidik, prinsip-prinsip
pembelajaran, managemen sekolah, saran dan prasarana, kriteria sekolah penyelenggaraan,
mekanisme, pembinaan dan monitoring, pelaporan, penghargaan dan sanksi, pendidikan
inklusif di Indonesia.
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep,
penyelenggaraan, landasan dan pembelajaran berbasis pendidikan inklusif.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep pendidikan inklusif mencangkup; pengertian,
penyelenggaraan, kurikulum, kegiatan pembelajaran, tenaga pendidik, prinsip-prinsip
pembelajaran, managemen sekolah, saran dan prasarana, kriteria sekolah penyelenggaraan,
mekanisme, pembinaan dan monitoring, pelaporan, penghargaan dan sanksi, pendidikan
inklusif di Indonesia.
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep,
penyelenggaraan, landasan dan pembelajaran berbasis pendidikan inklusif.
Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special Needs. New York : Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Meta Analysis Evidence For non inclusive Educational Practices. Desertasi. Temple University.
- Fish,J.(1985).Educational Opertunities For All.London : Inner London Education authority
- Mulyono,Abdurahman.(2003).Landasan Pendidikan dan Implikasi dalam Penyelenggaraan PTK.
- Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
- UNESCO.(1994).The Salamanca Statemen And Framework For Action on Special Needs Education. Paris : Author.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep pendidikan inklusif mencangkup; pengertian,
penyelenggaraan, kurikulum, kegiatan pembelajaran, tenaga pendidik, prinsip-prinsip
pembelajaran, managemen sekolah, saran dan prasarana, kriteria sekolah penyelenggaraan,
mekanisme, pembinaan dan monitoring, pelaporan, penghargaan dan sanksi, pendidikan
inklusif di Indonesia.
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep,
penyelenggaraan, landasan dan pembelajaran berbasis pendidikan inklusif.
Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special Needs. New York : Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Meta Analysis Evidence For non inclusive Educational Practices. Desertasi. Temple University.
- Fish,J.(1985).Educational Opertunities For All.London : Inner London Education authority
- Mulyono,Abdurahman.(2003).Landasan Pendidikan dan Implikasi dalam Penyelenggaraan PTK.
- Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
- UNESCO.(1994).The Salamanca Statemen And Framework For Action on Special Needs Education. Paris : Author.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep pendidikan inklusif mencangkup; pengertian,
penyelenggaraan, kurikulum, kegiatan pembelajaran, tenaga pendidik, prinsip-prinsip
pembelajaran, managemen sekolah, saran dan prasarana, kriteria sekolah penyelenggaraan,
mekanisme, pembinaan dan monitoring, pelaporan, penghargaan dan sanksi, pendidikan
inklusif di Indonesia.
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep,
penyelenggaraan, landasan dan pembelajaran berbasis pendidikan inklusif.
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas konsep pendidikan inklusif mencangkup; pengertian,
penyelenggaraan, kurikulum, kegiatan pembelajaran, tenaga pendidik, prinsip-prinsip
pembelajaran, managemen sekolah, saran dan prasarana, kriteria sekolah penyelenggaraan,
mekanisme, pembinaan dan monitoring, pelaporan, penghargaan dan sanksi, pendidikan
inklusif di Indonesia.
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep,
penyelenggaraan, landasan dan pembelajaran berbasis pendidikan inklusif.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip-prinsip pendidikan inklusi termasuk di dalamnya tentang perkembangan abnormal pada anak, deteksi abnormalitas perkembangan. Selain itu bahan kajian pada mata kuliah ini adalah: karakteristik sekolah inklusi, peran guru dan kepala sekolah pada pendidikan inklusi, kurikulum pendidikan inklusi, interaksi positive dalam pembelajaran, komunikasi fungsional, serta peran orang tua dalam pendidikan inklusi.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai : Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, terutama kepada anak berkebutuhan khusus Keterampilan Umum : mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran; memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya; dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Penguasaan pengetahuan : Mampu menganalisa pengertian, konsep manajemen pendidikan inklusif, Mampu merancang dan memformulasikan pendidikan inklusif Keterampilan Khusus : Mampu mempraktikan pembuatan perencanaan pembelajaran dan penilaian di PAUD Inklusi
ReferencesGarnida D. 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, PT.Refika Aditama, Bandung Ni’matuzahroh, 2016, Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif, UMM Press, Malang Marilyn Friend, 2015, Menuju Pendidikan Inklusi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Morisson, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Details ...