Courser in English | LEARNING INNOVATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
MK. ini mengkaji pengertian, arti penting, inovasi, proses dan strategi inovasi, serta implementasi inovasi tersebut dalam pembelajaran di SD.
Learning OutcomesMahasiswa mengkaji dan menganalisis berbagai sumber dan Proses inovasi pendidikan serta mengevaluasi dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran di SD.
ReferencesRatumanan. 2015. Inovasi Pembelajaran.
Ridwan Abdullah Sani. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang model pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmampu menerapkan berbagai model dalam pembelajaran di sekolah dasar
References
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang model pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran dengan cara melakukan simulasi kegiatan belajar mengajar, pengembangan materi, analisis hasil penelitian mengenai pembelajaran, dan praktik mengajar. Setelah menempuh mata kuliah Inovasi Pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep inovasi pembelajaran, mempunyai pengalaman praktik dasar mengajar dan mampu mengimplementasikan konsep inovasi pembelajaran pada praktik mengajar berikutnya. |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan membangun keprofesionalan berkelanjutan;
References
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang model pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran dengan cara melakukan simulasi kegiatan belajar mengajar, pengembangan materi, analisis hasil penelitian mengenai pembelajaran, dan praktik mengajar. Setelah menempuh mata kuliah Inovasi Pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep inovasi pembelajaran, mempunyai pengalaman praktik dasar mengajar dan mampu mengimplementasikan konsep inovasi pembelajaran pada praktik mengajar berikutnya. |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan membangun keprofesionalan berkelanjutan;
References
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang model pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran dengan cara melakukan simulasi kegiatan belajar mengajar, pengembangan materi, analisis hasil penelitian mengenai pembelajaran, dan praktik mengajar. Setelah menempuh mata kuliah Inovasi Pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep inovasi pembelajaran, mempunyai pengalaman praktik dasar mengajar dan mampu mengimplementasikan konsep inovasi pembelajaran pada praktik mengajar berikutnya. |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan membangun keprofesionalan berkelanjutan;
References
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang model pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran dengan cara melakukan simulasi kegiatan belajar mengajar, pengembangan materi, analisis hasil penelitian mengenai pembelajaran, dan praktik mengajar. Setelah menempuh mata kuliah Inovasi Pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep inovasi pembelajaran, mempunyai pengalaman praktik dasar mengajar dan mampu mengimplementasikan konsep inovasi pembelajaran pada praktik mengajar berikutnya. |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan membangun keprofesionalan berkelanjutan;
References
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang model pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran dengan cara melakukan simulasi kegiatan belajar mengajar, pengembangan materi, analisis hasil penelitian mengenai pembelajaran, dan praktik mengajar. Setelah menempuh mata kuliah Inovasi Pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep inovasi pembelajaran, mempunyai pengalaman praktik dasar mengajar dan mampu mengimplementasikan konsep inovasi pembelajaran pada praktik mengajar berikutnya. |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan membangun keprofesionalan berkelanjutan;
References
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang model pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran dengan cara melakukan simulasi kegiatan belajar mengajar, pengembangan materi, analisis hasil penelitian mengenai pembelajaran, dan praktik mengajar. Setelah menempuh mata kuliah Inovasi Pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep inovasi pembelajaran, mempunyai pengalaman praktik dasar mengajar dan mampu mengimplementasikan konsep inovasi pembelajaran pada praktik mengajar berikutnya. |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan membangun keprofesionalan berkelanjutan;
References
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang model pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran dengan cara melakukan simulasi kegiatan belajar mengajar, pengembangan materi, analisis hasil penelitian mengenai pembelajaran, dan praktik mengajar. Setelah menempuh mata kuliah Inovasi Pembelajaran mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep inovasi pembelajaran, mempunyai pengalaman praktik dasar mengajar dan mampu mengimplementasikan konsep inovasi pembelajaran pada praktik mengajar berikutnya. |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam
Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
Mampu melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan membangun keprofesionalan berkelanjutan;
References
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan mempraktikan berbagai model pembelajaran
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan mempraktikan berbagai model pembelajaran
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...