Courser in English | LEARNING INNOVATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan mempraktikan berbagai model pembelajaran
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan mempraktikan berbagai model pembelajaran
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan mempraktikan berbagai model pembelajaran
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan mempraktikan berbagai model pembelajaran
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan mempraktikan berbagai model pembelajaran
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan mempraktikan berbagai model pembelajaran
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan mempraktikan berbagai model pembelajaran
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan menerapkan model-model pembelajaran dalam usaha menghasilkan inovasi pembelajaran di sekolah dasar
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan menerapkan model-model pembelajaran dalam usaha menghasilkan inovasi pembelajaran di sekolah dasar
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan menerapkan model-model pembelajaran dalam usaha menghasilkan inovasi pembelajaran di sekolah dasar
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan menerapkan model-model pembelajaran dalam usaha menghasilkan inovasi pembelajaran di sekolah dasar
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan menerapkan model-model pembelajaran dalam usaha menghasilkan inovasi pembelajaran di sekolah dasar
ReferencesDjamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...