Inovasi Pembelajaran, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLEARNING INNOVATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS41 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan mempraktekkan berbagai model pembelajaran, sehingga diharapkan dapat menghasilkan inovasi dalam pembelajaran

References

  1. Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
  2. Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.
  3. Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
  4. Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.
  5. Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.
  6. Muhammad Fathurrohman.2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
  7. Udin Syaefudin.2015.Inovasi Pendidikan.Bandung:Alfabeta
  8. Buku-buku SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan
  9. Artikel/Jurnal(nasional/internasional)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan mempraktekkan berbagai model pembelajaran, sehingga diharapkan dapat menghasilkan inovasi dalam pembelajaran

References

  1. Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
  2. Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.
  3. Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
  4. Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.
  5. Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.
  6. Muhammad Fathurrohman.2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
  7. Udin Syaefudin.2015.Inovasi Pendidikan.Bandung:Alfabeta
  8. Buku-buku SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan
  9. Artikel/Jurnal(nasional/internasional)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan mempraktekkan berbagai model pembelajaran, sehingga diharapkan dapat menghasilkan inovasi dalam pembelajaran

References

  1. Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
  2. Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.
  3. Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
  4. Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.
  5. Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.
  6. Muhammad Fathurrohman.2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
  7. Udin Syaefudin.2015.Inovasi Pendidikan.Bandung:Alfabeta
  8. Buku-buku SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan
  9. Artikel/Jurnal(nasional/internasional)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji pengertian dan arti penting inovasi, elemen-elemen dalam difusi inovasi, proses pengembangan inovasi, atribut inovasi dan kecepatan adopsi ,  strategi difusi inovasi individual,  katagori dan karakteristik adopter,  strategi difusi dalam organisasi, konsewensi dalam inovasi, analisis kegagalan dan keberhasilan inovasi.

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji pengertian dan arti penting inovasi, elemen-elemen dalam difusi inovasi, proses pengembangan inovasi, atribut inovasi dan kecepatan adopsi ,  strategi difusi inovasi individual,  katagori dan karakteristik adopter,  strategi difusi dalam organisasi, konsewensi dalam inovasi, analisis kegagalan dan keberhasilan inovasi.

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...