Courser in English | LEARNING INNOVATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan mempraktekkan berbagai model pembelajaran, sehingga diharapkan dapat menghasilkan inovasi dalam pembelajaran
References- Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
- Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.
- Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
- Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.
- Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.
- Muhammad Fathurrohman.2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
- Udin Syaefudin.2015.Inovasi Pendidikan.Bandung:Alfabeta
- Buku-buku SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan
- Artikel/Jurnal(nasional/internasional)
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan mempraktekkan berbagai model pembelajaran, sehingga diharapkan dapat menghasilkan inovasi dalam pembelajaran
References- Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
- Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.
- Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
- Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.
- Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.
- Muhammad Fathurrohman.2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
- Udin Syaefudin.2015.Inovasi Pendidikan.Bandung:Alfabeta
- Buku-buku SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan
- Artikel/Jurnal(nasional/internasional)
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang teori belajar dan pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, teori pembelajaran, pendekatan pembelajaran scientifik. Juga dibahas mengenai model-model pembelajaran dan penilaian pembelajaran.Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning Outcomesmahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan mempraktekkan berbagai model pembelajaran, sehingga diharapkan dapat menghasilkan inovasi dalam pembelajaran
References- Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
- Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.
- Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
- Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.
- Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.
- Muhammad Fathurrohman.2015.Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta:Kalimedia
- Udin Syaefudin.2015.Inovasi Pendidikan.Bandung:Alfabeta
- Buku-buku SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan
- Artikel/Jurnal(nasional/internasional)
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji pengertian dan arti penting inovasi, elemen-elemen dalam difusi inovasi, proses pengembangan inovasi, atribut inovasi dan kecepatan adopsi , strategi difusi inovasi individual, katagori dan karakteristik adopter, strategi difusi dalam organisasi, konsewensi dalam inovasi, analisis kegagalan dan keberhasilan inovasi.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji pengertian dan arti penting inovasi, elemen-elemen dalam difusi inovasi, proses pengembangan inovasi, atribut inovasi dan kecepatan adopsi , strategi difusi inovasi individual, katagori dan karakteristik adopter, strategi difusi dalam organisasi, konsewensi dalam inovasi, analisis kegagalan dan keberhasilan inovasi.
Learning Outcomes-
References-
Details ...