Courser in English | CLASSROOM ACTION RESEARCH |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 51 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini melengkapi mata kuliah Metodologi Penelitian dikhusukan bagi para guru/calon guru profesional, sebagai sarana pengembangan diri dalam kaitannya dengan pengembangan proses pembelajaran di kelas demi peningkatan hasil belajar siswa. Sebagai bagian dari Penelitian Tindakan (Action Research) metodologi ini dapat diterapkan dalam bidang peningkatan produktivitas, khususnya bidang pendidikan selain oleh guru juga oleh kepala sekolah dan/atau supervisor pendidikan sebagai pelaksana manajemen pendidikan.
Mahasiswa diperkenalkan tentang: (1) riwayat PTK; (2) keterkaitan PTK dengan profesionalitas guru; (3) PTK sebagai metode; (4) jenis penelitian tindakan; (5) prinsip, tujuan, dan manfaat PTK; (6) model-model PTK; (7) sasaran dan masalah PTK; (8) penetapan masalah PTK; (9) perencanaan tindakan; (10) pelaksanaan tindakan; (11) pengamatan dan interpretasi, (12) refleksi; dan (13 proposal PTK yang mencakupi: judul, pendahuluan, kajiuan teori/pustaka, metodologi, dan format proposal.
Learning Outcomes-
ReferencesAqib, Zainal. 2007. Pebelitian Tindakan Kelas. Untuk: Guru. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini – Suhardjono – Spardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Soegeng Ysh., A.Y. 2020. Pebelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Details ...