Penelitian Tindakan Kelas, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCLASSROOM ACTION RESEARCH
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS51 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini melengkapi mata kuliah Metodologi Penelitian dikhusukan bagi para guru/calon guru profesional, sebagai sarana pengembangan diri dalam kaitannya dengan pengembangan proses pembelajaran di kelas demi peningkatan hasil belajar siswa. Sebagai bagian dari Penelitian Tindakan (Action Research) metodologi ini dapat diterapkan dalam bidang peningkatan produktivitas, khususnya bidang pendidikan selain oleh guru juga oleh kepala sekolah dan/atau supervisor pendidikan sebagai pelaksana manajemen pendidikan

Learning Outcomes

Lulusan Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar harus memiliki sikap sebagai berikut:

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
      4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
      5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
      6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
      7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
      8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
      9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
      10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
      11. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

References

Aqib, Zainal. 2007. Pebelitian Tindakan Kelas. Untuk: Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini – Suhardjono – Spardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachman, Maman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Dalam Bagan). Semarang: Univewrsitas Negeri Semarang.

Slameto. 2008. ”Penyusunan Proposal, Pelaksanaan dan Evaluasi PTK dalam Bidang BK”. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Rangka Pengembangan Profesionalisme Konselor. IKIP PGRI Semarang, Kamis 19 Juni 2008.

Sudjana, H. Nana. 2004. Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Surya, H. Mohamad. 2008. ”Hakikat dan Peranan PTK dalam Pengembangan Profesionalisme Konselor”. Disampaikan dalam Seminar nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Rangka Pengembangan Profesionalisme Konselor. IKIP PGRI Semarang, Kamis 19 Juni 2008.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melengkapi mata kuliah Metodologi Penelitian dikhusukan bagi para guru/calon guru profesional, sebagai sarana pengembangan diri dalam kaitannya dengan pengembangan proses pembelajaran di kelas demi peningkatan hasil belajar siswa. Sebagai bagian dari Penelitian Tindakan (Action Research) metodologi ini dapat diterapkan dalam bidang peningkatan produktivitas, khususnya bidang pendidikan selain oleh guru juga oleh kepala sekolah dan/atau supervisor pendidikan sebagai pelaksana manajemen pendidikan

Learning Outcomes

Lulusan Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar harus memiliki sikap sebagai berikut:

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
      4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
      5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
      6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
      7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
      8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
      9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
      10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
      11. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

References

Aqib, Zainal. 2007. Pebelitian Tindakan Kelas. Untuk: Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini – Suhardjono – Spardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachman, Maman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Dalam Bagan). Semarang: Univewrsitas Negeri Semarang.

Slameto. 2008. ”Penyusunan Proposal, Pelaksanaan dan Evaluasi PTK dalam Bidang BK”. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Rangka Pengembangan Profesionalisme Konselor. IKIP PGRI Semarang, Kamis 19 Juni 2008.

Sudjana, H. Nana. 2004. Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Surya, H. Mohamad. 2008. ”Hakikat dan Peranan PTK dalam Pengembangan Profesionalisme Konselor”. Disampaikan dalam Seminar nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Rangka Pengembangan Profesionalisme Konselor. IKIP PGRI Semarang, Kamis 19 Juni 2008.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melengkapi mata kuliah Metodologi Penelitian dikhusukan bagi para guru/calon guru profesional, sebagai sarana pengembangan diri dalam kaitannya dengan pengembangan proses pembelajaran di kelas demi peningkatan hasil belajar siswa. Sebagai bagian dari Penelitian Tindakan (Action Research) metodologi ini dapat diterapkan dalam bidang peningkatan produktivitas, khususnya bidang pendidikan selain oleh guru juga oleh kepala sekolah dan/atau supervisor pendidikan sebagai pelaksana manajemen pendidikan

Learning Outcomes

Lulusan Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar harus memiliki sikap sebagai berikut:

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
      4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
      5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
      6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
      7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
      8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
      9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
      10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
      11. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

References

Aqib, Zainal. 2007. Pebelitian Tindakan Kelas. Untuk: Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini – Suhardjono – Spardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachman, Maman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Dalam Bagan). Semarang: Univewrsitas Negeri Semarang.

Slameto. 2008. ”Penyusunan Proposal, Pelaksanaan dan Evaluasi PTK dalam Bidang BK”. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Rangka Pengembangan Profesionalisme Konselor. IKIP PGRI Semarang, Kamis 19 Juni 2008.

Sudjana, H. Nana. 2004. Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Surya, H. Mohamad. 2008. ”Hakikat dan Peranan PTK dalam Pengembangan Profesionalisme Konselor”. Disampaikan dalam Seminar nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Rangka Pengembangan Profesionalisme Konselor. IKIP PGRI Semarang, Kamis 19 Juni 2008.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melengkapi mata kuliah Metodologi Penelitian dikhusukan bagi para guru/calon guru profesional, sebagai sarana pengembangan diri dalam kaitannya dengan pengembangan proses pembelajaran di kelas demi peningkatan hasil belajar siswa. Sebagai bagian dari Penelitian Tindakan (Action Research) metodologi ini dapat diterapkan dalam bidang peningkatan produktivitas, khususnya bidang pendidikan selain oleh guru juga oleh kepala sekolah dan/atau supervisor pendidikan sebagai pelaksana manajemen pendidikan

Learning Outcomes

Lulusan Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar harus memiliki sikap sebagai berikut:

      1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
      2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
      3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
      4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
      5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
      6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
      7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
      8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
      9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
      10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
      11. Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

References

Aqib, Zainal. 2007. Pebelitian Tindakan Kelas. Untuk: Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini – Suhardjono – Spardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachman, Maman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Dalam Bagan). Semarang: Univewrsitas Negeri Semarang.

Slameto. 2008. ”Penyusunan Proposal, Pelaksanaan dan Evaluasi PTK dalam Bidang BK”. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Rangka Pengembangan Profesionalisme Konselor. IKIP PGRI Semarang, Kamis 19 Juni 2008.

Sudjana, H. Nana. 2004. Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Surya, H. Mohamad. 2008. ”Hakikat dan Peranan PTK dalam Pengembangan Profesionalisme Konselor”. Disampaikan dalam Seminar nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Rangka Pengembangan Profesionalisme Konselor. IKIP PGRI Semarang, Kamis 19 Juni 2008.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan baik, benar dan jujur.
  2. Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, menghargai orang lain, dan peduli.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis.
  1. Keterampilan Umum
  1. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan proposal PTK.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis penelitian pendidikan dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan pengertian PTK, kaitkannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan manfaatnya bagi guru dengan benar.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis prinsip dan karakteristik PTK secara logis.
  4. Mahasiswa mampu menemukan kajian teori dan temuan yang relevan.
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan, rumusan masalahan dan tujuan PTK secara sistematis dan ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu membuat siklus dan tahapan siklus PTK secara sistematis, logis dan ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menyusun instrumen PTK.
  4. Mahasiswa mampu menentukan teknik pengumpulan data PTK dengan benar dan  ilmiah.
  5. Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data PTK dengan sistematis dan logis.

References

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan baik, benar dan jujur.
  2. Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, menghargai orang lain, dan peduli.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis.
  1. Keterampilan Umum
  1. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan proposal PTK.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis penelitian pendidikan dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan pengertian PTK, kaitkannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan manfaatnya bagi guru dengan benar.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis prinsip dan karakteristik PTK secara logis.
  4. Mahasiswa mampu menemukan kajian teori dan temuan yang relevan.
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan, rumusan masalahan dan tujuan PTK secara sistematis dan ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu membuat siklus dan tahapan siklus PTK secara sistematis, logis dan ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menyusun instrumen PTK.
  4. Mahasiswa mampu menentukan teknik pengumpulan data PTK dengan benar dan  ilmiah.
  5. Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data PTK dengan sistematis dan logis.

References

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan baik, benar dan jujur.
  2. Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, menghargai orang lain, dan peduli.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis.
  1. Keterampilan Umum
  1. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan proposal PTK.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis penelitian pendidikan dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan pengertian PTK, kaitkannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan manfaatnya bagi guru dengan benar.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis prinsip dan karakteristik PTK secara logis.
  4. Mahasiswa mampu menemukan kajian teori dan temuan yang relevan.
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan, rumusan masalahan dan tujuan PTK secara sistematis dan ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu membuat siklus dan tahapan siklus PTK secara sistematis, logis dan ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menyusun instrumen PTK.
  4. Mahasiswa mampu menentukan teknik pengumpulan data PTK dengan benar dan  ilmiah.
  5. Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data PTK dengan sistematis dan logis.

References

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan baik, benar dan jujur.
  2. Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, menghargai orang lain, dan peduli.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis.
  1. Keterampilan Umum
  1. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan proposal PTK.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis penelitian pendidikan dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan pengertian PTK, kaitkannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan manfaatnya bagi guru dengan benar.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis prinsip dan karakteristik PTK secara logis.
  4. Mahasiswa mampu menemukan kajian teori dan temuan yang relevan.
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan, rumusan masalahan dan tujuan PTK secara sistematis dan ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu membuat siklus dan tahapan siklus PTK secara sistematis, logis dan ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menyusun instrumen PTK.
  4. Mahasiswa mampu menentukan teknik pengumpulan data PTK dengan benar dan  ilmiah.
  5. Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data PTK dengan sistematis dan logis.

References

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan baik, benar dan jujur.
  2. Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, menghargai orang lain, dan peduli.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis.
  1. Keterampilan Umum
  1. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan proposal PTK.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis penelitian pendidikan dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan pengertian PTK, kaitkannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan manfaatnya bagi guru dengan benar.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis prinsip dan karakteristik PTK secara logis.
  4. Mahasiswa mampu menemukan kajian teori dan temuan yang relevan.
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan, rumusan masalahan dan tujuan PTK secara sistematis dan ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu membuat siklus dan tahapan siklus PTK secara sistematis, logis dan ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menyusun instrumen PTK.
  4. Mahasiswa mampu menentukan teknik pengumpulan data PTK dengan benar dan  ilmiah.
  5. Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data PTK dengan sistematis dan logis.

References

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan baik, benar dan jujur.
  2. Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, menghargai orang lain, dan peduli.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis.
  1. Keterampilan Umum
  1. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan proposal PTK.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis penelitian pendidikan dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan pengertian PTK, kaitkannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan manfaatnya bagi guru dengan benar.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis prinsip dan karakteristik PTK secara logis.
  4. Mahasiswa mampu menemukan kajian teori dan temuan yang relevan.
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan, rumusan masalahan dan tujuan PTK secara sistematis dan ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu membuat siklus dan tahapan siklus PTK secara sistematis, logis dan ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menyusun instrumen PTK.
  4. Mahasiswa mampu menentukan teknik pengumpulan data PTK dengan benar dan  ilmiah.
  5. Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data PTK dengan sistematis dan logis.

References

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan baik, benar dan jujur.
  2. Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, menghargai orang lain, dan peduli.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis.
  1. Keterampilan Umum
  1. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan proposal PTK.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis penelitian pendidikan dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan pengertian PTK, kaitkannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan manfaatnya bagi guru dengan benar.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis prinsip dan karakteristik PTK secara logis.
  4. Mahasiswa mampu menemukan kajian teori dan temuan yang relevan.
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan, rumusan masalahan dan tujuan PTK secara sistematis dan ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu membuat siklus dan tahapan siklus PTK secara sistematis, logis dan ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menyusun instrumen PTK.
  4. Mahasiswa mampu menentukan teknik pengumpulan data PTK dengan benar dan  ilmiah.
  5. Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data PTK dengan sistematis dan logis.

References

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  1. Mahasiswa mampu mengerjakan soal dengan baik, benar dan jujur.
  2. Mahasiswa memiliki sikap tanggung jawab, menghargai orang lain, dan peduli.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis.
  1. Keterampilan Umum
  1. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
  2. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil rancangan proposal PTK.
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  1. Penguasaan pengetahuan
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis penelitian pendidikan dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan pengertian PTK, kaitkannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan manfaatnya bagi guru dengan benar.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis prinsip dan karakteristik PTK secara logis.
  4. Mahasiswa mampu menemukan kajian teori dan temuan yang relevan.
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan, rumusan masalahan dan tujuan PTK secara sistematis dan ilmiah.
  2. Mahasiswa mampu membuat siklus dan tahapan siklus PTK secara sistematis, logis dan ilmiah.
  3. Mahasiswa mampu menyusun instrumen PTK.
  4. Mahasiswa mampu menentukan teknik pengumpulan data PTK dengan benar dan  ilmiah.
  5. Mahasiswa mampu menentukan teknik analisis data PTK dengan sistematis dan logis.

References

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.


Details ...