Courser in English | TEACHING LEARNING STRATEGY |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 45 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Memahami dan mengerti silabus serta kontrak perkuliahan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar
- Mampu menjelaskan hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
- Mampu menjelaskan makna belajar dan faktor pendukung belajar
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaraN
- Mampu membedakan masing-masing pendekatan pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing model pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing metode pembelajaran
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar
- Mampu merancang dan mengembang kan media pembelajaran
- Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
References
- Buku ajar SBM yang disusun oleh tim teaching dosen PGSD
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Memahami dan mengerti silabus serta kontrak perkuliahan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar
- Mampu menjelaskan hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
- Mampu menjelaskan makna belajar dan faktor pendukung belajar
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaraN
- Mampu membedakan masing-masing pendekatan pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing model pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing metode pembelajaran
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar
- Mampu merancang dan mengembang kan media pembelajaran
- Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
References
- Buku ajar SBM yang disusun oleh tim teaching dosen PGSD
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Memahami dan mengerti silabus serta kontrak perkuliahan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar
- Mampu menjelaskan hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
- Mampu menjelaskan makna belajar dan faktor pendukung belajar
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaraN
- Mampu membedakan masing-masing pendekatan pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing model pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing metode pembelajaran
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar
- Mampu merancang dan mengembang kan media pembelajaran
- Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
References
- Buku ajar SBM yang disusun oleh tim teaching dosen PGSD
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Memahami dan mengerti silabus serta kontrak perkuliahan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar
- Mampu menjelaskan hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
- Mampu menjelaskan makna belajar dan faktor pendukung belajar
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaraN
- Mampu membedakan masing-masing pendekatan pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing model pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing metode pembelajaran
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar
- Mampu merancang dan mengembang kan media pembelajaran
- Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
References
- Buku ajar SBM yang disusun oleh tim teaching dosen PGSD
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Memahami dan mengerti silabus serta kontrak perkuliahan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar
- Mampu menjelaskan hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
- Mampu menjelaskan makna belajar dan faktor pendukung belajar
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaraN
- Mampu membedakan masing-masing pendekatan pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing model pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing metode pembelajaran
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar
- Mampu merancang dan mengembang kan media pembelajaran
- Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
References
- Buku ajar SBM yang disusun oleh tim teaching dosen PGSD
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Memahami dan mengerti silabus serta kontrak perkuliahan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar
- Mampu menjelaskan hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
- Mampu menjelaskan makna belajar dan faktor pendukung belajar
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaraN
- Mampu membedakan masing-masing pendekatan pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing model pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing metode pembelajaran
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar
- Mampu merancang dan mengembang kan media pembelajaran
- Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
References
- Buku ajar SBM yang disusun oleh tim teaching dosen PGSD
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Memahami dan mengerti silabus serta kontrak perkuliahan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar
- Mampu menjelaskan hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
- Mampu menjelaskan makna belajar dan faktor pendukung belajar
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaraN
- Mampu membedakan masing-masing pendekatan pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing model pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing metode pembelajaran
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar
- Mampu merancang dan mengembang kan media pembelajaran
- Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
References
- Buku ajar SBM yang disusun oleh tim teaching dosen PGSD
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Memahami dan mengerti silabus serta kontrak perkuliahan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar
- Mampu menjelaskan hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
- Mampu menjelaskan makna belajar dan faktor pendukung belajar
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaraN
- Mampu membedakan masing-masing pendekatan pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing model pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing metode pembelajaran
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar
- Mampu merancang dan mengembang kan media pembelajaran
- Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
References
- Buku ajar SBM yang disusun oleh tim teaching dosen PGSD
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Memahami dan mengerti silabus serta kontrak perkuliahan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar
- Mampu menjelaskan hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
- Mampu menjelaskan makna belajar dan faktor pendukung belajar
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaraN
- Mampu membedakan masing-masing pendekatan pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing model pembelajaran
- Mampu membedakan masing-masing metode pembelajaran
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar
- Mampu merancang dan mengembang kan media pembelajaran
- Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
References
- Buku ajar SBM yang disusun oleh tim teaching dosen PGSD
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran SD
ReferencesBuku Diktat SBM
Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran SD
ReferencesBuku Diktat SBM
Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran SD
ReferencesBuku Diktat SBM
Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
Details ...