Courser in English | TEACHING LEARNING STRATEGY |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 45 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran SD
References- Buku Ajar SBM Oleh Tim Teaching
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran SD
References- Buku Ajar SBM Oleh Tim Teaching
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran SD
References- Buku Ajar SBM Oleh Tim Teaching
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa,
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- Penguasaan pengetahuan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar.
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran,
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar,
- Mampu merancang dan mengembangkan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar,
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas,
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
- KeterampilanKhusus
- Menguasai secara mendalam tentang konsep strategi belajar di sekolahdasar,
- Menguasaihakikat, ciri dan komponen belajar mengajar,
- Menguasaiberbagai pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran,
- Menguasaidanmengembangkanmedia pembelajaran di sekolahdasar,
- Menguasaidanmengembangkansumber pembelajaran di sekolahdasar,
- Menguasaivariasi pembelajaran dan pengelolaan kelas,
- Menguasaicaramerancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat.
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila,
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa,
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain,
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik,
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- Penguasaan pengetahuan
- Mampu menjelaskan konsep strategi belajar.
- Mampu membedakan pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran,
- Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar,
- Mampu merancang dan mengembangkan sumber pembelajaran
- Mampu merancang variasi mengajar,
- Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan problematika pengelolaan kelas,
- Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
- KeterampilanKhusus
- Menguasai secara mendalam tentang konsep strategi belajar di sekolahdasar,
- Menguasaihakikat, ciri dan komponen belajar mengajar,
- Menguasaiberbagai pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran,
- Menguasaidanmengembangkanmedia pembelajaran di sekolahdasar,
- Menguasaidanmengembangkansumber pembelajaran di sekolahdasar,
- Menguasaivariasi pembelajaran dan pengelolaan kelas,
- Menguasaicaramerancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat.
- Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
- Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani
Details ...