Courser in English | Classical Guidance |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini meliputi: mendeskripsikan pentingnya bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka, menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal, merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, capaian layanan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, capaian layanan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan klasikal. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal /bimbingan kelas besar bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan, SKKPD, dan capaian layanan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: mendeskripsikan pentingnya bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka, menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal, merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, capaian layanan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, capaian layanan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan klasikal. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal /bimbingan kelas besar bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan, SKKPD, dan capaian layanan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: mendeskripsikan pentingnya bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka, menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal, merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, capaian layanan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, capaian layanan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan klasikal. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal /bimbingan kelas besar bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan, SKKPD, dan capaian layanan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi bimbingan klasikal dan bimbingan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi bimbingan klasikal dan bimbingan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi bimbingan klasikal dan bimbingan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi bimbingan klasikal dan bimbingan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi bimbingan klasikal dan bimbingan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi bimbingan klasikal dan bimbingan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi bimbingan klasikal dan bimbingan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi bimbingan klasikal dan bimbingan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi dan LKPD bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode, strategi, dan teknik bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; menyusun laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2). |
CPMK2 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, SKKPD, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal yang memandirikan dan bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4). |
CPMK3 |
Menguasai materi dan menyusun LKPD bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3) |
CPMK4 |
Menguasai metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode, strategi, teknik, media, dan evaluasi bimbingan klasikal dan bimbingan antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL3). |
CPMK5 |
Terampil merencanakan pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan klasikal bidang: pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5) |
Wajib:
Anjuran :
|
Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).
Details ...