Bimbingan Klasikal , Curriculum : 2020


Courser in EnglishClassical Guidance
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi: menjelaskan konsep dasar bimbingan klasikal; merumuskan tujuan bimbingan klasikal dengan menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan; menarasikan materi bimbingan klasikal; mengombinasikan berbagai metode bimbingan klasikal; menggunakan media bimbingan klasikal; merancang evaluasi proses dan hasil bimbingan klasikal; mendesain Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) bimbingan klasikal; mendesain laporan dan tindak lanjut bimbingan klasikal.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan klasikal yang memandirikan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban (CPL1, CPL2).

 

Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk merumuskan tujuan bimbingan klasikal  yang memandirikan dan  bersifat preventif, developmental, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 3, CPL4).

 

Menguasai materi bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL 3)

 

Menguasai metode pelayanan bimbingan klasikal yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling; Menguasai pendekatan, prosedur, metode dan teknik bimbingan secara klasikal dan  antar kelas untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CPL3).

 

Terampil merancang pelayanan bimbingan klasikal dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan sebagai bentuk tanggung jawab sesuai bidang keahliannya. Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan untuk menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 1, CPL3, .CPL 4, CPL 5)

 

References

Wajib:

  1. Sunawan. 2018.  Perencanaan dan Evaluasi  Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
  2. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
  3. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
  4. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti.
  5. Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP/SMA/SMK. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Anjuran :

  1. Depdiknas. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas..
  2. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung; Rasi Terbit.
  3. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra.
  4. Mastur dan Triyono. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Yogyakarta: Paramitra.
  5. Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
  6. Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  7. Sunawan. 2018. Bahan Kajian 4 Bimbingan Klasikal. PPG Dalam Jabatan. Jakarta: Kementerian Ristekdikti.
  8. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: Paramitra.
  9. Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra.
  10. Winkel, W.S. dan Sri Hastuti, M.M. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Beberapa video (antara lain: video tentang metode, video tentang media).


Details ...