Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 22 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPLProdi yang dibebankan pada MK |
|
|
Sikap(S) |
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis |
||
Pengetahuan (P) |
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar |
||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah |
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPLProdi yang dibebankan pada MK |
|
|
Sikap(S) |
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis |
||
Pengetahuan (P) |
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar |
||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah |
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPLProdi yang dibebankan pada MK |
|
|
Sikap(S) |
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis |
||
Pengetahuan (P) |
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar |
||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah |
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPLProdi yang dibebankan pada MK |
|
|
Sikap(S) |
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis |
||
Pengetahuan (P) |
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar |
||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah |
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPLProdi yang dibebankan pada MK |
|
|
Sikap(S) |
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis |
||
Pengetahuan (P) |
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar |
||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah |
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPLProdi yang dibebankan pada MK |
|
|
Sikap(S) |
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis |
||
Pengetahuan (P) |
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar |
||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah |
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPLProdi yang dibebankan pada MK |
|
|
Sikap(S) |
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis |
||
Pengetahuan (P) |
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar |
||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah |
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPLProdi yang dibebankan pada MK |
|
|
Sikap(S) |
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis |
||
Pengetahuan (P) |
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar |
||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah |
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPLProdi yang dibebankan pada MK |
|
|
Sikap(S) |
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis |
||
Pengetahuan (P) |
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar |
||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah |
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPLProdi yang dibebankan pada MK |
|
|
Sikap(S) |
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis |
||
Pengetahuan (P) |
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar |
||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah |
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...