Konsep Dasar Matematika, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS22 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPLProdi yang dibebankan pada MK

 

Sikap(S)

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis

Pengetahuan (P)

P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

Ketrampilan Umum (KU)

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan  terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah

References

  1. Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
  2. M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
  3. Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPLProdi yang dibebankan pada MK

 

Sikap(S)

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis

Pengetahuan (P)

P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

Ketrampilan Umum (KU)

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan  terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah

References

  1. Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
  2. M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
  3. Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPLProdi yang dibebankan pada MK

 

Sikap(S)

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis

Pengetahuan (P)

P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

Ketrampilan Umum (KU)

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan  terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah

References

  1. Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
  2. M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
  3. Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPLProdi yang dibebankan pada MK

 

Sikap(S)

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis

Pengetahuan (P)

P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

Ketrampilan Umum (KU)

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan  terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah

References

  1. Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
  2. M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
  3. Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPLProdi yang dibebankan pada MK

 

Sikap(S)

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis

Pengetahuan (P)

P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

Ketrampilan Umum (KU)

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan  terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah

References

  1. Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
  2. M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
  3. Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPLProdi yang dibebankan pada MK

 

Sikap(S)

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis

Pengetahuan (P)

P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

Ketrampilan Umum (KU)

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan  terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah

References

  1. Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
  2. M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
  3. Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPLProdi yang dibebankan pada MK

 

Sikap(S)

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis

Pengetahuan (P)

P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

Ketrampilan Umum (KU)

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan  terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah

References

  1. Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
  2. M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
  3. Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPLProdi yang dibebankan pada MK

 

Sikap(S)

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis

Pengetahuan (P)

P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

Ketrampilan Umum (KU)

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan  terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah

References

  1. Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
  2. M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
  3. Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPLProdi yang dibebankan pada MK

 

Sikap(S)

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis

Pengetahuan (P)

P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

Ketrampilan Umum (KU)

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan  terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah

References

  1. Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
  2. M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
  3. Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPLProdi yang dibebankan pada MK

 

Sikap(S)

S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis

Pengetahuan (P)

P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar

Ketrampilan Umum (KU)

KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan  terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran

KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

KU.5.Mampu mengkaji pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi,gagasan atau desain pemecahan masalah

References

  1. Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
  2. M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
  3. Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc


Details ...