Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 22 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri
Learning Outcomes
S.9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.11. Memiliki Sikap unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis
P.2 Menguasai konsep matematika; himpunan; persamaan, fungsi, dan grafikfungsi linear; persamaan, fungsi, dan grafik fungsi kuadrat;logika; Barisan, deret, dan polabilangan; Eksponen, penarikan akar dan logaritma; Permutasi, Kombinasi, dan Peluang; dan PengenalanTrigonometri dan Inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
KU.2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,dan terukur dalam mengembangkan instrument untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan cultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KU.4.Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
References
- Bittinger, L, Marvil (1982). Logic, Proof and Sets (Second Edition).Indiana: IndianaUniversity.
- M, Theresia dan H, Tirta Seputro (1989). Pengantar Dasar Matematika (Logika dan TeoriHimpunan). Jakarta: P2LPTK.
- Larsen, Max D and Fejfar, L James (1974). Essentials of Elementary School Mathematics. London: Academic Press. Inc
Details ...