Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 22 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
mata kuliah Perkembangan Peserta Didik merupakan mata kuliah dengan bobot 2 sks yang membahas mengenai konsep dasar perkembangan peserta didik khususnya remaja sebagai seorang siswa, membahas mengenai hakekat perkembangan pada remaja, tahapan dalam perkembangan remaja, tugas-tugas perkembangan remaja, ciri dan karakteristik remaja sebagai siswa SMP dan SMK, peranan guru (khususn ya guru BK) dalam mengahadapi peserta didik remaja aspek-aspek perkembangan kognitif, perkembangan fisik, perkembangan emosional, perkembangan sosial, perkembangan minat, perkembangan nilai dan moral, permasalahan dan kenakalan pada peserta didik sebagai remaja.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi, penyesuaian diri dan permasalahan siswa.
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan original orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
- Menguasai beberapa perkemabangan dalam kaitannya Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan ilmu Perkembangan Peserta Didik .
- Memiliki karakter kuat berdasarkan Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah .
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah .
References- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta:Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi, penyesuaian diri dan permasalahan siswa.
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan original orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
- Menguasai beberapa perkemabangan dalam kaitannya Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan ilmu Perkembangan Peserta Didik .
- Memiliki karakter kuat berdasarkan Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah .
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah .
References- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta:Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi, penyesuaian diri dan permasalahan siswa.
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan original orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
- Menguasai beberapa perkemabangan dalam kaitannya Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan ilmu Perkembangan Peserta Didik .
- Memiliki karakter kuat berdasarkan Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah .
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah .
References- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta:Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi, penyesuaian diri dan permasalahan siswa.
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan original orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
- Menguasai beberapa perkemabangan dalam kaitannya Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan ilmu Perkembangan Peserta Didik .
- Memiliki karakter kuat berdasarkan Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah .
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah .
References- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta:Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi, penyesuaian diri dan permasalahan siswa.
Learning Outcomes- Sikap
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan original orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Keterampilan Khusus
- Menguasai secara mendalam tentang Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
- Menguasai beberapa perkemabangan dalam kaitannya Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan ilmu Perkembangan Peserta Didik .
- Memiliki karakter kuat berdasarkan Ilmu Perkembangan Peserta Didik.
4. Penguasaan Pengetahuan
a. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah .
b. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan di sekolah .
References- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta:Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
(2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan;
-
References
Details ...
(2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan;
-
References
Details ...
(2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan;
-
References
Details ...
(2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan;
-
References
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosial (e) emosional, (e) nilai, moral dan spiritual; serta (5) permasalahan peserta didik
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentagf perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep da prisip perkembagan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat: (a) Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan, (b) Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
b. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
c. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosial (e) emosional, (e) nilai, moral dan spiritual; serta (5) permasalahan peserta didik
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentagf perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep da prisip perkembagan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat: (a) Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan, (b) Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
b. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
c. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...