Magang II, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP II
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

References

-


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

References

-


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

References

-


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

References

-


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

References

-


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri

References

-


Details ...
Course Descriptions

MAGANG 2 mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan  bobot 2 sks. Melalui  matakuliah ini diharapkan
dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional
(perangkat  pembelajaran)  berdasarkan  karakteristik  siswa,  materi,  serta  menentukan  pendekatan
pembelajaran  dan  model  pembelajaran,  bahan  ajar  dan  penilaian  dengan  mengunakan  teknologi
informasi  baik  untuk  perencanaan  maupun  melaksanakan  dan  mengevaluasi  hasil  pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

MAGANG 2.

1. Standar  Isi  dan  Standar  Kompetensi  Lulusan  pada  masing-masing  mata  pelajaran  dalam
pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
2. Analisis  dan  perancangan PROTA, PROMES, Silabus, RPP, LKPD, Media Pembelajaran serta
Penilaian
3. Pengelolaan kurikulum  dengan  merancang  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  karakteristik  siswa,
dengan  menggunakan  pendekatan,  model,  metode,  bahan  ajar  dan  penilaian  secara  tepat,  serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
4. Keterampilan Dasar Mengajar
5. Praktik Mengajar (Microteaching)

References

. Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

MAGANG 2 mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan  bobot 2 sks. Melalui  matakuliah ini diharapkan
dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional
(perangkat  pembelajaran)  berdasarkan  karakteristik  siswa,  materi,  serta  menentukan  pendekatan
pembelajaran  dan  model  pembelajaran,  bahan  ajar  dan  penilaian  dengan  mengunakan  teknologi
informasi  baik  untuk  perencanaan  maupun  melaksanakan  dan  mengevaluasi  hasil  pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

MAGANG 2.

1. Standar  Isi  dan  Standar  Kompetensi  Lulusan  pada  masing-masing  mata  pelajaran  dalam
pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
2. Analisis  dan  perancangan PROTA, PROMES, Silabus, RPP, LKPD, Media Pembelajaran serta
Penilaian
3. Pengelolaan kurikulum  dengan  merancang  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  karakteristik  siswa,
dengan  menggunakan  pendekatan,  model,  metode,  bahan  ajar  dan  penilaian  secara  tepat,  serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
4. Keterampilan Dasar Mengajar
5. Praktik Mengajar (Microteaching)

References

. Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

MAGANG 2 mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan  bobot 2 sks. Melalui  matakuliah ini diharapkan
dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional
(perangkat  pembelajaran)  berdasarkan  karakteristik  siswa,  materi,  serta  menentukan  pendekatan
pembelajaran  dan  model  pembelajaran,  bahan  ajar  dan  penilaian  dengan  mengunakan  teknologi
informasi  baik  untuk  perencanaan  maupun  melaksanakan  dan  mengevaluasi  hasil  pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

MAGANG 2.

1. Standar  Isi  dan  Standar  Kompetensi  Lulusan  pada  masing-masing  mata  pelajaran  dalam
pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
2. Analisis  dan  perancangan PROTA, PROMES, Silabus, RPP, LKPD, Media Pembelajaran serta
Penilaian
3. Pengelolaan kurikulum  dengan  merancang  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  karakteristik  siswa,
dengan  menggunakan  pendekatan,  model,  metode,  bahan  ajar  dan  penilaian  secara  tepat,  serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
4. Keterampilan Dasar Mengajar
5. Praktik Mengajar (Microteaching)

References

. Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

MAGANG 2 mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan  bobot 2 sks. Melalui  matakuliah ini diharapkan
dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional
(perangkat  pembelajaran)  berdasarkan  karakteristik  siswa,  materi,  serta  menentukan  pendekatan
pembelajaran  dan  model  pembelajaran,  bahan  ajar  dan  penilaian  dengan  mengunakan  teknologi
informasi  baik  untuk  perencanaan  maupun  melaksanakan  dan  mengevaluasi  hasil  pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

MAGANG 2.

1. Standar  Isi  dan  Standar  Kompetensi  Lulusan  pada  masing-masing  mata  pelajaran  dalam
pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
2. Analisis  dan  perancangan PROTA, PROMES, Silabus, RPP, LKPD, Media Pembelajaran serta
Penilaian
3. Pengelolaan kurikulum  dengan  merancang  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  karakteristik  siswa,
dengan  menggunakan  pendekatan,  model,  metode,  bahan  ajar  dan  penilaian  secara  tepat,  serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
4. Keterampilan Dasar Mengajar
5. Praktik Mengajar (Microteaching)

References

. Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

MAGANG 2 mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan  bobot 2 sks. Melalui  matakuliah ini diharapkan
dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional
(perangkat  pembelajaran)  berdasarkan  karakteristik  siswa,  materi,  serta  menentukan  pendekatan
pembelajaran  dan  model  pembelajaran,  bahan  ajar  dan  penilaian  dengan  mengunakan  teknologi
informasi  baik  untuk  perencanaan  maupun  melaksanakan  dan  mengevaluasi  hasil  pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

MAGANG 2.

1. Standar  Isi  dan  Standar  Kompetensi  Lulusan  pada  masing-masing  mata  pelajaran  dalam
pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
2. Analisis  dan  perancangan PROTA, PROMES, Silabus, RPP, LKPD, Media Pembelajaran serta
Penilaian
3. Pengelolaan kurikulum  dengan  merancang  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  karakteristik  siswa,
dengan  menggunakan  pendekatan,  model,  metode,  bahan  ajar  dan  penilaian  secara  tepat,  serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
4. Keterampilan Dasar Mengajar
5. Praktik Mengajar (Microteaching)

References

. Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

MAGANG 2 mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat  wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan  bobot 2 sks. Melalui  matakuliah ini diharapkan
dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional
(perangkat  pembelajaran)  berdasarkan  karakteristik  siswa,  materi,  serta  menentukan  pendekatan
pembelajaran  dan  model  pembelajaran,  bahan  ajar  dan  penilaian  dengan  mengunakan  teknologi
informasi  baik  untuk  perencanaan  maupun  melaksanakan  dan  mengevaluasi  hasil  pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

MAGANG 2.

1. Standar  Isi  dan  Standar  Kompetensi  Lulusan  pada  masing-masing  mata  pelajaran  dalam
pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
2. Analisis  dan  perancangan PROTA, PROMES, Silabus, RPP, LKPD, Media Pembelajaran serta
Penilaian
3. Pengelolaan kurikulum  dengan  merancang  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  karakteristik  siswa,
dengan  menggunakan  pendekatan,  model,  metode,  bahan  ajar  dan  penilaian  secara  tepat,  serta memanfaatkan teknologi dan informasi (TPACK)
4. Keterampilan Dasar Mengajar
5. Praktik Mengajar (Microteaching)

References

. Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...