Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP II |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 49 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching
References-
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References-
Details ...
Mahasiswa ..
Learning Outcomes-
ReferencesBuku Pedoman magang 2
Undang-Undang
Details ...
Program magang merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan. Magang merupakan kegiatan akademis dan praktis yang lebih memfokuskan pada bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah. Selain itu, keberadaan program magang II Kependidikan ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam bidang akademik dan profesi.
Learning OutcomesProgram Magang II Kependidikan bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran melalui:
1. penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran/layanan yang digunakan guru (silabus, pemetaan tema, RPP/RPL, media, bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian);
2. penelaahan strategi pembelajaran/layanan;
3. penelaahan sistem evaluasi;
4. pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, media, bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian);
5. pelaksanaan PBM dalam bentuk peer teaching/peer counseling.
ReferencesUndang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Presiden no 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentag Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Details ...
Mahasiswa terlibat dan berperan aktif dalam perkuliahan dengan pokok bahasan pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2, instrument magang II, batas tugas magang ii di sekolah melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, rpp,bahan ajar, media, insrumen penilaian, menelaah kurikulum, perangkat pembelajaran yang dibuat guru model dan melakukan observasi ke kelas, menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran, menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran, memahami dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, menyiapkan perangkat pembelajaran mikro teachin, dengan metode pembelajaran inkuiri, diskusi, tanya jawab, presentasi, dan praktik pembelajaran peer teaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mencapai tujuan perkuliahan Magang II dengan memahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang II memahami instrument magang II, menjelaskan batas tugas magang ii di sekolah melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, rpp,bahan ajar, media, insrumen penilaian, menelaah kurikulum, perangkat pembelajaran yang dibuat guru model dan melakukan observasi ke kelas, menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran, menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran, memahami dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, menyiapkan perangkat pembelajaran mikro teachin, dan melakukan praktik pembelajaran peer teaching.
ReferencesTim. 2017. Pedoman Magang II Kependidikan. Semarang: Upgris
Silabus Bahasa Indonesia SMA dan SMP Kurikulum 2013
Details ...
Mahasiswa terlibat dan berperan aktif dalam perkuliahan dengan pokok bahasan pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2, instrument magang II, batas tugas magang ii di sekolah melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, rpp,bahan ajar, media, insrumen penilaian, menelaah kurikulum, perangkat pembelajaran yang dibuat guru model dan melakukan observasi ke kelas, menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran, menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran, memahami dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, menyiapkan perangkat pembelajaran mikro teachin, dengan metode pembelajaran inkuiri, diskusi, tanya jawab, presentasi, dan praktik pembelajaran peer teaching.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mencapai tujuan perkuliahan Magang II dengan memahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang II memahami instrument magang II, menjelaskan batas tugas magang ii di sekolah melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, rpp,bahan ajar, media, insrumen penilaian, menelaah kurikulum, perangkat pembelajaran yang dibuat guru model dan melakukan observasi ke kelas, menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran, menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran, memahami dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, menyiapkan perangkat pembelajaran mikro teachin, dan melakukan praktik pembelajaran peer teaching.
ReferencesTim. 2017. Pedoman Magang II Kependidikan. Semarang: Upgris
Silabus Bahasa Indonesia SMA dan SMP Kurikulum 2013
Details ...
Mahasiswa mampu melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.
Learning OutcomesMelakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.
ReferencesKurikulum 2013 SMP sederajat
Kurikulum 2013 SMA/SMK sederajat
KTSP
Sistematika Perangkat pembelajaran sesuai permen No.20 dan No.21
Pedoman PBM dikelas
Details ...
Mahasiswa mampu melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.
Learning OutcomesMelakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.
ReferencesKurikulum 2013 SMP sederajat
Kurikulum 2013 SMA/SMK sederajat
KTSP
Sistematika Perangkat pembelajaran sesuai permen No.20 dan No.21
Pedoman PBM dikelas
Details ...
Mahasiswa mampu melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.
Learning OutcomesMelakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.
ReferencesKurikulum 2013 SMP sederajat
Kurikulum 2013 SMA/SMK sederajat
KTSP
Sistematika Perangkat pembelajaran sesuai permen No.20 dan No.21
Pedoman PBM dikelas
Details ...
Memahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2,
Memahami instrument Magang II, Menjelaskan batas tugas Magang II di sekolah
Learning OutcomesMelakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian
Menelaah kurikulum, perangkat pembelajaran yang dibuat guru model dan melakukan observasi ke kelas
Menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran
Menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran
Memahami Dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar
Melakukan praktik pembelajaran peer teaching
References
buku pedoman magang II UPGRIS 2017
Details ...
Memahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2,
Memahami instrument Magang II, Menjelaskan batas tugas Magang II di sekolah
Learning OutcomesMelakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian
Menelaah kurikulum, perangkat pembelajaran yang dibuat guru model dan melakukan observasi ke kelas
Menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran
Menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran
Memahami Dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar
Melakukan praktik pembelajaran peer teaching
References
buku pedoman magang II UPGRIS 2017
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.
Learning OutcomesMahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki
seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga
mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran
guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian,
sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.
References-
Details ...