Magang II, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP II
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa ..

Learning Outcomes

-

References

Buku Pedoman magang 2

Undang-Undang


Details ...
Course Descriptions

Program magang merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jatidiri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru, mengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan. Magang merupakan kegiatan akademis dan praktis yang lebih memfokuskan pada bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah. Selain itu, keberadaan program magang II Kependidikan ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa  dalam bidang akademik dan profesi.

Learning Outcomes

Program Magang II Kependidikan bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran melalui:

1.  penelaahan kurikulum dan perangkat pembelajaran/layanan yang digunakan guru (silabus, pemetaan tema, RPP/RPL, media, bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian);

2.  penelaahan strategi pembelajaran/layanan;

3.  penelaahan sistem evaluasi;

4.  pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, media, bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian);

5.  pelaksanaan PBM dalam bentuk  peer teaching/peer counseling.

References

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Presiden no 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentag Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.


Details ...
Course Descriptions

 

Mahasiswa terlibat dan berperan aktif dalam perkuliahan dengan pokok bahasan pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2, instrument magang II, batas tugas magang ii di sekolah melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, rpp,bahan ajar, media, insrumen penilaian, menelaah kurikulum, perangkat  pembelajaran yang dibuat guru model  dan melakukan observasi ke kelas, menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran, menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran, memahami dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, menyiapkan perangkat pembelajaran mikro teachin, dengan metode pembelajaran inkuiri, diskusi, tanya jawab, presentasi, dan  praktik pembelajaran peer teaching.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mencapai tujuan perkuliahan Magang II dengan memahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang II memahami  instrument magang II, menjelaskan batas tugas magang ii di sekolah melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, rpp,bahan ajar, media, insrumen penilaian, menelaah kurikulum, perangkat  pembelajaran yang dibuat guru model  dan melakukan observasi ke kelas, menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran, menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran, memahami dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, menyiapkan perangkat pembelajaran mikro teachin, dan  melakukan praktik pembelajaran peer teaching.

References

Tim. 2017. Pedoman Magang II Kependidikan. Semarang: Upgris

Silabus Bahasa Indonesia SMA dan SMP Kurikulum 2013

 


Details ...
Course Descriptions

 

Mahasiswa terlibat dan berperan aktif dalam perkuliahan dengan pokok bahasan pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2, instrument magang II, batas tugas magang ii di sekolah melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, rpp,bahan ajar, media, insrumen penilaian, menelaah kurikulum, perangkat  pembelajaran yang dibuat guru model  dan melakukan observasi ke kelas, menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran, menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran, memahami dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, menyiapkan perangkat pembelajaran mikro teachin, dengan metode pembelajaran inkuiri, diskusi, tanya jawab, presentasi, dan  praktik pembelajaran peer teaching.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mencapai tujuan perkuliahan Magang II dengan memahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang II memahami  instrument magang II, menjelaskan batas tugas magang ii di sekolah melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, rpp,bahan ajar, media, insrumen penilaian, menelaah kurikulum, perangkat  pembelajaran yang dibuat guru model  dan melakukan observasi ke kelas, menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran, menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran, memahami dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar, menyiapkan perangkat pembelajaran mikro teachin, dan  melakukan praktik pembelajaran peer teaching.

References

Tim. 2017. Pedoman Magang II Kependidikan. Semarang: Upgris

Silabus Bahasa Indonesia SMA dan SMP Kurikulum 2013

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.

Learning Outcomes

Melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.

References

Kurikulum 2013 SMP sederajat

Kurikulum 2013 SMA/SMK sederajat

KTSP

Sistematika Perangkat pembelajaran sesuai permen No.20 dan No.21

Pedoman PBM dikelas

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.

Learning Outcomes

Melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.

References

Kurikulum 2013 SMP sederajat

Kurikulum 2013 SMA/SMK sederajat

KTSP

Sistematika Perangkat pembelajaran sesuai permen No.20 dan No.21

Pedoman PBM dikelas

 


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.

Learning Outcomes

Melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian, dan terampil dalam mengajar proses PBM di kelas.

References

Kurikulum 2013 SMP sederajat

Kurikulum 2013 SMA/SMK sederajat

KTSP

Sistematika Perangkat pembelajaran sesuai permen No.20 dan No.21

Pedoman PBM dikelas


Details ...
Course Descriptions

Memahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2, 

Memahami  instrument Magang II, Menjelaskan batas tugas Magang II di sekolah

Learning Outcomes

Melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian

Menelaah kurikulum, perangkat  pembelajaran yang dibuat guru model  dan melakukan observasi ke kelas

Menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran

Menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran

Memahami Dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar

Melakukan praktik pembelajaran peer teaching

 

References

buku pedoman magang II UPGRIS 2017


Details ...
Course Descriptions

Memahami pengertian, tahapan dan tugas-tugas magang 2, 

Memahami  instrument Magang II, Menjelaskan batas tugas Magang II di sekolah

Learning Outcomes

Melakukan review perangkat pembelajaran produk dari matakuliah prasyarat sebelumnya: kurikulum,silabus, RPP,bahan ajar, media, insrumen penilaian

Menelaah kurikulum, perangkat  pembelajaran yang dibuat guru model  dan melakukan observasi ke kelas

Menyajikan hasil telaah perangkat pembelajaran

Menyajikan hasil analisis dan observasi media dan strategi pembelajaran

Memahami Dasar komunikasi dan ketrampilan dasar mengajar

Melakukan praktik pembelajaran peer teaching

 

References

buku pedoman magang II UPGRIS 2017


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching. Kegiatan Magang 2 terdiri dari 3 bagian : 1) mempelajari teori dan praktik pembuatan perangkat pembelajaran, di kampus 2) Telaah perangkat pembelajarn, strategi pembelajaran dan system evaluasi melalui Magang selama 2 minggu di sekolah latihan, 3) praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri  menjadi calon pendidik yang memiliki

seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga

mampu menelaah, merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran

guna menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian,

sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

-


Details ...