Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
mata kuliah Apresiasi Sastra anak berkenaan dengan hal ihwal apresiasi sastra dan implikasinya bagi pembelajaran sastra di SD. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar apresiasi sastra, (2) konsep dasar pendekatan apresiasi sastra, (3) apresiasi puisi, (4) apresiasi prosa fiksi, (5) apresiasi drama, dan (6) pembelajaran apresiasi sastra di SD. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep apresiasi sastra dan melakukan kegiatan apresiasi sastra serta mampu pula menarik implikasinya bagi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan tepat.
Learning Outcomescapaian Pembelajaran Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
1. menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
3. mampu membina siswa SD yang memiliki wawasan dan keterampilan apresiasi seni sastra dan budaya lainnya sesuai dengan budaya nasional dan kearifan lokal jawa tengah
4. memahami konsep dasar apresiasi seni sastra, berbagai pendekatan dalam apresiasi seni sastra, mengparesiasi puisi, prosa dan drama dengan berbagai pendekatan, serta memahami konsep pembelajaran apresiasi seni sastra di SD.
ReferencesAminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo.
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Press.
Details ...
mata kuliah Apresiasi Sastra anak berkenaan dengan hal ihwal apresiasi sastra dan implikasinya bagi pembelajaran sastra di SD. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar apresiasi sastra, (2) konsep dasar pendekatan apresiasi sastra, (3) apresiasi puisi, (4) apresiasi prosa fiksi, (5) apresiasi drama, dan (6) pembelajaran apresiasi sastra di SD. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep apresiasi sastra dan melakukan kegiatan apresiasi sastra serta mampu pula menarik implikasinya bagi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan tepat.
Learning Outcomescapaian Pembelajaran Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
1. menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
3. mampu membina siswa SD yang memiliki wawasan dan keterampilan apresiasi seni sastra dan budaya lainnya sesuai dengan budaya nasional dan kearifan lokal jawa tengah
4. memahami konsep dasar apresiasi seni sastra, berbagai pendekatan dalam apresiasi seni sastra, mengparesiasi puisi, prosa dan drama dengan berbagai pendekatan, serta memahami konsep pembelajaran apresiasi seni sastra di SD.
ReferencesAminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo.
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Press.
Details ...
mata kuliah Apresiasi Sastra anak berkenaan dengan hal ihwal apresiasi sastra dan implikasinya bagi pembelajaran sastra di SD. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar apresiasi sastra, (2) konsep dasar pendekatan apresiasi sastra, (3) apresiasi puisi, (4) apresiasi prosa fiksi, (5) apresiasi drama, dan (6) pembelajaran apresiasi sastra di SD. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep apresiasi sastra dan melakukan kegiatan apresiasi sastra serta mampu pula menarik implikasinya bagi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan tepat.
Learning Outcomescapaian Pembelajaran Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
1. menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
3. mampu membina siswa SD yang memiliki wawasan dan keterampilan apresiasi seni sastra dan budaya lainnya sesuai dengan budaya nasional dan kearifan lokal jawa tengah
4. memahami konsep dasar apresiasi seni sastra, berbagai pendekatan dalam apresiasi seni sastra, mengparesiasi puisi, prosa dan drama dengan berbagai pendekatan, serta memahami konsep pembelajaran apresiasi seni sastra di SD.
ReferencesAminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo.
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Press.
Details ...
mata kuliah Apresiasi Sastra anak berkenaan dengan hal ihwal apresiasi sastra dan implikasinya bagi pembelajaran sastra di SD. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar apresiasi sastra, (2) konsep dasar pendekatan apresiasi sastra, (3) apresiasi puisi, (4) apresiasi prosa fiksi, (5) apresiasi drama, dan (6) pembelajaran apresiasi sastra di SD. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep apresiasi sastra dan melakukan kegiatan apresiasi sastra serta mampu pula menarik implikasinya bagi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan tepat.
Learning Outcomescapaian Pembelajaran Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
1. menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
3. mampu membina siswa SD yang memiliki wawasan dan keterampilan apresiasi seni sastra dan budaya lainnya sesuai dengan budaya nasional dan kearifan lokal jawa tengah
4. memahami konsep dasar apresiasi seni sastra, berbagai pendekatan dalam apresiasi seni sastra, mengparesiasi puisi, prosa dan drama dengan berbagai pendekatan, serta memahami konsep pembelajaran apresiasi seni sastra di SD.
ReferencesAminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo.
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Press.
Details ...
mata kuliah Apresiasi Sastra anak berkenaan dengan hal ihwal apresiasi sastra dan implikasinya bagi pembelajaran sastra di SD. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar apresiasi sastra, (2) konsep dasar pendekatan apresiasi sastra, (3) apresiasi puisi, (4) apresiasi prosa fiksi, (5) apresiasi drama, dan (6) pembelajaran apresiasi sastra di SD. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep apresiasi sastra dan melakukan kegiatan apresiasi sastra serta mampu pula menarik implikasinya bagi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan tepat.
Learning Outcomescapaian Pembelajaran Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
1. menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
3. mampu membina siswa SD yang memiliki wawasan dan keterampilan apresiasi seni sastra dan budaya lainnya sesuai dengan budaya nasional dan kearifan lokal jawa tengah
4. memahami konsep dasar apresiasi seni sastra, berbagai pendekatan dalam apresiasi seni sastra, mengparesiasi puisi, prosa dan drama dengan berbagai pendekatan, serta memahami konsep pembelajaran apresiasi seni sastra di SD.
ReferencesAminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo.
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Press.
Details ...
mata kuliah Apresiasi Sastra anak berkenaan dengan hal ihwal apresiasi sastra dan implikasinya bagi pembelajaran sastra di SD. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar apresiasi sastra, (2) konsep dasar pendekatan apresiasi sastra, (3) apresiasi puisi, (4) apresiasi prosa fiksi, (5) apresiasi drama, dan (6) pembelajaran apresiasi sastra di SD. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep apresiasi sastra dan melakukan kegiatan apresiasi sastra serta mampu pula menarik implikasinya bagi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan tepat.
Learning Outcomescapaian Pembelajaran Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
1. menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
3. mampu membina siswa SD yang memiliki wawasan dan keterampilan apresiasi seni sastra dan budaya lainnya sesuai dengan budaya nasional dan kearifan lokal jawa tengah
4. memahami konsep dasar apresiasi seni sastra, berbagai pendekatan dalam apresiasi seni sastra, mengparesiasi puisi, prosa dan drama dengan berbagai pendekatan, serta memahami konsep pembelajaran apresiasi seni sastra di SD.
ReferencesAminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo.
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Press.
Details ...
mata kuliah Apresiasi Sastra anak berkenaan dengan hal ihwal apresiasi sastra dan implikasinya bagi pembelajaran sastra di SD. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar apresiasi sastra, (2) konsep dasar pendekatan apresiasi sastra, (3) apresiasi puisi, (4) apresiasi prosa fiksi, (5) apresiasi drama, dan (6) pembelajaran apresiasi sastra di SD. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep apresiasi sastra dan melakukan kegiatan apresiasi sastra serta mampu pula menarik implikasinya bagi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan tepat.
Learning Outcomescapaian Pembelajaran Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
1. menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
3. mampu membina siswa SD yang memiliki wawasan dan keterampilan apresiasi seni sastra dan budaya lainnya sesuai dengan budaya nasional dan kearifan lokal jawa tengah
4. memahami konsep dasar apresiasi seni sastra, berbagai pendekatan dalam apresiasi seni sastra, mengparesiasi puisi, prosa dan drama dengan berbagai pendekatan, serta memahami konsep pembelajaran apresiasi seni sastra di SD.
ReferencesAminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo.
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Press.
Details ...