Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori apresiasi sastra anak. Perkuliahan diawali dengan membahas hakekat apresiasi sastra anak (pengertian, wilayah Garapan, status kehadiran , pendorong kehadiran, manfaat, tujuan). Topik berikutnya adalah berbagai pendekatan apresiasi sastra anak . Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah apresiasi sastra anak, karya sastra (puisi anak, cerpen anak, drama anak). |
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK | PEMBELAJARAN |
Sikap (S) | S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam |
Pengetahuan (P) | P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar; P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar. P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional; |
Ketrampilan Umum (KU) |
KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni; |
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar; |
References
Utama |
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo. |
Pendukung |
1. Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2. Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia. 3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press. 4. Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia |
5. Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Pre |
Details ...
mata kuliah Apresiasi Sastra anak berkenaan dengan hal ihwal apresiasi sastra dan implikasinya bagi pembelajaran sastra di SD. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar apresiasi sastra, (2) konsep dasar pendekatan apresiasi sastra, (3) apresiasi puisi, (4) apresiasi prosa fiksi, (5) apresiasi drama, dan (6) pembelajaran apresiasi sastra di SD. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep apresiasi sastra dan melakukan kegiatan apresiasi sastra serta mampu pula menarik implikasinya bagi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan tepat.
Learning Outcomescapaian Pembelajaran Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
1. menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
2. mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
3. mampu membina siswa SD yang memiliki wawasan dan keterampilan apresiasi seni sastra dan budaya lainnya sesuai dengan budaya nasional dan kearifan lokal jawa tengah
4. memahami konsep dasar apresiasi seni sastra, berbagai pendekatan dalam apresiasi seni sastra, mengparesiasi puisi, prosa dan drama dengan berbagai pendekatan, serta memahami konsep pembelajaran apresiasi seni sastra di SD.
ReferencesAminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algresindo.
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotik Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Sumardjo J. & Saini K.M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia
Mulyaningsih, Indrya. 2015. Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas Melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Press.
Details ...