Courser in English | RESEARCH METHODOLOGY |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan
berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua
mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian
meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan
fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mampu:
1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir
2. membuat proposal skripsi
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan
berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua
mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian
meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan
fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mampu:
1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir
2. membuat proposal skripsi
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan
berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua
mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian
meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan
fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mampu:
1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir
2. membuat proposal skripsi
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan
berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua
mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian
meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan
fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mampu:
1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir
2. membuat proposal skripsi
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan
berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua
mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian
meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan
fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mampu:
1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir
2. membuat proposal skripsi
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan
berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua
mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian
meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan
fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mampu:
1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir
2. membuat proposal skripsi
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan
berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua
mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian
meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan
fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mampu:
1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir
2. membuat proposal skripsi
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan
berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua
mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian
meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan
fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
Learning OutcomesMahasiswa mampu:
1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir
2. membuat proposal skripsi
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Learning OutcomesDapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Learning OutcomesDapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulanMata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Learning Outcomessetelah mengikuti mata kuliah metodologi penelitian, mahasisiswa diharapkan dapat menentukan dan mengaplikasikan metode penelitian dalam penyelesaian tugas akhir.
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...
Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulanMata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan
Learning Outcomessetelah mengikuti mata kuliah metodologi penelitian, mahasisiswa diharapkan dapat menentukan dan mengaplikasikan metode penelitian dalam penyelesaian tugas akhir.
ReferencesSukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.
Details ...