Metode Penelitian, Curriculum : 2015


Courser in EnglishRESEARCH METHODOLOGY
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan

berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua

mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian

meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan

fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir

2. membuat proposal skripsi

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan

berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua

mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian

meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan

fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir

2. membuat proposal skripsi

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan

berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua

mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian

meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan

fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir

2. membuat proposal skripsi

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan

berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua

mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian

meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan

fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir

2. membuat proposal skripsi

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan

berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua

mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian

meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan

fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir

2. membuat proposal skripsi

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan

berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua

mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian

meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan

fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir

2. membuat proposal skripsi

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan

berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua

mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian

meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan

fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir

2. membuat proposal skripsi

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan

berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua

mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian

meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan

fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Capaian Pembelajaran : Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu:

1. mengajukan judul karya ilmiah (skripsi) dalam rangka mempersiapkan tugas akhir

2. membuat proposal skripsi

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Page 6/7. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 25-02-2019 01:09:36

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Learning Outcomes

Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Learning Outcomes

Dapat melaksanakana Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulanMata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Learning Outcomes

setelah mengikuti mata kuliah metodologi penelitian, mahasisiswa diharapkan dapat menentukan dan mengaplikasikan metode penelitian dalam penyelesaian tugas akhir.

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulanMata kuliah metodologi penelitian pendidikan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa tentang pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan Tugas Akhir (TA). Mata kuliah ini bersifat pre request dan wajib ditempuh bagi semua mahasiswa, baik yang mengambil jalur skripsi (TAS) ataupun non skripsi (TABS). Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis metode penelitian meliputi kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi masalah, ulasan keputusan, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan

Learning Outcomes

setelah mengikuti mata kuliah metodologi penelitian, mahasisiswa diharapkan dapat menentukan dan mengaplikasikan metode penelitian dalam penyelesaian tugas akhir.

References

Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfa Beta.


Details ...