Courser in English | RESEARCH METHODOLOGY |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
1. Kontrak perkulahan, memahami konsep dasar penelitian. 2. memahami konsep dasar penelitian metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.3. Menjelaskan dan membedakan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. 4. Penjelasan metode penelitian kuantitatif. 5. memahami metode penelitian kuantitatif ( metode asosiatif). 6. memahami metode penelitian kuantitatif (jenis Expo Facto). 7. memahami terkait metode penelitian kuantitatif ( penelitian Eksperimen). 8. cara pembuatan proposal PTK dengan jenis pendekatan .. kuantitatif. 9. Memahami cara pemilihan judul penelitian terkait pembelajaran di kelas. 10. Membuat proposal Penelitian Tindakan Kelas mulai dari BAB 1 (Pendahuluan) .11. Pembuatan proposal penelitian tindakan kelas pada BAB II ( Kajian Teori). 12. cara Pembuatan Proposal Penelitian Tindaka kelas pada BAB ( Metodologi Penelitian). 13. Membuat proposal penelitian dengan pendekatan kualitatif (PTK). 14. Membuat Proposal PTK dengan pendekatan kuantitatif. 15. Membuat proposal penellitian dengan pendekatan metode kuantitatif. 16. Pengumpulan hasil tugas pembuatan proposal PTK dengan pendekatan metode kuantitatif.
Learning Outcomes1. memahami tentang pengertian penelitian, jenis penelitian, ciri-ciri penelitian fungsi penelitian..2. memahami metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. 3. memahami perbedaan penelitian kuantitatif dn kualitatif. 4. memiliki kemampuan manganalisis pemsalahan terkait penelitian. 5. memiliki kemampuan menganalisis Proses penelitian dari pendahuluan sampai analisis data.. 6. Memiliki kemampuan manganalisis proses penelitian sampai dengan analisis data. 7. memiliki kemampuan mengkaji langkah-langkah pembuatan proposal penelitian tindakan kelas .8. paham cara pembuatan proposal penelitian tindakan kelas. 9. Paham cara pembuatan proposal PTK mulai dari BAB I ( pendahuluan). 10. Penyempurnaan pembuatan proposal PTK pada BAB 1.(Pendahuluan). 11. dapat menyusun proposal PTK pada BAB II9Kajian teori). 12. Penyempurnaan proposal pada BAB II (kajian teori). 13. Mampu membuat proposal penelitian dengan pendekatan kuantitatif. 14. Mampu membuat proposal penelitian tindakan kelas pada BAB II ( Metodologi Penelitian). 15. Penyusunan proposal dqari BAB I, pendahuluan, BAB II Kajian Teori dan BAB III ( Metodologi Penelitian). 16 pengumpulan Proposal penelitian (Proposal PTK ).
References
Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Sumanto, 1990. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yoyakarta: Adi Offset
Sugiyono, 2010, Metode penelitian Pendidikan, Bandung : Alfa Beta
Details ...
1. Kontrak perkulahan, memahami konsep dasar penelitian. 2. memahami konsep dasar penelitian metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.3. Menjelaskan dan membedakan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. 4. Penjelasan metode penelitian kuantitatif. 5. memahami metode penelitian kuantitatif ( metode asosiatif). 6. memahami metode penelitian kuantitatif (jenis Expo Facto). 7. memahami terkait metode penelitian kuantitatif ( penelitian Eksperimen). 8. cara pembuatan proposal PTK dengan jenis pendekatan .. kuantitatif. 9. Memahami cara pemilihan judul penelitian terkait pembelajaran di kelas. 10. Membuat proposal Penelitian Tindakan Kelas mulai dari BAB 1 (Pendahuluan) .11. Pembuatan proposal penelitian tindakan kelas pada BAB II ( Kajian Teori). 12. cara Pembuatan Proposal Penelitian Tindaka kelas pada BAB ( Metodologi Penelitian). 13. Membuat proposal penelitian dengan pendekatan kualitatif (PTK). 14. Membuat Proposal PTK dengan pendekatan kuantitatif. 15. Membuat proposal penellitian dengan pendekatan metode kuantitatif. 16. Pengumpulan hasil tugas pembuatan proposal PTK dengan pendekatan metode kuantitatif.
Learning Outcomes1. memahami tentang pengertian penelitian, jenis penelitian, ciri-ciri penelitian fungsi penelitian..2. memahami metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. 3. memahami perbedaan penelitian kuantitatif dn kualitatif. 4. memiliki kemampuan manganalisis pemsalahan terkait penelitian. 5. memiliki kemampuan menganalisis Proses penelitian dari pendahuluan sampai analisis data.. 6. Memiliki kemampuan manganalisis proses penelitian sampai dengan analisis data. 7. memiliki kemampuan mengkaji langkah-langkah pembuatan proposal penelitian tindakan kelas .8. paham cara pembuatan proposal penelitian tindakan kelas. 9. Paham cara pembuatan proposal PTK mulai dari BAB I ( pendahuluan). 10. Penyempurnaan pembuatan proposal PTK pada BAB 1.(Pendahuluan). 11. dapat menyusun proposal PTK pada BAB II9Kajian teori). 12. Penyempurnaan proposal pada BAB II (kajian teori). 13. Mampu membuat proposal penelitian dengan pendekatan kuantitatif. 14. Mampu membuat proposal penelitian tindakan kelas pada BAB II ( Metodologi Penelitian). 15. Penyusunan proposal dqari BAB I, pendahuluan, BAB II Kajian Teori dan BAB III ( Metodologi Penelitian). 16 pengumpulan Proposal penelitian (Proposal PTK ).
References
Sukardi, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Sumanto, 1990. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yoyakarta: Adi Offset
Sugiyono, 2010, Metode penelitian Pendidikan, Bandung : Alfa Beta
Details ...