Courser in English | Basic Concepts of Early Childhood Education |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Learning Outcomesmahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan PAUD zaman dahuludan zaman sekarang baik dari tokoh barat maupun dalam negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan mengintegrasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.
References1. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing.
2. Getswicki,Carol. 2007. Developmentally Appropriate Curriculum and Development In Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning.
3. Yuliani, Nuraini. 2007. Konsep Dasar PAUD . Jakarta .UNJ.
4. Bandura, A. 1994. Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection. New York : Plenum Press
5. Soedjiarto. 2000. Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet. 2005.
6. Piaget, J. 1929. The Childs Conception of the World NY :Harcourt, Brace Jevanovich.
7. Kartono, Kartini. 1990. Psikologi Umum. Bandung : Mandar Maju
8. Santoso, Soegeng. 2000. Problematika Pendidikan dan Cra Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
9. ---.2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Learning Outcomesmahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan PAUD zaman dahuludan zaman sekarang baik dari tokoh barat maupun dalam negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan mengintegrasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.
References1. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing.
2. Getswicki,Carol. 2007. Developmentally Appropriate Curriculum and Development In Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning.
3. Yuliani, Nuraini. 2007. Konsep Dasar PAUD . Jakarta .UNJ.
4. Bandura, A. 1994. Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection. New York : Plenum Press
5. Soedjiarto. 2000. Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet. 2005.
6. Piaget, J. 1929. The Childs Conception of the World NY :Harcourt, Brace Jevanovich.
7. Kartono, Kartini. 1990. Psikologi Umum. Bandung : Mandar Maju
8. Santoso, Soegeng. 2000. Problematika Pendidikan dan Cra Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
9. ---.2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Learning Outcomesmahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan PAUD zaman dahuludan zaman sekarang baik dari tokoh barat maupun dalam negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan mengintegrasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.
References1. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing.
2. Getswicki,Carol. 2007. Developmentally Appropriate Curriculum and Development In Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning.
3. Yuliani, Nuraini. 2007. Konsep Dasar PAUD . Jakarta .UNJ.
4. Bandura, A. 1994. Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection. New York : Plenum Press
5. Soedjiarto. 2000. Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet. 2005.
6. Piaget, J. 1929. The Childs Conception of the World NY :Harcourt, Brace Jevanovich.
7. Kartono, Kartini. 1990. Psikologi Umum. Bandung : Mandar Maju
8. Santoso, Soegeng. 2000. Problematika Pendidikan dan Cra Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
9. ---.2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Learning Outcomesmahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan PAUD zaman dahuludan zaman sekarang baik dari tokoh barat maupun dalam negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan mengintegrasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.
References1. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing.
2. Getswicki,Carol. 2007. Developmentally Appropriate Curriculum and Development In Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning.
3. Yuliani, Nuraini. 2007. Konsep Dasar PAUD . Jakarta .UNJ.
4. Bandura, A. 1994. Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection. New York : Plenum Press
5. Soedjiarto. 2000. Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet. 2005.
6. Piaget, J. 1929. The Childs Conception of the World NY :Harcourt, Brace Jevanovich.
7. Kartono, Kartini. 1990. Psikologi Umum. Bandung : Mandar Maju
8. Santoso, Soegeng. 2000. Problematika Pendidikan dan Cra Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
9. ---.2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Learning Outcomesmahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan PAUD zaman dahuludan zaman sekarang baik dari tokoh barat maupun dalam negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan mengintegrasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.
References1. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing.
2. Getswicki,Carol. 2007. Developmentally Appropriate Curriculum and Development In Early Education. Canada : Thomson Delmar Learning.
3. Yuliani, Nuraini. 2007. Konsep Dasar PAUD . Jakarta .UNJ.
4. Bandura, A. 1994. Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection. New York : Plenum Press
5. Soedjiarto. 2000. Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet. 2005.
6. Piaget, J. 1929. The Childs Conception of the World NY :Harcourt, Brace Jevanovich.
7. Kartono, Kartini. 1990. Psikologi Umum. Bandung : Mandar Maju
8. Santoso, Soegeng. 2000. Problematika Pendidikan dan Cra Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
9. ---.2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Details ...
Mata Kuliah Konsep Dasar PAUD merupakan mata kuliah inti yang bersifat wajib ditempuh oleh semua mahasiswa PG PAUD. Bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep DAP dan Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Kil Patrick, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Froebel, Montessori, dan Brunner) dan Ki Hajar Dewantara. Perkuliahan ini juga membahas tentang Karakteristik peserta didik, Teori Behavioristik, teori Kognitif, Teori Konstruktivisme, teori humanistic.
Mahasiswa diajak menganalisis setiap teori yang sesuai dengan perkembangan anak sesuai dengan lingkungan social budaya yang ada. Selanjutnya Mahasiswa menghasilkan kerangka penerapan teori sesuai dengan Perkembangan Anak sebagai tugas akhir mata kuliah ini
Learning Outcomes
Menelaah paradigm dan hakikat pendidikan anak usia dini berdasarkan nilai, norma dan etika akademik, mampu berpikir secara logis dan kritis dalam rangka peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3), (P1), (KU 2)(KU5), (KU7), (KK 1),(KK2), (KK5), (KK16) |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni sehingga dapat melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan (KU3, KU 8) Menyeleksi perbedaan karakteristik anak usia dini berdasarkan usia anak (S1.3, KU 2.3, KK3.4, PP 4.1) |
Menguraikan teori, sejarah dan landasan hokum pendidikan paud di Indonesia (S 1.3, KU 2.4, KK 3.10, PP 4.2) |
Mengkombinasikan Teori pendidikan yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini baik dalam Negeri maupun dari Luar negeri (S9, P4.9, KU2.5, KU2.7, KK4.14, KK4.35) |
Menerapkan dan mengimplementasikan teori yang berkaitan dengan perkembangan anak berdasarkan karakteristik peserta didik (S3), (P1), (KU 2)(KU5), (KU7), (KK 1),(KK2), (KK5), (KK16) |
Menjelaskan konsep dan prinsip teori Behavioristik, Kognitif, Konstruktivisme, Humanistik serta mengidentifikasi karakteristik Peserda Didik sehingga dapat menerapan dalam praktek pembelajaran di kelas dengan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9), (P3), (KU 7), (KK3),(KK5), (KK8) |
- Modul Pedagogik PPG Daljab TK 2020 – Konsep Dasar Pendidikan – GTK PAUD DIKMAS
- Modul Pedagogik PPG Daljab TK 2020 – Layanan PAUD Holistic Integratif – GTK PAUD DIKMAs
- Depdiknas. (2004). Kurikulum 2004, Standar Kompetensi TK dan RA. Jakarta
- Izzati. (2011). Bahan Ajar, Kurikulum Anak Usia Dini (AUD). Universitas Negeri Padang.
- Minnet, Pamela. (1994). Child care and Development. London: Jhon Morray Publisher.
- Siti Aisyah. (2009). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka. Jakarta.
- Suryanto, Slamet.(2005) Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Learning OutcomesMahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari
ReferencesReferensi
1. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing
2. Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning
3. Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
4. Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press
Tambahan
1. Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
2. Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.
3. Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
4. Nn, (2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
5. Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Learning OutcomesMahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari
ReferencesReferensi
1. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing
2. Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning
3. Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
4. Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press
Tambahan
1. Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
2. Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.
3. Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
4. Nn, (2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
5. Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.
References- Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing
- Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning
- Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
- Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press
Tambahan
- Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
- Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.
- Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
- ..............(2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.
References- Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing
- Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning
- Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
- Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press
Tambahan
- Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
- Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.
- Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
- ..............(2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.
References- Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing
- Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning
- Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
- Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press
Tambahan
- Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
- Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.
- Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
- ..............(2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.
Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.
References- Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing
- Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning
- Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
- Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press
Tambahan
- Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
- Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.
- Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
- ..............(2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)
Details ...