Konsep dasar PAUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishBasic Concepts of Early Childhood Education
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions


Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program  PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner) serta Taksonomi Bloom New.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.

References

  1. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing
  2. Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson  Delmar Learning
  3. Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
  4. Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press

Tambahan 

  1. Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
  2. Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.
  3. Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
  4. ..............(2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Konsep Dasar PAUD Berisi dasar-dasar Teori pembelajaran PAUD berdasarkan Piaget, Vygotsky, Ericson, Sarah Smilansky, Freud, Gardner, Montessori, Ki Hajar Dewantara dan lain sebagainya. 

Learning Outcomes

Setelah Mengikuti Perkuliahan Ini mahasiswa dapat memahami konsep dasar teori Piaget, Vygotsky, Ericson, Freud, Montessori, Gardner, Ki Hajar Dewantara dan lain sebagainya. 

References

Konsep Dasar PAUD Yulliani Nuraini


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian, PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program  PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner)Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian, PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program  PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner)

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari

References

1.      Jalal Fasli, Arah Kebijakan Nasional Pendidikan Anak usia Dini (jalur pendidikan Non Formal) , Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini , Depdiknas, Jakarta 9-12 oktober 2005

2.      Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Gramedia Wiidiasarana,

3.      Kalberg J., Jalal, F. Lam B.,Low , Yeung CY. 1994.Limear Grouth Retardation in Relation to the Three of Grouth. Eur J Clin Nutr 48 Supl .

4. Pollit E, A. Jahari, M.A Husaini dan J. Huang . 2000. Effects of Energy and Micronutrien Supplement on Mental Development and Behaviour under Natural Condition in Undernourished Children in Indonesia, University of california1.      Yuliani Nuaraini.2012. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ

5.    Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson  Delmar Learning

6.      CRI. 2000. Menciptakan Kelas yang Berpusat Pada Anak. Jakarta

7. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,

 


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian, PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program  PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner)Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian, PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program  PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner)

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari

References

1.      Jalal Fasli, Arah Kebijakan Nasional Pendidikan Anak usia Dini (jalur pendidikan Non Formal) , Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini , Depdiknas, Jakarta 9-12 oktober 2005

2.      Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Gramedia Wiidiasarana,

3.      Kalberg J., Jalal, F. Lam B.,Low , Yeung CY. 1994.Limear Grouth Retardation in Relation to the Three of Grouth. Eur J Clin Nutr 48 Supl .

4. Pollit E, A. Jahari, M.A Husaini dan J. Huang . 2000. Effects of Energy and Micronutrien Supplement on Mental Development and Behaviour under Natural Condition in Undernourished Children in Indonesia, University of california1.      Yuliani Nuaraini.2012. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ

5.    Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson  Delmar Learning

6.      CRI. 2000. Menciptakan Kelas yang Berpusat Pada Anak. Jakarta

7. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program  PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner)

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.

References

  1. Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson  Delmar Learning
  2. Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
  3. Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press.
  4. Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
  5. Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.
  6. Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
  7. ..............(2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
  8. Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)
  9. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program  PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner)

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari.

References

  1. Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson  Delmar Learning
  2. Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ.
  3. Bandura, A.(1994).Social Cognitive Theory and Exercise of Control Over HIV Infection.New York : Plenum Press.
  4. Piaget, J.(1929). The Child’s Conception of the World. NY : Harcourt, Brace Jevanovich.
  5. Kartono, Kartini(1990) Psikologi Umum.Bandung: Mandar maju.
  6. Santoso, Soegeng.(2000). Problematika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Jakarta : Kreasi Pena Gading.
  7. ..............(2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
  8. Soedijarto.(2000). Pendidikan Nasional. Jakarta : CINAPS Suryanto, Slamet.(2005)
  9. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publishing


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program  PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner)

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari

References

1.      Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ

2.      Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson  Delmar Learning

  1. CRI. 2000. Menciptakan Kelas yang Berpusat Pada Anak. Jakarta
  2. Jalal Fasli, Arah Kebijakan Nasional Pendidikan Anak usia Dini (jalur pendidikan Non Formal) , Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini , Depdiknas, Jakarta 9-12 oktober 2005
  3. Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Gramedia Wiidiasarana,
  4. Kalberg J., Jalal, F. Lam B.,Low , Yeung CY. 1994.Limear Grouth Retardation in Relation to the Three of Grouth. Eur J Clin Nutr 48 Supl .
  5. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,
  6. Pollit E, A. Jahari, M.A Husaini dan J. Huang . 2000. Effects of Energy and Micronutrien Supplement on Mental Development and Behaviour under Natural Condition in Undernourished Children in Indonesia, University of california, Davis, California.
  7. Papalia. 2008. Human Development. Kencana Prenada Media. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini mempelajari tentang Pemahaman dan kajian tentang PAUD (usia 0-6 tahun), Pemahaman tentang Pendidikan Anak Usia Dini (memahami arti, maksud, hakikat, prinsip, dan tujuan PAUD), Program-program  PAUD dulu dan sekarang, Konsep Tumbuh Kembang AUD, Sejarah Pendidikan AUD, dan Pandangan para ahli tentang AUD (Piaget, Vygotsky, Freud, Sarah Smilansky, Gardner, Montessori, dan Brunner)

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat melakukan kajian pendidikan paud zaman dahulu dan zaman sekarang baik dari tokoh Barat maupun dalam Negeri, mampu mendeskripsikan pemikiran para tokoh dari barat dan dalam negeri, dan menginternalisasikan pendidikan anak usia dini dalam kehidupan sehari-hari

References

1.      Yuliani Nuaraini.2007. Konsep dasar PAUD. Jakarta:UNJ

2.      Getstwicki,Carol.2007. Developmentally Appropriate Practice.Curriculum and developmen In Early Education. Canada: Thomson  Delmar Learning

  1. CRI. 2000. Menciptakan Kelas yang Berpusat Pada Anak. Jakarta
  2. Jalal Fasli, Arah Kebijakan Nasional Pendidikan Anak usia Dini (jalur pendidikan Non Formal) , Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini , Depdiknas, Jakarta 9-12 oktober 2005
  3. Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Gramedia Wiidiasarana,
  4. Kalberg J., Jalal, F. Lam B.,Low , Yeung CY. 1994.Limear Grouth Retardation in Relation to the Three of Grouth. Eur J Clin Nutr 48 Supl .
  5. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,
  6. Pollit E, A. Jahari, M.A Husaini dan J. Huang . 2000. Effects of Energy and Micronutrien Supplement on Mental Development and Behaviour under Natural Condition in Undernourished Children in Indonesia, University of california, Davis, California.
  7. Papalia. 2008. Human Development. Kencana Prenada Media. Jakarta.


Details ...