Courser in English | Creativity and Talent |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan pengertian, kriteria kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi dan aspek keberbakatan, hakekat keberbakatan dan potensi pada anak usia dini, serta konsep pengembangan instrumen dan cara mengidentifikasi anak berbakat, serta fungsi dan peran bimbingan pada anak berbakat.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif
ReferencesBeck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Conny Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas. Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.
Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Details ...
Mata Kuliah ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan pengertian, kriteria kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi dan aspek keberbakatan, hakekat keberbakatan dan potensi pada anak usia dini, serta konsep pengembangan instrumen dan cara mengidentifikasi anak berbakat, serta fungsi dan peran bimbingan pada anak berbakat.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif
ReferencesBeck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Conny Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas. Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.
Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Details ...
Mata Kuliah ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan pengertian, kriteria kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi dan aspek keberbakatan, hakekat keberbakatan dan potensi pada anak usia dini, serta konsep pengembangan instrumen dan cara mengidentifikasi anak berbakat, serta fungsi dan peran bimbingan pada anak berbakat.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif
ReferencesBeck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Conny Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas. Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.
Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Details ...
Kreativitas dan keberbakatan
Learning OutcomesMengenal bakat pada diri sendiri dan orang lain
ReferencesKreatifitas dan keberbakatan
Details ...
Kreativitas dan keberbakatan
Learning OutcomesMengenal bakat pada diri sendiri dan orang lain
ReferencesKreatifitas dan keberbakatan
Details ...
mahasiswa dapat mengidentifikasi bakat diri sendiri dan bakat orang lain sehingga bisa menciptakan kreativitas baik untuk diri sendiri atau orang lain
Learning Outcomesmahasiswa dapat mengidentifikasi bakat diri sendiri danorang lain
mampu mengembangkan bakat untuk menciptakan kreativitas
Referenceskreativitas dan keberbakatan
Details ...
mahasiswa dapat mengidentifikasi bakat diri sendiri dan bakat orang lain sehingga bisa menciptakan kreativitas baik untuk diri sendiri atau orang lain
Learning Outcomesmahasiswa dapat mengidentifikasi bakat diri sendiri danorang lain
mampu mengembangkan bakat untuk menciptakan kreativitas
Referenceskreativitas dan keberbakatan
Details ...
Mata kuliah Kreativitas dan Keberbakatan merupakan mata kuliah inti rogram studi yang wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGPAUD dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat Kreativitas dan Keberbakatan, Karakteristik Kreativitas dan Keberbakatan, Perbedaan dan persamaan Kreativitas dan Keberbakatan, cara menstimulasi, dan bagaimana mengembangkannya.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mendeskripsikan serta mengidentifikasi potensi kreativitas dan keberbakatan yang dimiliki oleh anak.kemudian menerapkan setiap bakat dan potensi yang dimiliki oleh anak
ReferencesUtami Munandar :Kreativitas dan Keberbakatan anak usia dini
Details ...
mata kuliah ini berisi tentang bagaimana mahasiswa mampu mengenali, mengidentivikasi dan mengembangkan bakat yang ada pada diri sendiri dan orang lain terutama anak usia dini
Learning Outcomessetelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengenali dan mengembangkan bakat pada diri sendiri dan orang lain dengan cara-cara yang kreatif
Referenceskreativitas dan keberbakatan
Details ...
mata kuliah ini berisi tentang bagaimana mahasiswa mampu mengenali, mengidentivikasi dan mengembangkan bakat yang ada pada diri sendiri dan orang lain terutama anak usia dini
Learning Outcomessetelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengenali dan mengembangkan bakat pada diri sendiri dan orang lain dengan cara-cara yang kreatif
Referenceskreativitas dan keberbakatan
Details ...
Mata Kuliah ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan pengertian, kriteria kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi dan aspek keberbakatan, hakekat keberbakatan dan potensi pada anak usia dini, serta konsep pengembangan instrumen dan cara mengidentifikasi anak berbakat, serta fungsi dan peran bimbingan pada anak berbakat.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif
ReferencesBeck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Conny Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas. Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.
Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Details ...
Mata Kuliah ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan pengertian, kriteria kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi dan aspek keberbakatan, hakekat keberbakatan dan potensi pada anak usia dini, serta konsep pengembangan instrumen dan cara mengidentifikasi anak berbakat, serta fungsi dan peran bimbingan pada anak berbakat.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif
ReferencesBeck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Conny Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas. Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.
Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Details ...