Kreativitas dan Keberbakatan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCreativity and Talent
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini akan membahas tentang  hal  yang  berkaitan  dengan pengertian, kriteria  kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi  dan  aspek  keberbakatan, hakekat keberbakatan  dan  potensi  pada  anak  usia  dini,  serta  konsep  pengembangan instrumen  dan  cara  mengidentifikasi  anak  berbakat,  serta  fungsi  dan  peran bimbingan pada anak berbakat.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif

References

Beck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Conny  Semiawan,  dkk. 1984.  Memupuk  Bakat  dan  Kreativitas.  Siswa  Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.

Dedi Supriadi.  1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B.  1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Utami  Munandar.  2004.  Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Asdi Mahasatya.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini akan membahas tentang  hal  yang  berkaitan  dengan pengertian, kriteria  kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi  dan  aspek  keberbakatan, hakekat keberbakatan  dan  potensi  pada  anak  usia  dini,  serta  konsep  pengembangan instrumen  dan  cara  mengidentifikasi  anak  berbakat,  serta  fungsi  dan  peran bimbingan pada anak berbakat.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif

References

Beck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Conny  Semiawan,  dkk. 1984.  Memupuk  Bakat  dan  Kreativitas.  Siswa  Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.

Dedi Supriadi.  1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B.  1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Utami  Munandar.  2004.  Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Asdi Mahasatya.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini akan membahas tentang  hal  yang  berkaitan  dengan pengertian, kriteria  kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi  dan  aspek  keberbakatan, hakekat keberbakatan  dan  potensi  pada  anak  usia  dini,  serta  konsep  pengembangan instrumen  dan  cara  mengidentifikasi  anak  berbakat,  serta  fungsi  dan  peran bimbingan pada anak berbakat.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif

References

Beck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Conny  Semiawan,  dkk. 1984.  Memupuk  Bakat  dan  Kreativitas.  Siswa  Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.

Dedi Supriadi.  1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B.  1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Utami  Munandar.  2004.  Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Asdi Mahasatya.


Details ...
Course Descriptions

Kreativitas dan keberbakatan

Learning Outcomes

Mengenal bakat pada diri sendiri dan orang lain

References

Kreatifitas dan keberbakatan


Details ...
Course Descriptions

Kreativitas dan keberbakatan

Learning Outcomes

Mengenal bakat pada diri sendiri dan orang lain

References

Kreatifitas dan keberbakatan


Details ...
Course Descriptions

mahasiswa dapat mengidentifikasi bakat diri sendiri dan bakat orang lain sehingga bisa menciptakan kreativitas baik untuk diri sendiri atau orang lain

Learning Outcomes

mahasiswa dapat mengidentifikasi bakat diri sendiri danorang lain

mampu mengembangkan bakat untuk menciptakan kreativitas

References

kreativitas dan keberbakatan


Details ...
Course Descriptions

mahasiswa dapat mengidentifikasi bakat diri sendiri dan bakat orang lain sehingga bisa menciptakan kreativitas baik untuk diri sendiri atau orang lain

Learning Outcomes

mahasiswa dapat mengidentifikasi bakat diri sendiri danorang lain

mampu mengembangkan bakat untuk menciptakan kreativitas

References

kreativitas dan keberbakatan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Kreativitas dan Keberbakatan  merupakan mata kuliah inti rogram studi yang wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 PGPAUD  dengan  bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji hakikat  Kreativitas dan Keberbakatan, Karakteristik Kreativitas dan Keberbakatan, Perbedaan dan persamaan Kreativitas dan Keberbakatan, cara menstimulasi, dan bagaimana mengembangkannya.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mendeskripsikan serta mengidentifikasi potensi kreativitas dan keberbakatan yang dimiliki oleh anak.kemudian menerapkan setiap bakat dan potensi yang dimiliki oleh anak

References

Utami Munandar :Kreativitas dan Keberbakatan anak usia dini 


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini berisi tentang bagaimana mahasiswa mampu mengenali, mengidentivikasi dan mengembangkan bakat yang ada pada diri sendiri dan orang lain terutama anak usia dini

Learning Outcomes

setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengenali dan mengembangkan bakat pada diri sendiri dan orang lain dengan cara-cara yang kreatif

References

kreativitas dan keberbakatan


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini berisi tentang bagaimana mahasiswa mampu mengenali, mengidentivikasi dan mengembangkan bakat yang ada pada diri sendiri dan orang lain terutama anak usia dini

Learning Outcomes

setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengenali dan mengembangkan bakat pada diri sendiri dan orang lain dengan cara-cara yang kreatif

References

kreativitas dan keberbakatan


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini akan membahas tentang  hal  yang  berkaitan  dengan pengertian, kriteria  kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi  dan  aspek  keberbakatan, hakekat keberbakatan  dan  potensi  pada  anak  usia  dini,  serta  konsep  pengembangan instrumen  dan  cara  mengidentifikasi  anak  berbakat,  serta  fungsi  dan  peran bimbingan pada anak berbakat.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif

References

Beck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Conny  Semiawan,  dkk. 1984.  Memupuk  Bakat  dan  Kreativitas.  Siswa  Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.

Dedi Supriadi.  1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B.  1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Utami  Munandar.  2004.  Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Asdi Mahasatya.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini akan membahas tentang  hal  yang  berkaitan  dengan pengertian, kriteria  kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi  dan  aspek  keberbakatan, hakekat keberbakatan  dan  potensi  pada  anak  usia  dini,  serta  konsep  pengembangan instrumen  dan  cara  mengidentifikasi  anak  berbakat,  serta  fungsi  dan  peran bimbingan pada anak berbakat.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif

References

Beck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Conny  Semiawan,  dkk. 1984.  Memupuk  Bakat  dan  Kreativitas.  Siswa  Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.

Dedi Supriadi.  1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B.  1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Utami  Munandar.  2004.  Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Asdi Mahasatya.


Details ...