Courser in English | Creativity and Talent |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan pengertian, kriteria kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi dan aspek keberbakatan, hakekat keberbakatan dan potensi pada anak usia dini, serta konsep pengembangan instrumen dan cara mengidentifikasi anak berbakat, serta fungsi dan peran bimbingan pada anak berbakat.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif
ReferencesBeck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Conny Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas. Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.
Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Details ...
Mata Kuliah ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan pengertian, kriteria kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi dan aspek keberbakatan, hakekat keberbakatan dan potensi pada anak usia dini, serta konsep pengembangan instrumen dan cara mengidentifikasi anak berbakat, serta fungsi dan peran bimbingan pada anak berbakat.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif
ReferencesBeck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Conny Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas. Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.
Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Details ...
Mata Kuliah ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan pengertian, kriteria kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi dan aspek keberbakatan, hakekat keberbakatan dan potensi pada anak usia dini, serta konsep pengembangan instrumen dan cara mengidentifikasi anak berbakat, serta fungsi dan peran bimbingan pada anak berbakat.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif
ReferencesBeck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Conny Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas. Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.
Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Details ...
Mata Kuliah ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan pengertian, kriteria kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi dan aspek keberbakatan, hakekat keberbakatan dan potensi pada anak usia dini, serta konsep pengembangan instrumen dan cara mengidentifikasi anak berbakat, serta fungsi dan peran bimbingan pada anak berbakat.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif
ReferencesBeck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Conny Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas. Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.
Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Details ...
Mata Kuliah ini akan membahas tentang hal yang berkaitan dengan pengertian, kriteria kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi dan aspek keberbakatan, hakekat keberbakatan dan potensi pada anak usia dini, serta konsep pengembangan instrumen dan cara mengidentifikasi anak berbakat, serta fungsi dan peran bimbingan pada anak berbakat.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif
ReferencesBeck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Conny Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas. Siswa Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.
Dedi Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Utami Munandar. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Details ...