Kreativitas dan Keberbakatan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCreativity and Talent
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini akan membahas tentang  hal  yang  berkaitan  dengan pengertian, kriteria  kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi  dan  aspek  keberbakatan, hakekat keberbakatan  dan  potensi  pada  anak  usia  dini,  serta  konsep  pengembangan instrumen  dan  cara  mengidentifikasi  anak  berbakat,  serta  fungsi  dan  peran bimbingan pada anak berbakat.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif

References

Beck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Conny  Semiawan,  dkk. 1984.  Memupuk  Bakat  dan  Kreativitas.  Siswa  Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.

Dedi Supriadi.  1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B.  1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Utami  Munandar.  2004.  Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Asdi Mahasatya.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini akan membahas tentang  hal  yang  berkaitan  dengan pengertian, kriteria  kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi  dan  aspek  keberbakatan, hakekat keberbakatan  dan  potensi  pada  anak  usia  dini,  serta  konsep  pengembangan instrumen  dan  cara  mengidentifikasi  anak  berbakat,  serta  fungsi  dan  peran bimbingan pada anak berbakat.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif

References

Beck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Conny  Semiawan,  dkk. 1984.  Memupuk  Bakat  dan  Kreativitas.  Siswa  Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.

Dedi Supriadi.  1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B.  1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Utami  Munandar.  2004.  Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Asdi Mahasatya.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini akan membahas tentang  hal  yang  berkaitan  dengan pengertian, kriteria  kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi  dan  aspek  keberbakatan, hakekat keberbakatan  dan  potensi  pada  anak  usia  dini,  serta  konsep  pengembangan instrumen  dan  cara  mengidentifikasi  anak  berbakat,  serta  fungsi  dan  peran bimbingan pada anak berbakat.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif

References

Beck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Conny  Semiawan,  dkk. 1984.  Memupuk  Bakat  dan  Kreativitas.  Siswa  Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.

Dedi Supriadi.  1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B.  1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Utami  Munandar.  2004.  Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Asdi Mahasatya.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini akan membahas tentang  hal  yang  berkaitan  dengan pengertian, kriteria  kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi  dan  aspek  keberbakatan, hakekat keberbakatan  dan  potensi  pada  anak  usia  dini,  serta  konsep  pengembangan instrumen  dan  cara  mengidentifikasi  anak  berbakat,  serta  fungsi  dan  peran bimbingan pada anak berbakat.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif

References

Beck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Conny  Semiawan,  dkk. 1984.  Memupuk  Bakat  dan  Kreativitas.  Siswa  Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.

Dedi Supriadi.  1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B.  1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Utami  Munandar.  2004.  Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Asdi Mahasatya.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini akan membahas tentang  hal  yang  berkaitan  dengan pengertian, kriteria  kreativitas, tahapan belajar kreatif dan ciri-ciri kepribadian kreatif, faktor pendukung dan penghambat kreativitas, metode mengajar kreatif. Selain itu juga membahas teori bakat dan kreativitas, pengembangan bakat dan kreativitas anak usia dini, filosofi  dan  aspek  keberbakatan, hakekat keberbakatan  dan  potensi  pada  anak  usia  dini,  serta  konsep  pengembangan instrumen  dan  cara  mengidentifikasi  anak  berbakat,  serta  fungsi  dan  peran bimbingan pada anak berbakat.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang konsep keberbakatan dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran supaya tercapai pembelajaran yang aktif dan kreatif

References

Beck, Joan. 2001. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Conny  Semiawan,  dkk. 1984.  Memupuk  Bakat  dan  Kreativitas.  Siswa  Sekolah Menengah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia.

Dedi Supriadi.  1994. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Freeman, Joan dan Utami Munandar. 2000. Cerdas dan Cemerlang: Kiat Menemukan dan mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B.  1997. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Paul, Suparno. 2003. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Utami  Munandar.  2004.  Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Asdi Mahasatya.


Details ...