Ke-PGRI-an, Curriculum : 2018


Courser in EnglishPGRI PRINCIPLES
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS35 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta

 

 


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta

 

 


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta

 

 


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta

 

 


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta

 

 


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan.
Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
 

Learning Outcomes

1.Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
2.Menumbuhkan pribadi yang tanggap / peduli terhadap sesama dan lingkungannya
3.Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
4.Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
5.Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
6.Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama

References

Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta


Details ...